Cara Import Blogspot ke Domain dan Hosting Sendiri

24 Mar 2008
Cara Import Blogspot ke Domain dan Hosting Sendiri

Di dunia teknologi, nama Google memang sudah tak diragukan lagi. Hampir semua platform telah dijajaki oleh Google. Salah satu yang dirambah oleh Google dunia blogging. Google punya senjata bernama Blogspot. Blogspot, salah satu layanan terdepan raksasa teknologi dari Amerika Serikat menyediakan ‘kapling’ untuk membuat blog. Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging, tentunya akan sangat mengenal layanan ini. Dimana kita diberikan kesempatan untuk membuat sebuah blog, nantinya blog kita tersebut akan bisa diakses melalui http://namakita.blogspot.com.

Dalam perkembangannya lebih lanjut, blogspot saat ini memberikan kesempatan lebih kepada kita, untuk bisa mengakses blog kita tersebut dengan menggunakan nama domain kita. Image blog kita akan sedikit lebih ‘mentereng’ apabila kita memberikan url blog kita kepada teman/relasi dengan sebuah nama domain , dan bukan berupa url asli blogspot. 😉

Pertama, yang Anda butuhkan adalah sebuah nama domain dan sebuah akun hosting atas nama domain tersebut. IDwebhost menyediakan pembelian domain dan hosting tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa harus mengimpor blog dari blogspot:

1. Blog yang Anda buat di blogspot sudah terlanjur memiliki pembaca loyal, yang menunggu update terbaru.

2. Kurang menguasai teknik pembuatan blog yang independen.

3. ( Sedikit ) malas untuk membuat/memposting ulang sekian banyak postingan yg sudah kita buat sebelumnya di blogspot, karena seperti buang-buang waktu.

Karena sifatnya nanti hanyalah import postingan kita di blogspot dan bukan instalasi utuh sebuah blog di akun hosting, editing/update lebih lanjut blog Anda, masih tetap harus Anda lakukan dari panel asli blogspot, kemudian lakukan Republish setiap selesai mengupdate/memposting artikel baru. Untuk paket hosting yang dibutuhkan, mungkin Anda bisa memulainya dengan membeli domain dan paket hosting Charming terlebih dahulu di IDwebhost *)

*) Pemilihan paket hosting ini nantinya relatif, tergantung besar/kecilnya content blog anda, atau kebutuhan space anda selain untuk blog, untuk email misalnya. Untuk starting point, biasanya paket hosting idBasic di idwebhost sudah mencukupi untuk tahap awal importing blogspot kita.

Cara Import Blogspot ke Domain dan Hosting Sendiri

Berikut langkah-langkah cara impor blogspot ke domain dan hosting sendiri:

1. Lakukan pembelian domain+hosting di IDwebhost.

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membeli paket domain dan hosting di IDwebhost. Anda bisa memilih berbagai paket hosting yang tersedia di IDwebhost. Anda bisa memilih paket hosting, sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jika Anda telah menetapkan paket hosting pilihan Anda, silakan klik Order Now.

Nantinya Anda akan diminta untuk membuat member area di IDwebhost. Tetapi, jika Anda sudah memiliki member area IDwebhost, Anda tak perlu membuat yang baru lagi. Tak perlu menunggu lama, setelah melakukan pembayaran, akun Anda sudah langsung aktif.

Setelah akun Anda aktif, nantinya Anda mendapat akses login cPanel dan File Transfer Protocol yang akan berguna untuk mengimpor blogspot Anda ke domain dan hosting nantinya. Sebagai contoh disini kita menggunakan spotblog.id.or.id beserta akun hostingnya.

Cara Import Blogspot Ke Domain dan Hosting Sendiri

2. Login ke account Blogspot anda.

Kemudian, sekarang saatnya Anda login ke Blogspot. Sebagai informasi untuk yang belum tahu, Anda bisa login atau sign up blogspot cukup dengan akun Google yang Anda miliki. Sebagai contoh, yang digunakan disini adalah blog dengan url http://r66artwork.blogspot.com. Berikut gambar-gambar tampilan blog tersebut.

Cara Import Blogspot Ke Domain dan Hosting Sendiri

blogspot_login

3. Masuk ke Menu FTP

Setelah berhasil masuk ke dasbor Blogspot, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah masuk ke menu FTP. Karena dengan FTP-lah, Anda akan mengimpor blog dari Blogspot ke domain hosting sendiri. Dari dasbor, silakan menuju ke menu Setting.Pada menu Setting, kemudian pilih submenu Publishing. Dan yang terakhir, silakan klik FTP.

blogspot_menuawal

4. Mengisi form FTP

Untuk dapat mengimpor file dari Blogspot ke domain hosting sendiri, Anda bisa menggunakan fitur File Transfer Protocol. Anda akan diminta untuk mengisi field-field yang dibutuhkan. Berikut ini field yang harus Anda isi untuk mengisi form FTP:

(1) Ftp server, adalah nama domain anda, misalnya dalam contoh spotblog.id.or.id;

(2) Blog Url, adalah livesite atau url blog anda nantinya;

(3) FTP path, adalah path directory tempat anda menaruh blog anda di account hosting, apabila anda menaruhnya langsung di root/public_html anda, isikan /public_html/ , apabila anda menaruh di dalam subfolder di bawah root/public_html, isikan /public_html/namasubfolder/;

(4) Blog file name, isikan index.html atau index.php

(5) Feed filename, isikan default seperti contoh, misal : atom.xml

(6) FTP username dan

(7) FTP password, adalah login FTP yang sebelumnya diberikan oleh perush hosting anda ketika mengaktifkan account hosting.
Kemudian Save Setting.

blogspot_setup

Lalu akan muncul Settings Were Saved Successfully ‘ klik ‘ Republish Now

Proses importing akan berlangsung… ‘ Publishing file to your blog …

Setelah selesai akan muncul ‘ Your blog published succesfully

Silahkan coba akses blog anda dengan nama domain anda. Misal dalam contoh  adalah http://route-66.co.cc

Mengapa harus hosting di IDwebhost?

Ada beberapa alasan mengapa hosting IDwebhost adalah pilihan terbaik Anda. Apa saja?

1. Gratis SSL

Sebagai pemilik website, tentu Anda ingin website dapat berjalan dengan baik dan aman tanpa gangguan. Menggunakan sertifikat SSL adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. IDwebhost menyediakan layanan sertifikat SSL murah dengan beragam paket yang bisa Anda pilih.

2. Gratis domain seumur hidup

Berlanggangan hosting IDwebhost, Anda akan mendapatkan gratis domain seumur hidup. Persyaratannya satu: Anda hanya perlu berlangganan hosting IDwebhost. Itu saja.

3. Gratis website builder

Saat memilih hosting, tentu Anda menginginkan kemudahan saat membangun website, bukan? Hosting yang baik adalah hosting yang menyediakan website builder gratis dengan ratusan template premium, dan gratis pastinya.

4. Server cepat dan stabil

Salah satu pertimbangan memilih penyedia hosting adalah kecepatan dan keandalan server yang ditawarkan. Pilihlah hosting dengan server yang memiliki teknologi tinggi, dengan data center yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Dengan teknologi yang tinggi untuk memastikan website yang berada di dalamnya dapat diakses dengan mudah dan cepat, serta stabil sepanjang tahun.

5. Teknologi hosting terkini

Kebutuhan akan website yang bagus selalu berubah setiap waktu. Dan IDwebhost senantiasa berdaptasi dengan perubahan tersebut. Untuk memuaskan Anda, para pelanggannya, IDwebhost selalu mengupdate layanannya dengan teknologi web hosting terkini. Antara lain HTTP/2Support, CloudLinux, LiteSpeed, CloudFlare, Multiple PHP Version, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba!

Tips :
Pastikan setiap selesai melakukan perubahan yg anda lakukan tehadap blog anda, baik content, maupun theme, klik ‘Republish Now’ agar content blog di hosting anda ikut terupdate.

Kesimpulan

Demikian cara import blogspot ke domain dan hosting sendiri. Ada beberapa kriteria yang bisa Anda pertimbangkan saat akan memilih domain dan hosting. Seperti pada panduan diatas. Diharapkan, Anda sekalian dapat memahami cara import blogspot ke domain dan hosting pribadi.

IDwebhost
Member since 18 Jun 2007