Panduan Cara Custom Domain Tumblr di IDwebhost
Blog Tips Keren Panduan Cara Custom Domain Tumblr di IDwebhost

Panduan Cara Custom Domain Tumblr di IDwebhost

Untuk Anda yang akrab di dunia blogging dan kepenulisan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang platform bernama Tumblr. Platform mikroblogging yang pernah diblokir pemerintah Indonesia ini memiliki banyak pengguna loyal. Terutama oleh para anak-anak mudah. Bahkan diantara penggunanya yang sangat banyak itu, tak sedikit pengguna Tumblr yang berhasil menerbitkan bukunya. Dan walaupun berkonsep mikro blogging,ternyata Anda dapat melakukan kustom domain pada blog Tumblr Anda. Nah, bagaimana cara custom domain tumblr? IDwebhost akan memberikan tipsnya buat kamu.

Walaupun banyak juga yang menyebutnya lebih mirip platform media sosial, nyatanya di kalangan anak muda, Tumblr menjadi populer untuk digunakan karena menawarkan banyak kemudahan. Apalagi jika dibandingkan dengan platform blog lain seperti Blogspot milik Google dan WordPress.

Tumblr Adalah

Apa itu Tumblr? Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki oleh Automattic. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka “dashboard”. Di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

Ada beberapa hal yang menjadikan Tumblr begitu populer di mata anak muda. Kelebihan Tumblr ada pada kesederhanaan yang dimilikinya. Pengguna dapat membuat postingan melalui panel kontrol untuk berbagai jenis postingan. Antara lain teks, video, audio, foto, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memposting dari bookmarklet browser, aplikasi di smartphone, hingga desktop widget.

Pengguna juga dapat melakukan re-blog yang artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Selain itu, Anda dapat melalukan update status pada media sosial via Tumblr.

Cara Custom Domain di Tumblr

Anda semua tentu tahu, jika menggunakan layanan blogging Tumblr, maka nama blog Anda akan memiliki unsur Tumblr-nya. Contohnya blogsaya.tumblr.com. Jika Anda ingin menghilangkan kata “Tumblr” di nama domain tersebut, yang hars Anda lakukan adalah custom domain.

Custom domain adalah menghubungkan domain ke website yang telah dibuat. Semisal di Blogspot maupun Tumblr. Dan seperti judul diatas, Kami akan membagikan pada Sahabat semua tentang cara custom domain Tumblr di IDwebhost.

Ada dua tahap yang perlu Anda lakukan saat melakukan custom domain Tumblr. Tahap pertama adalah setting DNS dari member area. Dan tahapan yang kedua adalah konfigurasi dari akun Tumblr. Bagaimana caranya custom domain Tumblr di IDwebhost? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Tahap 1: Setting DNS di Member Area IDwebhost

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah setting DNS dari member area IDwebhost. Simak caranya di bawah ini:

1. Login ke member area IDwebhost

Untuk melakukan setting DNS, silakan login ke halaman member area IDwebhost milik Anda menggunakan browser. Untuk Anda yang belum memiliki member area IDwebhost, silakkan membuatnya disini. Pada halaman login, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang digunakan saat mendaftar member area IDwebhost. Masukkan pula kode captcha untuk validasi. Klik “Masuk”.

Cara Custom domain Tumblr

2. Masuk ke halaman Domain

 Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard member area. Di member area, Anda dapat mengelola domain, hosting, dan SSL. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat informasi tagihan dan daftar afiliasi. Untuk melakukan custom domain di Tumblr, silakan klik menu “Domain”. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

3. Pilih domain yang ingin di setting DNS-nya

Setelah klik menu “Domain” selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman list domain yang terdaftar di IDwebhost. Untuk memilih domain yang ingin disetting DNS-nya, cukup dengan klik pada nama domain yang Anda pilih. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

4. Melakukan pengaturan DNS

Setelah memilih domain yang ingin di kustom, selanjutnya dalah melakukan pengaturan DNS. Ada dua pengaturan DNS yang harus dimasukkan.

Pertama, pada kolom Host, silakan diisi dengan @. Sedangkan untuk Jenis Record silakan diisi dengan A (Address). Sedangkan pada kolom Alamat,silakan diisi dengan IP address dari Tumblr yaitu 66.6.44.4. IP tersebut adalah IP default yang diberikan oleh Tumblr untuk kebutuhan custom domain. Sedangkan untuk kolom prioritas dapat dikosongkan saja. Jika sudah, klik Simpan seperti pada gambar berikut.

Pada pengaturan kedua, pada kolom Hostname silakan isi dengan WWW. Kemudian pada kolom Jenis Record dapat diisi dengan CNAME (Alias). Sedangkan kolom Alamat dapat diisi dengan domains.tumblr.com. Dan seperti pengaturan pertama, Anda dapat mengosongkan kolom Prioritas. Lalu silakan klik Simpan dan tunggu beberapa saat. Seperti pada gambar di bawah ini.

Di IDwebhost, untuk domain yang menggunakan settingan kelola DNS atau Manage DNS, Name Server yang digunakan adalah ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost. Silakan klik Ubah NS Sekarang seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Custom domain Tumblr

Kemudian jika tidak muncul notifikasi error, berarti settingan tersebut berhasil.

Tahap 2: Melakukan Konfigurasi di akun Tumblr

Setelah pengaturan di member area IDwebhost selesai, sekarang saatnya melakukan konfigurasi di akun Tumblr. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke dashboard Tumblr

Untuk melakukan konfigurasi di akun Tumblr, silakan login terlebih dulu ke akun Tumblr Anda. Silakan masukkan alamat email dan password yang digunakan saat mendaftar di Tumblr. Jika sudah, silakan klik Log In.

Cara Custom domain Tumblr

2. Masuk ke menu setting

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard Tumblr. Silakan masuk ke menu Setting. Caranya dari tab Account ( yang berlogo orang), kemudian klik Setting.

Cara Custom domain Tumblr

3. Klik username

Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman akun. Terdapat beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan di halaman ini. Namun untuk melakukann custom domain, Anda bisa langsung melanjutnkan dengan mengklik username yang berada di kolom Blogs, pada sisi kanan halaman. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

4. Pengaturan nama URL Tumblr

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan untuk nama URL pada Tumblr. Caranya, silakan klik gambar pensil di sebelah kanan kolom username.

Cara Custom domain Tumblr

5. Test domain

Untuk melalukan custom domain, Anda harus mengaktifkan toggle “Use a custom domain”. Setelah itu silakan tulis nama domain Anda. Untuk meminimalan kemungkinan error yang terjadi, tuliskan domain Anda secara lengkap, seperti http://www.namadomainsaya.com. Kemudian, untuk mengetahui apakah custom domain yangn Anda lakukan berhasil, silakan klik Test domain.

Cara Custom domain Tumblr

Jika custom domain yang dilakukan berhasil akan muncul notifikasi berbunyi “its god”. Kemudian klik Save seperti gambar berikut ini.

Selamat, Anda telah berhasil melakukan custom domain Tumblr di IDwebhost.

Cara Custom domain Tumblr

Kesimpulan

Dengan berbagai kesederhaan yang dimilinya, Tumblr mampu menarik hati banyak orang untuk menggunakannya. Terlebih sebagai pengguna, Anda dapat melakukan custom domain agar blog Tumblr milik Anda tampak lebih professional. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda pemahaman tentang cara custom domain Tumblr di IDwebhost.

Miliki domain Anda sendiri dan go digital bersama IDwebhost, web hosting murah Indonesia.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis