Cara Instal Mikrotik di VPS
Blog Tips Keren Cara Instal Mikrotik di VPS

Cara Instal Mikrotik di VPS

Teknologi cloud computing saat ini semakin banyak diminati. Baik digunakan untuk kebutuhan yang bersifat personal ataupun kebutuhan industry. Cloud computing banyak menawarkan kelebihan, terutama untuk instalasi perangkat servr dan juga pelayanan yang ada di server tersebut. Resource hardware dan persoalan maintenance menjadi alasan mengapa menggunakan cloud computing. Menggunakan komputasi awan akan sangat membantu Anda melakukan efisiensi biaya untuk maintenance cost. Salah satu yang sangat populer adalah Mikrotik, perangkat yang keberadaannya bisa dikatakan sangat dikenal di Indonesia. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimanan cara instal mikrotik di VPS. Namun sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memahami dulu apa itu VPS dan Mikrotik.

Mikrotik

Mikrotik adalah salah satu perangkat jaringan yang populer di mata orang Indonesia. Hal ini dikarenakan konfiigurasinya yang lebih mudah, daripada perangkat jaringan lain, katakanlah, Cisco. Terdapat banyak jenis mikrotik yang bisa Anda pilih. Dan kabar baiknya lagi, Mikrotik ini bisa diinstall di VPS. Tentunya ini kabar baik bagi Anda pengguna VPS. Bagaimana tidak, dengan menginstal mikrotik di VPS, Anda akan menemui banyak manfaat. Antara lain, untuk kebutuhan pembuatan IP Public, Server VPN, Proxy Server, DNS, dan lain sebagainya. Kali ini yang diinstal kali ini adalah Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR).

Cara instal Mikrotik di VPS

Beberapa Hal yang Dipersiapkan

Sesaat sebelum melakukan instalasi, pastikan Anda sudah memiliki Virtual Private Server (VPS). VPS, sesuai dengan namanya adalah server pribadi yang resource nya secara keseluruhan hanya digunakan utuk satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna yang lain. Anda, sebagai pengguna, dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan bisa melakukan apapun yang anda inginkan.  Jika Anda belum mempunyai VPS, dapatkan VPS murah terbaik hanya di IDwebhost.

Cara Instal Mikrotik di VPS

Setelah semua tahap persiapan selesai Anda lakukan, langsung saja untuk melakukan instalasi Mikrotik di VPS. Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan;

Menghidupkan VPS

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menghidupkan VPS. Inilah yang membedakan VPS dengan hosting. Anda dapat mengaktifkan maupu menonaktifkan VPS sesuka hati. Pada tab overview, terdapat dua kolom yang akan Anda lihat. Kolom pertama berisi sistem operasi apa yang anda gunakan, sedangkan kololm kedua berisi tombol start/stop, restart, dan off.

Agar VPS bisa digunakan, silakan untuk klik tombol start/stop. Lalu status VPS Anda akan berubah menjadi “online”.

  • Login VPS
  • Langkah selanjutnya adalah login ke VPS. Silakan untuk login VPS sebagai root. Anda bisa melakukan remote VPS via SSH menggunakan terminal Linux atau PuTTY. Silakan login dan masukan password yang Anda miliki. Dan pastikan juga Anda login sebagai root. Ketikkan “whoami” untuk mengeetahui apakah Anda sudah login sebagai root atau belum.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Mikrotik di VPS. VPS juga mempunyai istila lain yang mungkin saja membingungkan Anda. Ada yang menyebut virtual server, dan juga virtual machine. Terserah Anda untuk menyebutnya dengan istilah yang mana. Untuk melakukan instalasi Mikrotik di VPS, pastinya Anda harus memasukkan kode perintah untuk menginstalnya.

Apabila sudah selesai, nantinya akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Cara instal Mikrotik di VPS

Restart VPS

Setelah semua proses tersebuh telah Anda selesaikan, kini saatnya anda melakukan restart. Dari tiga tombol virtual yang Anda lihat tadi, Anda bisa segera merestart dengan klik tombol biru di tengah.

Membuka Mikrotik OS di Windbox

Terdapat beberapa software yang memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi dengan Mikrotik. Salah satu software yang banyak digunakan tersebut adalah Winbox. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di situs resmi Mikrotik. Download, lalu instal Winbox di komputer atau laptop Anda. Jika sudah, silakan buka Winbox, lalu masukkan IP Address VPS Anda. Login: admin, dan password dikosongkan. Jika sudah, silakan klik Connect.

Tunggulah sebentar hingga nantinya muncul dashboard Winbox. Dan sekarang Anda bisa melakukan konfigurasi dengan Mikrotik sesuai dengan keamanan Anda.

Di dashboard Winbox, Anda akan menemui beberapa informasi yang berguna buat Anda. Beberapa informasi itu antara lain Time, Date, CPU load, memory, dan uptime. Time adalah waktu saat ini. Informasi ini akan valid jika Anda sudah mensetting SNTP Client. Atau Anda juga bisa menggunakan RouterOS yang baru dimana fitur update time secara default akan aktif saat terkoneksi dengan internet. Informasi yang ditampilkan merupakan sebuah informasi yang real time.

Sama halnya dengan tampilan Time and Date, Informasi CPU merupakan data real time menggunakan CPU Router. Memory  merupakan informasi real time dari sisa RAM yang ada di router. Sedangkan Uptime adalah indicator yang menujukkan berapa lama sebuah router sudah aktif atau menyala.

Dengan adanya informasi yang tampil langsung di dashboard, akan memudahkan Anda dalam monitoring router saat melakukan remote winbox.

Sekilas Tentang Winbox

Winbox merupakan sebuah utility software yang digunakan untuk meremote sebuah sever mikrotik ke dalam keadaan mode GUI (Graphical User Interface). Banyak teknisi banyak yang melakukan konfigurasi Mikrotik menggunakan Winbox di banding dengan konfigurasi langsung lewat mode CLI (Command Line Interface). Hal ini karena menggunakan Winbox dirasa lebih mudah dan simple dibanding melalui browser. Dan hasilnya jauh lebih cepat.

Cara instal Mikrotik di VPS

Banyak sekali fungsi yang bisa Anda lakukan menggunakan Winbox. Antara lain setting mikrotik router dalam mode GUI, setting bandwith jaringan internet, memblokir sebuah website, dan banyak lagi lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi cara instal Mikrotik di VPS. Instalasi Mikrotik di VPS sangat mudah dilakukan. Tak perlu banyak hal yang Anda persiapkan. Yang penting sudah memiliki VPS sebelumnya. Instalasi Mikrotik di VPS ini berfungsi untuk beberapa hal. Antara lain seperti pembuatan server VPN, proxy server, DNS, dan banyak lagi yang lainnya. Bila Anda tertarik menggunakan VPS murah, IDwebhost memiliki solusinya untuk Anda.

Dapatkan VPS murah terbaik dengan teknologi tinggi yang menawarkan keunggulan dan memberikan Anda kenyamanan dalam penggunaan. Dengan menggunakan VPS Cloud IDwebhost, Anda akan mendapatkan sumber daya yang eksklusif, kecepatan akses, full uptime, pastinya berbagai fitur server yang tidak akan Anda temukan di shared hosting. Jadi tunggu apalagi, oder paket VPS murah IDwebhost sekarang!

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis