Cara Instal Versi PHP di Panel Webuzo dan Cara Mengubahnya
Blog Tips Keren Cara Instal Versi PHP di Panel Webuzo dan Cara Mengubahnya

Cara Instal Versi PHP di Panel Webuzo dan Cara Mengubahnya

Hypertext Preprocessor atau yang lebih dikenal dengan nama PHP merupakan bahasa skrip yang dapat disisipkan ke dalam HTML. PHP sendiri banyak dipakai untuk melakukan pemrograman web yang dinamis. Bisa dikatakan, hampir semua website yang ada di dunia ini menggunakan PHP. Versi PHP yang yang beredar saat ini adalah versi 5.4 hingga 7.1.  Keunggulan PHP yang sangat powerful ini juga bisa Anda temui di Webuzo. Panel kontrol yang bersifat single user panel ini juga menggunakan PHP. Hampir semua versi PHP bisa digunakan di panel besutan Softaculous ini. Lalu bagaimana cara instal versi PHP (5.4-7.1) di panel VPS Webuzo dan cara mengubahnya ke versi lain di Webuzo? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana caranya.

Cara Instal Versi PHP (5.4-7.1) di Panel VPS Webuzo dan Cara Mengubahnya

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan instalasi PHP di Webuzo. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke Panel VPS Webuzo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menginstal PHP di Webuzo adalah melakukan login ke panel VPS Webuzo Anda. Silakan masukkan username dan password yang Anda miliki. Setelah mengisi kolom username dan password dengan benar, Anda bisa melakukan klik “Login”.

Cara Instal Versi PHP (5.4-7.1) di Panel VPS Webuzo

  1. Klik Menu Apps

Setelah masuk ke dashboard panel VPS, Anda bisa memilih submenu Apps yang berada di bagian atas halaman utama panel Webuzo Anda.

  1. Klik Server Side Scripting

Setelah masuk ke menu Apps, lalu Anda bisa memilih versi PHP mana yang Anda inginkan. Dalam hal ini, PHP versi 5.4 hingga 7.1.

  1. Instal Versi PHP

Sekarang Anda bisa menginstal PHP. Karena dalam tutorial ini versi minimal yang digunakan adalah versi 5.4, Anda bisa melakukan instalasi segera. Namun bila Anda belum mempunyainya, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu ke panel VPS Webuzo Anda. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengubah Versi PHP di Webuzo

Anda telah berhasil melakukan instalasi PHP di panel Webuzo. Seperti pada umumnya bahasa scipt lain, PHP juga secara rutin melakukan update version dari PHP. Update version ini sangat penting karena untuk menyesuikan dengan kebutuhan dunia pemrograman yang sangat dinamis. Dan seperti siklus hidup sebuah produk, PHP juga tidak akan lagi mendapatkan dukungan untuk terus hidup. Jadi sangat penting untuk melaukan update version.

Cara Instal Versi PHP (5.4-7.1) di Panel VPS Webuzo

Karena PHP versi 5.4 sudah tak lagi dilanjutkan, kini waktunya Anda untuk mengganti ke versi yang lebih baru. PHP 7.1. Bagaimana cara melakukan perubahannya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah 1: Kembali ke Home panel Webuzo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kembali ke laman home panel Webuzo Anda. Silakan untuk klik ikon rumah di bagian kanan atas.

  • Langkah 2: Klik Advanced Settings

Kemudian dari menu home, silakan klik Advanced Settings, yang berikon gerigi. Dari Advanced Settings, silakan klik Default Apps. Pada opsi default PHP, pilih versi PHP yang Anda inginkan. Jika sudah, kemudian klik Edit Settings. Pada artikel ini adalah bagaimana cara mengubah versinya ke PHP 7.1, Anda bisa memilih PHP 7.1.

  • Kini versi PHP di panel Webuzo Anda telah menggunakan versi 7.1.

Tak perlu khawatir bila nantinya versi PHP peling baru telah dirilis. Anda bisa melukan update dan merubahnya ke versi baru dengan menggunakan langkah yang persis sama dengan langkah-langkah mengubah versi PHP seperti diatas.

Pentingnya Memperbarui Versi PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang paling banyak digunakan di web hari ini. Bahasa pemrograman ini digunakan lebih dari 78% di seluruh dunia. Artinya hampir setiap 8 dari 10 website yang Anda kunjungi menggunakan PHP. Terdapat beberapa alasan mengapa sangat penting untuk melakukan update version PHP:

Keamanan

Salah satu alasan utama pentingnya mengupdate versi PHP adalah untuk memastikan  Anda menjalankan versi yang sepenuhnya mendapatkan dukungan keamanan. Ada beberapa versi PHP yang fitur kemanannya tidak diupdate sejak lama. Dan ini tentu memberikan kerentanan tersendiri karena serangan yang akan menyasar pada website selalu berkembang.

Performa

Sejak merilis versi 7.0, banyak perubahan penting yang diberikan PHP. Terdapat improvement performa yang signifikan daripada veris sebelumnya. Diantaranya adalah mengeksekusi banyak request per detik. Sangat berbeda dendan PHP 5 yang terdapat banyak latensi.

Cara Instal Versi PHP (5.4-7.1) di Panel VPS Webuzo

Support

Support adalah alasan lain mengapa Anda harus mengupdate versi PHP Anda. Seringkali pengembang plugin dan tema hanya menyediakan dukungan bagi PHP yang satu versi sebelumnya. Hal ini karena parapengembang tersebut berfokus mengembangkan plugin dan tema, namun tidak mempunyai waktu untuk melakukan pengetesan.

Menggunakan versi PHP yang telah kadaluarsa akan membuat aplikasi yang tidak didukung versi terbaru akan mengalami crash. Dengan memperbarui versi PHP, website Anda bisa menjalankan berbagai script, plugin dan tema tanpa halangan. Dan sebagai pemilik website, memiliki website yang bisa running dengan baik tentu sangat berpengaruh di mesin pencari.

Anda tentu tak ingin website Anda menndapat pemeringkatan yang buruk di mesin pencari hanya karena pengunjung Anda tidak membuka salah satu menu di dalamnya, bukan?

Mengapa Orang Jarang Memperbarui Versi PHP?

Terdapat beberapa alasan mengapa orang selalu terlambat untuk memperbarui versi PHP-nya.

Tidak tahu atau tidak peduli

Alasan pertama mengapa orang lambat melakukan pembaruan versi PHP-nya adalah tidak tahu atau tidak peduli. Umumnya, orang yang tidak tahu atau tidak peduli ini adalah orang yang baru mengenal dunia website. Kebanyakan sikap abai ini banyak disebabkan karena ketidaktahuan.

Memakan Banyak Waktu

Bagi para pengembang akan sangat memakan banyak waktu untuk memperbarui kode untuk mensupport versi terbaru dari PHP. Ini termasuk waktu untuk mengembangkan website, tema, plugin, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Inilah saat yang tepat untuk melakukan update PHP. Apalagi jika Anda adalah pengguna panel Webuzo. Bukan hanya untuk selalu mendapt dukungan software, namun juga sebagai garansi untuk mendapatkan performa website yang bagus. Cara instal Versi PHP (5.4 – 7.1) di Panel VPS Webuzo dan cara mengubahnya juga cukup mudah. Anda hanya tinggal mengikuti tutorial diatas. Hanya beberapa klik, Anda sudah bisa menginstal dan mengubah versi PHP (5.4 – 7.1). Kalaupun masih bingung,silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Jika anda menikmati artikel ini dan tertarik dengan berbagai paket hosting IDwebhost, jangan ragu untuk menghubungi tim support kami yang selalu standby 24/7 setiap hari. Infrastruktur hosting IDwebhost memiliki sangat lengkap dan powerful. Semoga artikel ini bermanfaat. IDwebhost, The Best Price for Affordable Cost.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis