Cara Import Database MySQL
Blog Tips Keren

Cara Import Database MySQL

Cara import database MySQL bisa anda lakukan dengan mudah. Sebelum membahas lebih jauh mengenai panduan import tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam dunia membuat website, pasti sudah tidak asing dengan istilah PhPMyAdmin. Ini adalah sebuah program signifikan yang digunakan untuk mengatur tampilan front end website anda. Disini anda bisa melakukan apa saja mulai dari memilih, mengupdate, menghapus baris, dan lain sebagainya. Bahkan program ini juga bisa memungkinkan anda untuk merestore backup file yang ada di database. Dalam hal melakukan cara import database MySQL ini, anda harus menyiapkan beberapa perangkat dulu, yaitu file backup database yang akan diimport, kemudian aakses menuju kontrol panel yang disediakan oleh jasa domain hosting yang anda gunakan.

Pertama, Pilih File phpMyAdmin

Cara Import Database MySQL
idwebhost

Tahap awal dalam cara import database MySQL adalah dengan maasuuk ke control panel atau cPanel hosting yang anda miliki. Kemudian dalam kategori database, anda akan melihat ada tiga opsi, yakni PhP My Admin, Remote MySQL, dan MySQL database. Yang harus anda lakukan adalah memilih PhP My Admin. Setelah itu, halaman baru akan muncul pada bagian kiri. Disini anda akan melihat bagian kiri anda bisa anda set menuju file yang hendak anda backup.

Kedua, Pilih Database Yang Hendak Anda Import

Cara import database MySQL yaang kedua adalah dengan memilih file yaang anda inginkan untuk diimport. Tentunya ada beberapa file yang akan muncul nantinya. Jadi jangan sampai salah pilih file yang akan diimport. Anda disini harus benar-benar memilih file yang tepat di database tersebut agar fungsinya bisa berjalan dengan optimal dan cepat. Biasanya pada bagian kiri tersebut akan terdapat beberapa menu seperti information_schema, recent tables, dan lain sebagainya. Pilih saja file folder yang isi dari database anda.

Ketiga, Cara Import Database Mysql Dengan Memlih Menu “Go”

Cara import database MySQL yang berikutnya adalah setelah anda memilih file yang akan diimport, anda bisa menekan tombol import yang tersedia. Kemudian, disitu anda akan bisa melihat pilihan choose file atau browse. Disini anda hanya tinggal memilih saja file apa yang anda kehendaki didalamnya. Disini file database yang perlu anda perhatikan adalah formatnya berbentu .sql. Jadi kalau formatnya bukan .sql anda patut untuk curiga apakah file yang dimaksud sudah benar. Jika sudah tepat, maka masuk ke tahap selanjutnya yaitu dengan memilih menu open yang tersedia.

Hal lain yang perlu anda cek ulang adalah pastikan anda memilih SQL pada menu drop down yang ada di File Manager tersebut. Kemudian, cek ulang lagi semuanya, jika sudah tepat, maka anda bisa menuju ke tahap selanjutnya yaitu dengan menekan tombol Go untuk mulai melakukan import database yang anda inginkan.

Keempat, Akan Muncul Notifikasi Jika Proses Restore Berhasil

Cara Import Database MySQL
idwebhost

Cara import database MySQL yang keempat adalah mengecek apakah proses import data anda berhasil. Hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi yang bertuliskan Import Has Been Successfully Finished atau proses import telah sukses selesai. Langkah berikutnya bisa pengecehakan tambahan apakah ada error yang terjadi. Jika ada error yang terjadi maka anda bisa mencoba untuk menghubungi jasa hosting domain yang anda gunakan untuk mendapatkan solusi lebih lanjut untuk solusi cara import database MySQL tersebut.

Pentingnya Selalu Melakukan Backup Database Anda

Pada cara import database MySQL diatas, perlu anda tekankan dalam diri sendiri saat ini tentang pentingnya melakukan backup terhadap data yang ada pada domain anda. Kenapa anda harus melakukan backup? Karena anda tidak tau kapan data anda akan bisa error seketika dan itu akan menghambat untuk melakukan berbagai aktivitas anda. Dari sini error tersebut akan membuat sebagian file yang ada di databse hilang atau corrupt. Mungkin semua masih bisa diselamatkan jika anda melakukan backup. Tapi bagaimana jika anda tidak melakukan backup sama sekali? Hal ini pastinya akan membuat anda mengalami masalah yang signifikan.

Jadi selalu melakukan update secara berkala adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika anda mampu melakukan update secara berkala, sudah pasti keuntungan yang bisa anda peroleh akan lebih banyak dari sebelumnya. Anda akan bisa menyelamatkan file-file anda dari kehilangan yang permanen. Anda pun juga akan tetap bisa membuat file anda aman pada tempatnya. Jadi sangat disarankan untuk melakukan backup ini secara berkala. Kemudian anda juga bisa menyalakan fitur security yang ada di website anda supaya terbebas dari seranga hacker atau pihak ketiga, maupun virus yang bisa menyerang kapan saja.

Baca Juga: Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah untuk selalu melakukan maintenance pula pada website anda secara berkala. Dengan melakukan maintenance tersebut maka anda akan mendapatkan kemudahan dalam menjaga file yang ada di web anda tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Anda pun juga akan bisa membuat website anda bebas dari masalah. Tidak hanya error tapi juga masalah web server yang diluar kendali anda. Kalau sudah demikian, anda nanti sendiri yang akan bingung jika traffic web menurun karena sering error semacam ini.

Kesimpulan

Cara Import Database MySQL
idwebhost

Cara import database MySQL bisa anda terapkan dengan tahap  yang dijelaskan diatas. Jangan lupa untuk menyimpan file import database anda di tempat yang aman. Selain itu, upayakan untuk selalu memiliki file import database ini di PC atau Laptop anda. Hal ini bisa sangat berguna ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, yaitu karena web anda tiba-tiba error dan anda harus mengimport file database anda untuk menyelamatkan website anda. Panduan cara import database MySQL diatas sangatlah mudah diterapkan. Jadi anda tidak perlu bingung atau pusing lagi.

Proses cara import database MySQL juga tidak serumit yang anda bayangkan. Jika anda sudah melakukan beberapa tahapan diatas, maka tunggu saja sampai semua proses verifikasi berhasil. Yang tak kalah pentingnya adalah selalu mengutamakan perlindungan terhadap website anda. Kenapa? Karena masalah error yang terjadi akan bisa membuat anda melakukan backup secara berkali-kali. Jadi supaya anda tidak perlu lagi melakukan backup berkali-kali, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menjaga web anda tetap dalam kondisi stabil. Kalau kondisinya stabil dan aman-aman saja, sudah pasti anda tidak perlu lagi melakukan proses yang rumit dalam memperbaiki masalah yang ada pada web anda.

Sejatinya permasalahan yang terjadi pada web anda akan bisa diatasi dengan segera. Asalkan anda tau cara melakukannya dengan benar. Adanya panduan atau informasi tentang cara import database MySQL ini akan memudahkan anda dalam menciptakan website terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.  Terapkan cara di atas untuk hasil maksimal.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.