Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda
Blog Tips Keren Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda

Cara daftar DMCA memang perlu untuk diterapkan karena pada dasarnya ada banyak hal yang perlu anda perhatikan dalam hal ini. Dengan semakin populernya strategi dalam konten marketing, tentu saja ada banyak cara agar tulisan yang terdapat dalam blog bisa tetap menjadi aman. Maksud dari aman di sini adalah supaya konten tersebut tidak dijiplak oleh orang lain yang nantinya akan mengakibatkan kerugian pada anda sendiri. Dari sini memang sangat penting dan harus diutamakan penerapan yang tepat dalam rangka melakukannya.

Adanya kemudahan yang bisa anda capai didalam cara daftar DMCA tersebut juga akan memberikan manfaat tersendiri yang akan bisa anda capai didalamnya. Anda pun akan bisa melindungi konten anda dari yang namanya pelanggaran hak cipta. Sudah pasti cara tersebut akan mampu memberikan kepada anda kemudahan itu sendiri. Jika sudah mendaftarkan diri ke DMCA, maka anda pun akan langsung mendapatkan badge DMCA itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal mengenai cara daftar DMCA yang perlu anda ketahui.

Apa Itu DMCA?

 

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda
idwebhost.com

 

Hal utama yang perlu anda ketahui adalah DMCA merupakan sebuah badan hukum yang berasal dari Amerika Serikat dan muncul sejak bulan Oktober 1998. Badan hukum yang satu ini menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan hak cipta dan karya digital yang ada didalamnya. Tak hanya itu saja, semua juga akan mencakup pembuatan dan distribusi software itu sendiri. Dengan kata lain DMCA adalah sebuah hukum yang melindungi konten anda dari pencurian. Misalnya ada orang yang mengakui konten anda tersebut, maka DMCA akan memiliki otoritas untuk menurunkannya.

Kendati DMCA mampu melindungi keamanan intelektual yang dimiliki oleh website anda, tetap saja ini dianggap sebagai double edge sword atau pedang bermata dua. Kenapa? Karena sudah ada banyak kasus penyalahgunaan DMCA yang sudah dilakukan oleh berbagai website besar yang ada di dunia mulai dari Megaupload, Groveshark, Hotfile dan lain sebagainya. Mereka memanfaatkan DMCA untuk mendapatkan keuntungan tersendiri.

Prosedur Yang Harus Dipahami Oleh Webmaster, Blogger Dan Host

Karena itulah cara daftar DMCA perlu dipahami dengan baik oleh para Webmaster, Blogger dan juga Host. Dengan pemahaman tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa didapatkan didalamnya. Ini juga terkait dengan bagaimana mereka menangani berbagai keluhan, dan juga pemberitahuan orang lain didalamnya. Cara kerjanya dari DMCA ini juga harus diketahui oleh pihak terkait. Yang mana berbagai proteksi yang akand igunakan adalah aneka jenis konten, baik itu gambar, audio, teks, dan lain sebagainya. Dalam beberapa kasus juga adalah video yang bisa ditemukan didalamnya.

Semua harus melalui pengecekan secara rutin untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat signifikan yang ada didalamnya. Dengan cara tersebut sudah pasti maka segala bentuk pencurian memang tidak sah dilakukan. Dari sini DMCA akan mengajukan takedown notice yang mana akan mengeluarkan peringatan penghapusan yang ada didalamnya. Dari sini layanan DMCA juga akan mampu memberikan semua perlindungan yang dibutuhkan tersebut.

DMCA merupakan badan hukum milik Amerika Serikat. Tentu setiap negara juga memiliki badan hukumnya sendiri-sendiri, baik itu New Zealand, India, Australia, dan sjeumlah negara lain yang ada didalamnya. Kendati demikian, penghapusan yang dilakukan terkait pencurian konten juga tetap bisa dilakukan sesuai dengan kebijakan wilayan terkait.

Panduan Cara Daftar DMCA

 

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda
idwebhost.com

 

Selanjutnya, mari kita masuk ke tahap yang terpenting, yaitu bagaimana cara daftar DMCA tersebut. Pada dasarnya, prosedur untuk bisa melakukan itu semua tidaklah sulit. Yang harus anda lakukan hanyalah dengan mendaftar di DMCA[dot]com. Dari sini anda bisa melakukan Sign Up kemudian pilih Ger A Free Badge yang terdapat di halaman tersebut. Langkah selanjutnya, anda sebaiknya mengisi nama depan, nama belakang, alamat email, kemudian memilih menu Sign Up. Dari sini anda hanya tinggal meng-copy Embed Code yang terdapat di sebelah kanan dari layanan ini. Anda bisa menyesuaikan Layout yang anda inginkan sesuai dengan website yang anda mau tersebut. Ini akan bisa anda terapkan dengan sangat mudah pastinya.

Cara Mengajukan DMCA Takedown Notice

Langkah selanjutnya adalah bagaimana untuk mengajukan DMCA Takedown Notice. Untuk bisa melakukannya, maka anda pun akan bisa menerapkan semuanya dengan baik. dalam hal ini setelah anda menemukan website yang mengambil konten anda, maka mulailah mencari informasi mengenai website terkait. Apa saja informasi yang anda butuhkan?

  • Pertama adalah informasi mengenai provider hosting
  • Kedua, informasi mengenai registar domain
  • Ketiga, informasi terkait provider layanan internet
  • Keempat, informasi mengenai pemilik website
  • Kelima, informasi tambahan yang relevan dan berhubungan dengan tempat konten tersebut dipublish didalamnya.

Dengan melakukan hal ini, anda juga akan melakukan pengajuan dengan mudah karena semua informasi sudah anda berikan didalamnya. Dalam hal ini, anda juga bisa menggunakan beberapa tools yang ada di website pencarian yang bisa anda gunakan antara lain adalah WHOis, DomainTools, dan lain sebagainya. Yang mana kesemuanya itu akan bisa memberikan segala jenis keuntungan yang anda butuhkan didalamnya.

Baca Juga: Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Buat Subject Pengajuan DMCA Takedown

 

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda
idwebhost.com

 

Yang juga harus anda lakukan adalah membuat subject pengajuan terkait DMCA Takedown itu sendiri. Dari sini anda bisa mencoba untuk membuat draft itu sendiri dengan mudah. Jangan lupa sebelumnya anda juga harus mengajukan dan memasukan lima elemen yang ada di atas itu sendiri. Anda juga harus memberikan informasi mengenai hal-hal yang ada di bawah ini:

  • Pertama adalah Subject
  • Kedua, perkenalkan diri anda
  • Ketiga, berikan penjelasan dan alasan yang jelas kenapa anda hendak mengajukan DMCA tersebut
  • Keempat, anda bisa mencoba melampirkan bukti Copyright yang terdapat didalamnya.
  • Kelima, anda juga harus menandatangani dan juga memberikan informasi mengenai kontak anda.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, maka kini anda sudah bisa menerapkan cara daftar DMCA yang tepat dan anda butuhkan didalamnya. Dari sini akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa ditemukan itu sendiri.

Hubungi Provider Layanan Terkait

Setelah menerapkan beberapa cara daftar DMCA di atas, maka kini tahap selanjutnya yang akan bisa anda lakukan adalah dengan mengirimkan DMCA Takedown Notice itu sendiri ke provider layanan internet yang menghosting website yang anda curigai mencuri konten tersebut. Apabila tidak ada respon dari pihak terkait, anda bisa segera memberikan peringatan dengan mengirimkan semua ini ke bagian Registar Domain tersebut. Dari sinilah anda akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya.

Dari sini anda akan bisa melihat bahwa banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa melindungi konten yang anda buat tersebut. Dengan adanya perlindungan tersebut, sudah pasti anda akan bisa melindungi konten terkait dari berbagai masalah yang ada didalamnya. Anda akan bisa melihat banyak sekali pencapaian yang ada didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.