Cara Index Google dan Apa Saja Manfaatnya?

12 Nov 2022
Cara Index Google dan Apa Saja Manfaatnya? campaign-unlimited

Google menjaring internet secara teratur, mengunjungi setiap halaman web dan mengindexnya, atau mengindex ulangnya. Namun jika kamu baru saja buat web yang dirancang atau melakukan perubahan besar pada situs web, maka ini dapat memakan waktu berminggu-minggu. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepadamu cara index Google untuk URL situs.

Mengapa Perlu Mengetahui Cara Index Google?

Ketika kamu menambahkan halaman dan posting di situs WordPress, Google akan mengambil waktu yang tepat untuk merayapi tautan baru ini. Waktu yang sama diperlukan oleh Google untuk mengindex URL yang diperbarui.

Saat kamu meminta Google untuk mengindex ulang URL, maka itu akan menempatkan tautan baru dalam antrean untuk diindex di Google. Bot pencarian Google akan mulai meng-crawl kembali tautanmu satu per satu dan menampilkannya dalam hasil pencarian. Beberapa alasan umum untuk meminta Google mengindex URL adalah:

  • Saat kamu menambahkan posting atau halaman baru
  • Saat kamu membuat perubahan ke pos atau halaman yang ada
  • Baru-baru ini membangun kembali atau merestrukturisasi situs
  • Menambahkan sejumlah besar pengalihan di situsmu
  • Kamu melihat banyak 404 yang dilaporkan dari Alat Webmaster Google
  • Kamu telah diretas atau dikompromikan dan beberapa URL buruk diindex
  • Google merayapi atau mengindex tautan yang tidak ada
  • Jika kamu berpikir halaman harus diindex di Google, tetapi kamu tidak dapat menemukannya.

Untuk dua opsi pertama yang disebutkan di atas, kamu dapat mengotomatiskan proses ini menggunakan peta situs XML. Cara index Google cukup bagus di situs web karena itu adalah bisnis mereka. Namun sering kali kita melihat halaman tertentu hilang dari Google (tanpa alasan). Terkadang hanya meminta Google untuk mengindex akan membuat halaman muncul segera. Mari kita lihat bagaimana cara index Google untuk situs WordPress kamu dan menampilkannya di hasil pencarian.

Cara Index Google untuk URL Situs

Pertama kamu perlu mendaftarkan situs di Google dan kemudian Google secara otomatis akan mulai mengindex URL. Namun, kamu juga dapat meminta Google untuk mengindex tautan baru untuk setiap kasus yang telah didiskusikan di atas. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meminta Google mengindex URL situsmu.

Langkah 1: Menggunakan Alat Inspeksi URL

Alat pemeriksaan URL tersedia di Google Search Console yang diperbarui (sebelumnya dikenal sebagai alat webmaster Google). Alat ini membantumu untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan URL dan menawarkan solusi untuk mengindex tautan milikmu di Google. Ini juga akan membantumu memecahkan masalah kesalahan umum WordPress untuk URL dan masalah pengindexan URL lainnya. Di konsol pencarian Google baru, kamu harus memilih properti atau situs web untuk memeriksa status index URL.

Catatan: Jika kamu tidak memiliki situs web yang terdaftar di alat webmaster Google, maka pertama-tama kamu perlu menambahkannya sebagai properti baru. Lalu setelah itu dilanjutkan ke URL Inspection.

Cara Index Google
Alat Inspeksi Google

Setelah memilih properti, kamu harus membuka alat Inpection URL di menu sebelah kiri dan tambahkan URLmu di bidang pencarian. Hasil pencarian berupa data tentang URLmu dan menampilkannya di dasbor Google Search Console.

Jika URL milikmu ada di Google, kamu akan melihat pesan sukses dengan informasi yang berguna tentang tautan. Selain itu kamu juga dapat memperluas temuan dan melihat apakah ada masalah lain yang harus dipecahkan. Jika tidak, kamu akan melihat permintaan pengiriman dari Google untuk mengindex URL.

Namun, jika tautan tidak ada di Google, maka itu akan menunjukkan kepadamu kesalahan dan solusi yang mungkin untuk membuat URL milikmu diindex Google. Kamu dapat menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali URL sampai kamu mendapatkan pesan sukses. Setelah itu, permintaan dimulai untuk mengindex kembali URL. Cukup ulangi cara yang sama untuk semua URL yang kamu inginkan agar Google dapat mengindexnya.

Langkah 2: Mengirimkan XML Sitemap Untuk Mengindeks URL

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengirimkan peta situs XML yang diperbarui dengan URL baru ke alat webmaster Google. Peta Situs adalah cara tercepat untuk mendapatkan URL baru cepat diindex di Google. Untuk langkah ini, saya merekomendasikan menggunakan plugin Yoast SEO yang mencakup opsi fleksibel untuk mengatur peta situs XML.

Di area admin WordPress, kamu harus pergi ke SEO »Halaman Umum. Di bawah bagian Fitur, kamu perlu mengaktifkan pengaturan peta situs XML. Jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan.

XML Sitemap

Untuk mengirimkan XML sitemaps, kamu perlu mengunjungi Google Search Console baru dan pergi ke Peta Situs di menu sebelah kiri. Cukup tambahkan tautan sitemap XML milikmu dan klik tombol Kirim. Peta situs yang diperbarui ini akan meminta bot Google untuk mengindex ulang URL baru dan menampilkannya di hasil pencarian.

Catatan: Kamu hanya perlu mengunggah sitemap satu kali. Google meringkas sitemap dan akan menambah posting yang diperbarui dengan cepat setelah peta situs milikmu telah ditambahkan.

Langkah 3: Buat tautan berkualitas ke halaman websitemu

Cara Index Google
Konten Bagus Juga Dapat Mengindex Website
Jika kamu memiliki lebih banyak tautan berkualitas tinggi ke situs, terutama dari blog lain yang relevan, situs berita, dll. Maka otoritas domainmu akan meningkat dan ini berarti bot Google akan mengindex situsmu secara lebih teratur. Mereka akan melihat perubahan lebih cepat dan indeks halaman baru lebih cepat. Dengan membangun tautan berkualitas ke situs kamu juga akan membantunya untuk memberi peringkat yang baik dan tinggi dalam hasil Google. Selain tautan, cara lain untuk menentukan peringkat dengan baik adalah dengan:
  • Sertakan kata kunci dalam Judul Meta, Deskripsi Meta, URL dan judul h1 dari halaman yang ingin kamu beri peringkat.
  • Tulis Metatag yang menarik orang untuk mengklik dan mengunjungi halaman webmu. Ini meningkatkan tingkat klik, yang berarti situsmu akan meningkat secara bertahap dalam peringkat.
  • Buat situs dengan desain yang menarik dan konten yang berharga. Semakin lama orang tetap berada di situs, semakin baik peringkatnya di Google.
Saat kamu mengoptimalkan situs web, Google tidak akan memiliki pilihan selain mengindex laman websitemu lebih cepat dan lebih akurat. Saya harap artikel ini membantu belajar bagaimana cara index Google untuk URL situs. Kamu mungkin juga ingin melihat panduan utama webhosting terbaik tentang cara meningkatkan SEO WordPress.
 
Penulis
Member since 2 Jul 2013