Cara Menghilangkan Tulisan Powered by Wordpress di Blog
Blog Tips Keren Cara Menghilangkan Tulisan Powered by WordPress di Blog

Cara Menghilangkan Tulisan Powered by WordPress di Blog

Jika anda sudah mempunyai situs website maka anda perlu mengetahui cara menghilang tulisan powered by WordPress. Website anda telah dibuat sedemikian rupa agar mempunyai header yang menarik, konten yang tepat. Dan anda sudah berencana agar website anda siap untuk di publish di internet. Kemudian anda melihat sebuah tulisan “Powered by WordPress” di footer website anda. Apakah karya anda selamanya harus menyertakan tulisan didukung oleh  WordPress? Dapatkah footer dihapus? Dalam artikel ini akan membahas cara menghapus tulisan Powered by WordPress.

Anda pasti akan melihat pesan di footer website anda yang menautkan kembali ke WordPress.org dan tulisan Powered by WordPress. Hal ini merupakan pesan template bawaan di bagian footer dari beberapa tema WordPress asli, yang seharusnya memberikan tanda kepada semua konten di WordPress. Tetapi sementara beberapa orang mungkin tidak menganggap ini sebagai suatu yang penting. Anda mungkin memiliki rencana yang lebih baik untuk situs website anda dan template dari wordpress ini mungkin tidak selaras dengan rencana anda. Maka dari itu simak lebih lanjut di bawah ini!

Cara hilangkan tulisan Powered by WordPress

Apakah Legal untuk menghapus kredit footer WordPress?

Anda akan senang mengetahui bahwa jika anda legal menghapus footer WordPress dari situs website anda, Anda tidak akan mendapat masalah. WordPress sebagai software gratis dan berlisensi di bawah GPL General Public License. Sehingga hal ini pada dasarnya berarti anda berhak dalam menggunakan, memodifikasi dan bahkan mendistribusikan ulang WordPress.

Jika itu tidak cukup meyakinkan untuk anda. Tema WordPress apa pun yang anda unduh dari direktori tema WordPress.org resmi dilindungi oleh lisensi. Jadi, anda juga bebas mengeditnya. Dengan begitu, anda dapat mengedit atau bahkan menghapus footer hak cipta WordPress dari situs website anda. Terutama jika anda menggunakan tema default WordPress.

Anda juga dapat mengubah nama atau label putih situs WordPress anda sepenuhnya termasuk halaman login dan dashboard. Branda memungkinkan anda menghapus atau mengganti branding WordPress yang tidak dapat dilakukan tema anda. Tanpa harus menyentuh mencoding ulang website anda.

Selalu lakukan cadangan sebelum membuat perubahan

Hal yang paling pertama sebelum membuat perubahan apa pun di situs website anda. Pikirkan selalu ide yang bagus untuk membuat cadangan konten situs anda. Sehingga jika anda secara tidak sengaja merusak sesuatu. Anda dapat dengan cepat memperbaikinya dengan mengembalikan situs website anda ke versi yang lebih lama. Banyak orang kehilangan informasi berharga dan bahkan seluruh situs website karena gagal memperbaharui situs website mereka. Dan pasti anda akan benci melihat website anda menjadi seperti itu.

Cara menyembunyikan footer Powered by WordPress

Untuk menyembunyikan Powered by WordPress yang terlihat di website anda di bagian footer. Anda perlu akses ke area admin WordPress anda.

  • Gunakan CSS

Menggunakan CSS adalah metode yang cepat, mudah tetapi tidak perlu disebutkan. Hal ini adalah metode yang harus anda hindari. Ini melibatkan penambahan beberapa CSS ke customizer tema. Inilah cara anda dapat melakukan ini:

  1. Pilih Appearance> Customize on the dashboard WordPress
  2. Klik CSS tambahan di bagian bawah menu
  3. Tempelkan kode CSS di sampig ini .site-info { display: none; }

Meskipun ini mungkin tampak seperti solusi cepat dan mudah. Potensi dampaknya akan merugikan pada situs website anda dengan SEO yang tidak sebanding dengan resikonya. Spammer menggunakan teknik seperti ini untuk menyembunyikan tautan dari pengguna sehingga Google dapat menandai situs anda.

Namun, jika anda memiliki traffic yang sedikit atau anda berpikir kehilangan pencarian bukan masalah besar bagi anda. Jangan ragu untuk menggunakan metode ini. Jika anda memikirkan SEO website anda atau jika sebagian besar lalu lintas situs anda berasal dari pencarian. Maka ada opsi alternatif berikutnya.

Cara hilangkan tulisan Powered by WordPress

Cara Menghapus tulisan Powered by WordPress

Untuk mengubah footer website anda, anda perlu Akses ke area admin WordPress anda dan teks editor di komputer anda.

  • Melalui Theme Customizer WordPress

Bergantung pada tema apa yang anda gunakan. Anda mungkin memiliki opsi untuk menghapus atau mengedit footer website yang didukung oleh WordPress secara langsung di Theme Customizer anda.

  1. Pilih Appearance> Customize on the dashboard WordPress
  2. Klik Footer> Bottom Bar
  3. Anda dapat menonaktifkan kredit footer atau memasukkan teks anda sendiri di edit footer credit
  • Melalui Opsi Tema Asli

Melakukannya dengan ini berfungsi paling baik untuk sebagian besar tema pihak ketiga. Terkadang, Theme Customizer WordPress asli mungkin tidak dilengkapi untuk pengeditan footer di WordPress. Jadi taruhan terbaik bagi anda adalah memeriksa di pengaturan tema terlebih dahulu. Jika anda tidak dapat menemukan opsi untuk menonaktifkan kredit footer di dalam Theme Customizer. Anda juga dapat memeriksa bagian Widget atau di dalam opsi masing-masing tema website anda.

  • Editing Footer.php

Jika memikirkan SEO situs website anda sangat penting bagi anda. Editing file footer.php tema adalah cara mudah lainnya untuk menghapus tautan kredit dari footer WordPress. File footer.php berisi informasi yang dibutuhkan situs website anda untuk menampilkan footer di situs website anda. Termasuk, tautan kredit WordPress.

Set Up Manager SFTP

Cara paling aman untuk mengedit kode footer WordPress di situs web anda adalah dengan menggunakan manajer file SFTP seperti Filezilla untuk mengakses file inti anda. Biasanya untuk alasan keamanan, banyak penyedia host web menonaktifkan opsi untuk mengedit kode tema anda langsung dari dalam area admin WordPress anda. Jika anda melihat bahwa anda tidak dapat menemukan editor tema situs website anda di dalam area admin WordPress Anda. Maka itu mungkin telah dinonaktifkan oleh penyedia host anda. Hal ini berarti bahwa anda akan memerlukan manajer file SFTP untuk mengakses file anda. Tapi jangan khawatir anda hanya perlu mengikuti langkah dibawah ini tentang cara melakukannya.

  1. Sambungkan ke situs Anda menggunakan pengelola file SFTP. Jika Anda tidak yakin tentang cara melakukan ini, tutorial mendalam ini akan memandu Anda melalui prosesnya.
  2. Arahkan ke direktori public_html / wp-content / themes.
  3. Buka direktori yang berisi tema yang ingin Anda edit.
  4. Cari file footer.php, lalu salin ke direktori tema anak yang sesuai.
  5. Buka file footer.php menggunakan editor teks dan cari dan hapus kode footer, tergantung pada tema apa yang Anda gunakan.
  6. Klik “Perbarui File” dan tautan kredit footer akan hilang atau akan berubah.

Cara hilangkan tulisan Powered by WordPress

Penutup

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.