Cara Flush DNS Menggunakan Berbagai Sistem Operasi
Blog Tips Keren Cara Flush DNS Menggunakan Berbagai Sistem Operasi

Cara Flush DNS Menggunakan Berbagai Sistem Operasi

Tahukah Anda, bahwa sebagian sistem operasi dan client Domain Name System akan secara otomatis menyimpan alamat IP dan DNS lainnya? Ya, benar sekali. Bukan tanpa sebab sistem operasi dan klien DNS secara otomatis meyimpan alamat IP dan hasil DNS lainnya. Hal ini dilakukan untuk mempercepat permintaan berikutnya ke nama host yang sama. Inilah yang dinamakan dengan flush DNS. Lantas, bagaimana dengan cara flush DNS?

Flush DNS memberikan kemudahan kepada Anda, para pengguna website untuk menghindarkan website dari bahaya. Anda mungkin sudah sangat familiar dengan istilah DNS, dan istilah keamanan lainnya. Dengan mengetahui cara flush DNS yang tepat, maka Anda tidak akan diarahkan ke website jahat yang mengandung virus, ancaman malware, dan sejenisnya. Karena itu Anda harus memahami terlebih dahulu cara flush DNS untuk meminimalkan risiko bahaya di internet.

Apa Itu DNS?

Mari membahas pengertian dari DNS itu sendiri sebelum membahas cara flush DNS. DNS merupakan kepanjangan dari Domain Name System. Tools ini berperan sebagai kontak yang digunakan di internet ketika orang menginginkan sebuah akses ke website yang spesifik secara online. Misalnya, saat ada orang yang mencari domain dengan nama domain: domainku[dot]com misalnya, maka di sini web browser akan secara otomatis mencari alamat terkait menggunakan IP Address yang tersedia. Jika nanti pengguna salah dalam memasukan alamat URL atau semacamnya, akan muncul pemberitahuan, yang akan menghindarkan pengguna dari bahaya karena diarahkan ke website lain yang terindikasi mengandung virus atau malware.

Percepat Loading Website Dengan DNS Cache

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam cara flush DNS adalah ketika ingin loading website yang lebih cepat, maka menggunakan DNS Cache cara yang sebaiknya dilakukan. Dalam hal ini DNS Cache akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan user experience yang lebih baik saat pengguna berselancar di ranah internet. Tentunya ini akan memberikan banyak manfaat kepada website Anda.

Cara Flush DNS di Berbagai Sistem Operasi

Lalu bagaimana cara kerja dari DNS dalam menjalankan tugasnya untuk membuka halaman yang Anda perintahkan? Dalam hal ini, Anda bisa melihat bagaimana nantinya website tersebut akan bisa Anda buka dengan lebih mudah dan tepat didalamnya. Caranya kerjanya adalah, DNS akan mencari route terdekat untuk bisa segera membuka website yang Anda inginkan. Dalam hal ini proses membuka website akan dijamin menjadi lebih ringkas dan cepat didalamnya.

Cara Flush DNS Secara Maksimal

Dalam rangka menerapkan cara flush DNS yang tepat di internet, sudah pasti ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Caranya adalah dengan mengatur ulang atau bahkan menghapus cache DNS yang sedang Anda gunakan saat ini. Sebagaimana artinya bila diterjemahkan, maksud dari cara flush DNS ini adalah menghapus hal-hal yang sekiranya bisa mengurangi kinerja sistem dalam membuka halaman yang Anda minta didalamnya. Dari sini Anda bisa mendapatkan user experience yang lebih baik.

Dengan melakukan flush DNS, hal ini sama saja dengan menghapus segala catatan yang tidak valid dan terdapat di perangkat Anda. Karena itu, nantinya website yang akan diakses akan mengambil halaman baru dari server DNS yang tersedia.

Di sinilah Anda akan melihat bahwa flush DNS sangat efektif untuk menciptakan sistem yang lebih baik. Yang bisa membuat DNS Anda bekerja lebih baik lagi. Penerapan cara flush DNS pun berbeda-beda tergantung dari sistem operasi yang Anda pergunakan.

Cara Flush DNS Pada Windows 7 

Pertama, cara flush DNS dengan memakai Windows 7. Anda bisa lakukan dengan cara memilih pada bagian Start Menu, kemudian pilih All Programs, lalu pilih aksesoris. Di bagian ini silakan klik kanan, lalu Command Prompt kemudian memilih Run As Administrator. Setelah itu, Anda tinggal memasukan perintah: ipconfig/flushdns.

Flush DNS Pada Windows 8

Tahap berikutnya dalam cara flush DNS bisa juga Anda lakukan dalam Windows 8. Caranya sendiri cukup mudah. Yang Anda lakukan hanyalah dengan menekan Windows Key yang terdapat pada keyboard. Alternatif lainnya adalah dengan mengarahkan mouse ke bagian kiri dan kemudian klik Windows Icon yang tersedia. Setelah melakukan cara tersebut, maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menuliskan Command Prompt. Jika sudah muncul icon aplikasi terkait, maka Anda bisa menuju ke langkah selanjutnya, yakni Run As Administrator. Dari sini Anda bisa memasukan command: ipconfig/flushdns.

Cara Flush DNS di Berbagai Sistem Operasi

Cara Flush DNS Pada Mac

Jika Anda pengguna Mac, flush DNS juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memulainya dengan masuk ke Terminal dari Utilites. Kemudian, di sini Anda hanya tinggal memasukan saja Line Command tergantung dari versi MacOS yang Anda gunakan:

Sierra: sudo killall –HUP mDNSResponder

El Capitan: sudo killall –HUP mDNSResponder

Yosemite: sudo discoveryutil udnsflushcaches

Mavericks: sudo killall –HUP mDNSResponder

Mountain Lion: sudo killall –HUP mDNSResponder

Lion: sudo killall –HUP mDNSResponder

Snow Leopard: sudo dscacheutil –flushcache

Older versions: sudo lookup –flushcache

Flush DNS Pada Linux

Anda juga bisa melakukan flush DNS pada sistem operasi Linux. Sebagai permulaan, yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka terminal Linux terlebih dahulu. Kemudian silakan memasukan command yang dibutuhkan pada line berikut ini: sudo /etc/init.d/nscd restart. Jika Anda menggunakan Ubuntu, maka command yang harus dimasukan adalah sebagai berikut: sudo service network-manager restart,

DNS Cache Bisa Membuat Loading Website Semakin Cepat

Kini Anda sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk flush DNS. Di sinilah DNS Cache bisa menjadi jalan terbaik. Tapi jika Anda tahu dan paham tentang cara flush DNS, sudah pasti ini akan memberikan manfaat yang lebih signifikan untuk website Anda.

Tak hanya akan menyenangkan pembaca karena mendapatkan user experience yang baik, mesin pencari juga akan memberikan nilai lebih pada website Anda.

Cara Flush DNS di Berbagai Sistem Operasi

Baca Juga: Rencana Instagram Akan Berantas Follower Palsu

Kesimpulan

Apabila Anda sudah mengaplikasikan flush DNS, metode yang Anda gunakan harus mempertimbangkan sistem operasi yang digunakan.Karena, berbeda sistem operasi, berbeda pula metode cara flush DNS yang dilakakukan. Semoga artikel ini dapat memberikan insight baru untuk Anda tentang cara flush DNS di berbagai sistem operasi.

Ingin merasakan mengelola website Anda sendiri? IDwebhost punya berbagai pilihan paket hosting murah yang bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Buktikan sekarang!

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.