WAMP Server: Cara Mudah Download dan Instal
Blog Hosting Guru WAMP Server: Cara Mudah Download dan Instal

WAMP Server: Cara Mudah Download dan Instal

WAMP Server merupakan salah satu software yang digandrungi oleh para IT Developer. Bagi para IT Developer adanya Server WAMP pada windows ini mempermudah pekerjaan mereka salah satunya dengan back-end dan front-end. Sehingga mereka tidak perlu khawatir dalam mendesain website karena tidak perlu mengubah kode dalam website tersebut.

Banyak sekali sebenarnya kegunaan lainnya bagi para IT Developer. Tapi jika anda yang mau belajar dan untuk pemula mau tahu lebih jauh tentang software ini seperti cara download dan install, mari bahas dengan tuntas.

Pengertian WAMP Server

WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP. Ini adalah variasi dari LAMP untuk sistem windows dan sering diinstal sebagai paket lengkap software seperti Apache, MySQL, dan PHP. Software ini sering digunakan untuk pembuatan website , pengembangan website dan pengujian internal. Tetapi juga dapat digunakan untuk melayani situs web secara langsung.

Bagian terpenting dari server WAMP adalah Apache atau apache HTTP Server yang digunakan untuk menjalankan server lokal web dalam windows. Dengan menjalankan server web apache lokal pada operating systems windows. IT Developer dapat melihat dan menguji halaman web di aplikasi browser web tanpa publish dahulu di Internet.

wamp server

WAMP juga mencakup MySQL dan PHP yang merupakan dua teknologi standar untuk membuat sebuah website yang dinamis. MySQL adalah database dengan kecepatan tinggi, sedangkan PHP adalah bahasa scripting yang dapat digunakan untuk mengakses data dari database. Dengan memiliki dua komponen di lokal server pada windows anda, para IT Developer dan anda dapat membangun dan menguji situs website anda yang sesuai keinginan anda sebelum menerbitkannya ke internet.

Sementara Apache, MySQL dan PHP adalah komponen open source yang juga dapat di install secara individual. Tetapi software ini bisa anda dapatkan dan install langsung menjadi satu paket komplit di WampServer.  Dimana WAMP juga memudahkan anda dan pengguna untuk menginstall dan mengkonfigurasi komponen AMP pada Windows karena Apache, MySQL dan PHP biasa di pakai di aplikasi Linux bukan di windows.

Download WAMP

Jika anda ingin mencoba menggunakan wamp anda perlu mendownload terlebih dahulu melalui situs resmi dari WAMP. Setelah itu anda tinggal memilih windows apa yang sesuai dengan laptop atau komputer yang sedang anda gunakan.

Kemudian anda akan diarahkan menuju ke halaman download, Download file yang sesuai dengan spesifikasi dengan windows di laptop atau komputer anda. Kemudian klik lalu tunggu hingga terdownload file tersebut, ukuran dari file ini kurang lebih sebesar 517 Mb. Pastikan juga bahwa internet anda stabil untuk kelancaran download anda dan tidak terjadi error pada saat proses mendownload.

wamp server

Install WAMP Server pada Windows

  • Segera setelah Anda mengklik file yang diunduh, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang Anda sukai dan klik tombol “Oke”. Karena saya memilih bahasa Inggris di sini. Lihat di bawah.
  • Berikutnya yang akan anda lihat adalah tentang layar perjanjian lisensi. Klik pada tombol “I accept the agreement” dan kemudian tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan dengan instalasi yang ditunjukkan di bawah ini.
  • Selanjutnya halaman akan menampilkan tentang komponen-komponen yang diperlukan yang harus ada dalam sistem komputer anda untuk memfungsikan WampServer. Tujuan utama langkah ini adalah untuk memeriksa versi Microsoft VC ++ paket yang dapat didistribusikan kembali. Klik pada ‘Selanjutnya’ untuk melanjutkan.

Setelah anda membaca ini pasti anda akan berpikir bahwa sulit sulit mudah untuk menginstal WAMP di komputer Windows anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dengan hati-hati. Saya jamin anda tidak akan menghadapi masalah dalam menginstall WAMP. Dan begitu anda selesai dengan pengujian website anda, anda dapat dengan mudah membuatnya menjadi tools yang berguna bagi anda.

Sedangkan untuk meningkatkan fungsionalitas situs website anda, anda dapat menggunakan atau membuat tema dengan WordPress dan membuat website jika anda belum mempunyai sebuah website menggunakan penyedia jasa website seperti IDwebhost. Kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!