Cara Hemat Nonton Video dengan Aplikasi YouTube Go

27 Feb 2024
Cara Hemat Nonton Video dengan Aplikasi YouTube Go campaign-unlimited

Menonton video sebagai hiburan di waktu luang sangatlah mengasyikkan. Pasti aplikasi pertama yang muncul di benakmu untuk menonton video adalah YouTube, bukan? Namun bagaimana jika saat itu sinyal sedang tidak memadai? Apakah kamu pernah mendengar atau menginstal aplikasi YouTube Go?

YouTube Go adalah solusi untukmu yang tengah menghadapi situasi ini. Dengan YouTube Go, kamu bisa menonton video tanpa khawatir akan sinyal yang jelek. Bagaimana caranya jika ingin mencoba aplikasi ini? Apa bedanya YouTube Go dengan YouTube biasa? Yuk simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Youtube Go

Aplikasi YouTube Go adalah versi platform YouTube dalam versi app yang dibuat oleh Google untuk pengguna degan akses internet terbatas atau perangkat dengan spesifikasi rendah. Awalnya, aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman menonton video yang lebih ringan.

Apa yang membedakan aplikasi ini dengan YouTube app versi biasa? Nah, agar kamu lebih paham perbedaan YouTube Go dan YouTube biasa, berikut kami jelaskan secara singkat dalam table di bawah ini:

YouTube GoYouTube Biasa
Tetap kompatibel di hp versi lama Kompatibel di hp flagship
Terdapat informasi kuota yang akan terpakai sebelum memutar videoTidak memiliki informasi kuota di setiap video
Mudah dioperasikanPerlu adaptasi
Interface sederhanaInterface cukup rumit
Loading lebih cepat (tidak terpengaruh kualitas koneksi)Loading sesuai koneksi

Fitur Youtube Go

Aplikasi YouTube Go menyajikan beberapa fitur dan fungsi unik yang membedakannya dari aplikasi YouTube standar. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menonton Offline

Salah satu fitur utama aplikasi YouTube Go adalah opsi mengunduh video untuk ditonton secara offline. Pengguna dapat memilih kualitas video yang ingin diunduh, menyesuaikan dengan ruang penyimpanan di perangkat.

2. Manajemen Data

YouTube Go memungkinkan penonton untuk menonton atau mendownload video sebelum menontonnya. Sebelum memilih apakah akan melakukan streaming atau mengunduh video, pengguna dapat memperoleh pratinjau singkat tentang kontennya.

Pada pratinjau ini, pengguna bisa melihat isi konten dan besarnya data yang diperlukan untuk mengunduh atau menonton video. Fitur manajemen data dapat membantu pengguna dalam mengelola konsumsi kuota internet dengan lebih efektif.

3. Berbagi dengan Teman

Tanpa penggunaan koneksi internet, aplikasi YouTube Go memungkinkan berbagi video dengan pengguna terdekat. Kamu bisa mengirimkan video ke teman menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. 

4. Ukuran Aplikasi yang Kecil

Jika dibandingkan dengan aplikasi YouTube konvensional, ukuran app YouTube Go jauh lebih kecil, membuatnya lebih ideal untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas atau perangkat keras yang kurang mumpuni.

5. Interface yang Sederhana

YouTube Go memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan mungkin tidak memiliki semua kemampuan canggih yang ditawarkan di aplikasi YouTube biasa. Misalnya seperti fitur untuk streaming langsung atau mengomentari video. Interface ini justru dapat lebih mempermudah penggunaannya untuk menonton atau mengunduh video saja.

Kelebihan Youtube Go

Ada beberapa hal yang membuat YouTube Go lebih unggul dari versi YouTube biasa. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat kamu nikmati dari aplikasi YouTube Go.:

  • Tidak Memakan Banyak Tempat: YouTube Go adalah aplikasi hemat data. Ini karena YouTube Go memiliki batas ukuran file sebesar 100 MB.
  • Irit Kuota: Pengguna dapat menyimpan atau memutar video dalam ukuran yang dipilih di YouTube Go. Hal ini membuat kuota smartphone hemat dan tidak boros.
  • Share Video Mudah: Aplikasi YouTube Go memudahkan pengguna untuk berbagi konten yang diunduh, yaitu melalui Bluetooth atau Wi-Fi.
  • Kompatibel OS Rendah: YouTube Go tidak mengharuskan penggunanya menggunakan ponsel dengan OS terbaru. Aplikasi ini bahkan bisa dipasang di ponsel dengan OS 4.2.1 Jelly Bean.

Kekurangan Youtube Go

YouTube Go memang memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan penggunanya, namun jangan lupakan bahwa aplikasi ini adalah versi sederhana dari YouTube. Di sisi lain, YouTube Go tentu memiliki beberapa kekurangan, antara lain yaitu:

  • Kualitas Gambar yang Kurang Baik: Karena mengakses YouTube Go tidak memerlukan jaringan internet yang stabil, maka aplikasi ini menyajikan kualitas gambar yang pecah-pecah dan tidak begitu jelas.
  • Tidak Ada Kolom Komentar: Pada YouTube Go tidak terdapat kolom komentar sehingga tidak dapat memberikan feedback pada pemilik video. 
  • Tidak Bisa Klik Profile: Pengguna tidak dapat mengakses profil atau kumpulan video lain dari saluran saat mengakses video menggunakan aplikasi ini.
  • Hanya untuk Pengguna Android: Aplikasi YouTube Go hanya dapat digunakan oleh pengguna Android, sehingga pengguna iOS tidak dapat menikmati aplikasi ini.

Cara Download Youtube Go

Mengingat aplikasi YouTube Go telah ditarik dari peradaran, jika kamu ingin mengunduh aplikasi ini, kamu harus menggunakan link download dari pihak ketiga. Bagi kamu yang ingin mengunduh YouTube Go, berikut beberapa versi lama yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan versi Android perangkatmu:

Cara Install Youtube Go

Setelah kamu menyelesaikan proses download, kamu hanya perlu menginstal aplikasi secara manual. Walaupun tidak sesederhana aplikasi yang ada di Play Store, menginstal APK YouTube Go tidak sulit kok. Perhatikan langkah-langkahnya berikut:

  • Bukalah menu pengaturan pada perangkatmu.
  • Setelah itu, pilihlah “Pengaturan Tambahan” dari menu.
  • Pilih opsi “Keamanan dan Privasi”.
  • Selanjutnya, pilih “Instal Aplikasi Sumber Tidak Dikenal” untuk mengizinkan instalasi mod apk di perangkat seluler dan membuatnya aman untuk digunakan.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan membuka File Manager.
  • Cari file aplikasi yang akan diinstal.
  • Ketuk file dan pilih “Instal”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Jika sudah, maka aplikasi akan secara otomatis tersedia untuk digunakan.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa aplikasi YouTube Go adalah platform YouTube versi lebih sederhana. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menonton video walau dengan jaringan internet yang buruk. Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini bukanlah versi legal.

Kamu mungkin perlu berhati-hati dalam memilih website penyedia link unduh YouTube Go. Selain itu, link aplikasi juga sangat rentan untuk disusupi oleh virus dan malware. Jadi, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali untuk menggunakan aplikasi ini ya.

Untuk perlindungan website, percayakan kepada penyedia layanan hosting terpercaya dan termurah se-Indonesa: IDwebhost. Kami punya banyak pilihan paket hosting dengan keamanan yang terjamin! Ada banyak promo juga lho setiap harinya, yuk cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022