Cara Cerdas Membuat Website Yang SEO Friendly

17 Nov 2022
Cara Cerdas Membuat Website Yang SEO Friendly campaign-unlimited

SEO Friendly merupakan istilah yang mengacu pada halaman web yang mudah diakses di Google, Bing, Yahoo, maupun situs pencari lainnya. Di sini buat web yang ramah SEO memang butuh ketekunan dan ketelatenan. Jika kamu ingin membuat website terbaik memang banyak langkah yang harus diterapkan. Sejumlah proses harus dilakukan step-by-step. Adanya proses pembuatan website yang tepat dan sesuai dengan kaidah SEO akan berpotensi meningkatkan website yang kamu miliki masuk dalam jajaran peringkat satu di situs pencari. Hal ini tentunya sangat penting dalam rangka membuat kredibilitas situsmu menjadi lebih baik. Website yang populer karena diisi konten berkualitas akan terus memiliki penjung tetap.

Kabar gembiranya, kamu tidak terlambat untuk membuat website yang SEO Friendly. Pasalnya, kamu akan bisa menciptakan web yang ramah SEO tersebut dengan berbagai fitur yang tersedia didalamnya. Sebagai contoh jika kamu memakai CMS WordPress, maka disitu akan tersedia banyak plugin yang bisa mendukungmu untuk menciptakan web yang benar-benar search engine optimization atau berpeluang besar masuk di halaman pertama Google.

Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki situs yang baik dan berkualitas, kamu tinggal menerapkan langkah selanjutnya. Apa yang akan kamu kembangkan lagi dalam situs tersebut sehingga nantinya semakin banyak kegunaan yang bisa kamu manfaatkan. Berikut adalah beberapa cara bikin web yang bisa kamu terapkan untuk membuat website yang ramah SEO tersebut.

Menciptakan Website Yang SEO Friendly Melalui Plugin

Cara Cerdas Membuat Website Yang SEO Friendly
idwebhost

SEO Friendly bisa dibangun dengan cara menambahkan sejumlah plugin di CMS yang kamu gunakan. Apabila kamu menggunakan WordPress maka kamu bisa menginstall plugin seperti Yoast. Dengan plugin yang satu ini kamu pun akan bisa menambahkan beberapa fitur agar bisa membuat konten semakin SEO.

Kamu akan dipandu untuk memasukan judul, mengganti slug, memasukan meta description, keyword, gambar dan lain sebagainya. Jika semua syarat terpenuhi dan konten yang dibuat sudah sesuai kaidah SEO, maka akan muncul warna hijau yang menandakan bahwa situs yang kamu buat tersebut telah memenuhi syarat untuk menciptakan konten SEO.

Memanfaatkan Social Media Untuk Membangun Situs SEO Friendly

Kamu juga bisa memanfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, Instgram dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengoptimalkannya? Kamu tinggal share saja terhadap konten yang barusan buat. Kamu bisa memanfaatkan kekuatan social media untuk mendapatkan traffic yang lebih besar.

Di sinilah kamu akan bisa memiliki sebuah website yang punya kompetensi yang bagus untuk meningkatkan ranking di Google. Apabila konten yang kamu bagikan di social media benar-benar berkualitas, maka banyak yang akan bisa kamu dapatkan . Dari sini website kamu pun akan berpeluang masuk dalam jajaran web terbaik. Lambat laun, kamu akan melihat website milikmu semakin terkenal dan namanya disebutkan di mana-mana oleh pengunjung setia.

Memanfaatkan Fitur Backlink

Backlink juga menjadi faktor SEO Friendly yang paling penting. Disini sebuah website yang memiliki backlink berkualitas akan bisa berpeluang lebih besar masuk di peringkat pertama mesin pencari. Jadi carilah website yang berkualitas untuk dijadikan backlink. Namun, Kamu pun juga bisa menciptakan web yang berkualitas itu sendiri. Dengan memanfaatkan teknik ini, sudah pasti kamu akan bisa menciptakan website kebanggaan yang selalu berdiri di puncak. Hal tersebut bukan lagi sesuatu yang mustahil mengingat saat ini bisa mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan mudah.

Menggunakan Tampilan yang Menarik dan Eye Catching

Cara Cerdas Membuat Website Yang SEO Friendly
idwebhost

Penampilan yang eye catching atau sedap di pandang juga memberikan keuntungan tersendiri dalam hal SEO Friendly. Pasalnya, banyak website yang menyuguhkan tampilan yang terkesan apa adanya. Bahkan ada beberapa web yang memiliki domain sendiri, tapi tampilannya masih mirip seperti blogspot atau subdomain yang gratis. Di sini kamu tak boleh lengah.

Kamu harus pandai dalam memilih theme atau tampilan terbaik yang dipakai didalam situs. Gunakan penampilan yang sedap dipandang supaya nantinya bisa memberikan kesan menyejukan yang kamu butuhkan. Satu hal yang pasti, dalam membuat sebuah website yang terbaik memang butuh waktu. Jadi gunakan waktu di awal untuk memilih apa tema yang sesuai dipakai dalam website milikmu. Apakah tema yang simpel, berwarna, atau yang menyegarkan? Kamu sendiri yang tau jawabannya.

Membuat Situs Yang Gampang Dibuka

SEO Friendly juga bergantung dari bagaimana situs milikmu bisa dibuka dengan mudah dan cepat. Website yang gampang dibuka pastinya akan mampu memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk melakukan request. Ada beberapa pengguna yang merasa koneksi internetnya sudah sangat cepat. Tapi ada situs tertentu yang jika dibuka membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan loading. Hal ini tentu saja akan sangat menyusahkan.

Pasalnya, kamu sudah berusaha membuat situs yang bagus, tapi traffic susah masuk karena situs yang kurang responsif. Butuh waktu lama untuk membuka satu halaman saja. Misalnya untuk masuk ke home, butuh waktu beberapa detik bagi situs untuk terbuka. Ini akan memberikan nilai minus pada SEO Friendly website.

Baca Juga: Cara Login cPanel Lebih Tepat dan Mudah

Menyediakan Kolom Contact Us, Komentar dan Live Chat

SEO Friendly juga akan datang dengan sendirinya apabila situsmu memiliki sejumlah fitur yang dibutuhkan seperti Contact Us, Komentar, dan Live Chat. Semua fitur tersebut pastinya akan memudahkanmu untuk bisa mendapatkan situs terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Disamping itu, situs yang bagus juga adalah yang menjaga interaksinya dengan penjung. Pada saat ada kolom komentar semacam ini, banyak pengunjung yang juga akan datang untuk menyuarakan pendapatnya. Jika mereka ingin memberikan kritik dan saran, mereka juga akan bisa melakukannya dengan mudah. Adanya fitur yang tepat ini juga akan mendatangkan kemudahan bagimu membuat situs viral yang bisa masuk jajaran teratas mesin pencari terkenal.

Siapa Bilang Bikin Situs SEO Friendly Itu Susah?

Cara Cerdas Membuat Website Yang SEO Friendly
idwebhost

Siapa bilang membuat website yang SEO Friendly itu sulit? Pada dasarnya kamu akan mampu membuat sebuah situs yang ramah SEO dengan gampang. Yang terpenting adalah selalu melakukan yang terbaik. Jika kamu bisa melakukan yang terbaik dalam membuat situs tersebut maka tidak ada yang perlu kamu cemaskan lagi.

Setelah melakukan semua tahap diatas apa lagi yang harus kamu lakukan? Bersabarlah dan tunggu hasilnya untuk beberapa waktu kedepan. Butuh proses untuk membuat situsmu masuk di jajaran teratas. Yang pasti adalah terus berupaya agar bisa menyuguhkan konten terbaik bagi pengunjung. Memakai jasa domain hosting berkualitas juga perlu, contohnya IDwebhost. Selain itu, membuat sebuah konten juga akan bisa dilakukan dengan mudah apabila kamu mampu melakukan semuanya dengan baik dan mengutamakan kualitas. Seiring berjalannya waktu, websitemu akan perlahan naik ke atas. Di sinilah tahap puncak yang harus kamu pertahankan. Perbanyak interaksi dengan reader atau visitor sehingga meningkatkan kredibilitas dari situs tersebut.

Penulis
Member since 2 Jul 2013