7+ Cara Cek Website Down dengan Bantuan Online Tools yang Mudah!

25 Jan 2022
7+ Cara Cek Website Down dengan Bantuan Online Tools yang Mudah!

Cara cek website down atau tidak bukanlah hal sulit dan cenderung tidak perlu membutuhkan keahlian skill IT seperti coding, dan lain sebagainya.

Karena dengan menggunakan beberapa online tools saja, Anda bisa langsung mengetahui website yang Anda periksa apakah sedang down atau tidak.

Selain itu mengetahui mengenai status server website, beberapa online tools juga menyediakan informasi mengenai riwayat informasi dari website yang Anda cek. 

Tentu hal ini dapat sangat membantu Anda ketika membutuhkan informasi yang cepat mengenai status website yang Anda inginkan.

Nah, online tools apa saja yang dapat membantu mengecek website down? Yuk, simak daftarnya di bawah ini:

7+ Cara Cek Website Down dengan Menggunakan Online Tools

Ada beberapa online tools yang dapat Anda gunakan dalam memeriksa website down ataupun dalam status aman, yaitu :

  1. Downforeveryoneorjustme.com
  2. Host-tracker.com
  3. Site24x7.com
  4. Down.com
  5. Isitdownrightnow.com
  6. Sitechecker.pro
  7. Websiteplanet.com
  8. Downdetector.com

1. Downforeveryoneorjustme.com

cara-cek-website-down

Cara pertama untuk cek website down adalah dengan menggunakan tool bernama Downforeveryoneorjustme.com. Tool yang memiliki tampilan sederhana ini bisa menampilkan informasi apakah sebuah website sedang down atau tidak.

Berikut cara cek website online dengan tools ini:

  1. Buka laman downforeveryoneorjustme.com
  2. Anda dapat mengetikan URL website pada kolom yang disediakan, kemudian tekan tombol or just me?
  3. Kemudian tunggu sampai prosesnya selesai. Lalu akan muncul tampilan status dari website Anda yang memberitahukan apakan server down atau tidak.

 

2. Host-tracker.com

cara-cek-website-down

Cara cek server website selanjutnya yaitu dengan menggunakan tool dari Host-tracker.com. Tool ini memiliki fitur yang lebih lengkap, contohnya pengecekan status website berdasarkan lokasi server yang ada pada seluruh dunia.

Nah, berikut mengenai cara cek website down menggunakan Host-tracker.com:

  1. Anda perlu untuk mengunjungi halaman host-tracker.com, kemudian pilih pada opsi Web (http).
  2. Ketikan URL website yang Anda ingin periksa, kemudian tekan tombol Check.
  3. Tunggu beberapa saat karena status url yang Anda masukan sedang dalam proses pengecekan.
  4. Lalu pada kolom Status, akan menampilkan informasi berapa jumlah status Fail dan Ok. Jika status Ok ternyata lebih banyak, maka website tersebut dapat diakses dengan lancar.
  5. Anda juga dapat scroll ke bawah agar dapat melihat informasi dari masing-masing lokasi, termasuk juga mengenai alasan lokasi tersebut menunjukan status Fail.

 

3. Site24x7.com

cara-cek-website-down

Rekomendasi dalam memeriksa status website down yang ketiga adalah dengan menggunakan online tool dari Site24x7.com. Tool ini memberikan cara dalam cek website online dengan server yang dapat Anda tentukan sendiri.

Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat pergi ke alamat website site24x7.com, lalu tuliskan URL website yang ingin Anda periksa statusnya. Jika sudah, klik pada bagian opsi +Add more test locations.
  2. Pilih pada bagian lokasi cek server website yang ingin Anda pakai. Kalau sudah klik pada bagian tombol Add locations.
  3. Anda dapat kembali ke halaman utama, kemudian tekan tombol Test Now.
  4. Silakan tunggu pada bagian prosesnya.
  5. Kemudian pada bagian grafik yang dapat Anda lihat, muncul informasi waktu yang diperlukan dalam melakukan cek website down. 
  6. Sedangkan pada bagian tabel, Anda dapat melihat status website pada masing-masing lokasi server yang telah Anda pilih. Jika ada yang down, tool ini dapat menampilkan keterangan pada kolom IP.

 

4. Down.com

cara-cek-website-down

Rekomendasi website keempat yaitu Anda dapat menggunakan tool dari Down.com dalam memeriksa website down. Sama halnya seperti online tool yang kita pelajari pada bagian pertama, Down.com hanya memberikan informasi apakah sebuah website sedang down, tanpa memberikan informasi lainnya.

Untuk cara cek website down menggunakan tool ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda perlu pergi ke website resmi down.com.
  2. Masukan URL website kemudian tekan tombol Check Now!.
  3. Online tool ini dapat menampilkan informasi website tersebut. Jika website dalam kondisi normal akan muncul informasi “it’s you! Looks like (nama website yang Anda periksa) is online.”
  4. Sebaliknya jika website sedang down, maka akan muncul tampilan “Down! Looks like (nama website yang Anda periksa) is offline.”

 

5. Isitdownrightnow.com

Cek Website Down

Berikutnya terdapat tool dari Isitdownrightnow.com yang menjadi rekomendasi kelima dalam melakukan cek website online. Tool ini tidak hanya menunjukan status website, tapi juga informasi lain contohnya kapan terakhir kali website mengalami down.

Cara cek website down dengan menggunakan tool yang satu ini yaitu sebagai berikut:

  1. Buka website isitdownrightnow.com, lalu tuliskan URL website. Jika sudah, tekan tombol CHECK.
  2. Tunggu prosesnya, dan jika sudah akan muncul tampilan status website.
  3. Anda dapat mengetahui informasi umum contohnya status website, waktu respons, dan kapan terakhir kali website tersebut pernah mengalami down.
  4. Scroll ke bawah, tool ini juga dapat menyediakan informasi riwayat status website dari waktu ke waktu. Info tersebut dapat dari hasil tes waktu respons dan juga tes menggunakan ping.

 

6. Sitechecker.pro

cara-cek-website-down

Rekomendasi untuk cek website down adalah dengan menggunakan bantuan tool dari Sitechecker.pro. Tool ini bisa dikatakan tool yang sederhana karena menampilkan informasi umum contohnya status website dan juga waktu respons.

Berikut cara cek website down dengan menggunakan Sitechecker.pro:

  1. Kunjungi pada halaman sitechecker.pro dan isikan alamat website yang ingin Anda periksa. Setelahnya, tekan tombol →.
  2. Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah, akan muncul informasi apakah website sedang dalam status down atau tidak.
  3. Selain itu, terdapat juga informasi tambahan lain contohnya status layanan, IP Address, waktu respons, dan juga kode respons.

 

7. Websiteplanet.com

Cek Web Down

Berikutnya Anda dapat menggunakan tool dari Websiteplanet.com agar dapat untuk mengetahui status website down. Nah, tool yang satu ini mampu menampilkan informasi yang sama persis layaknya tool sebelumnya, contohnya status website dan IP Address.

Agar dapat mencoba online tool Websiteplanet.com, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka websiteplanet.com kemudian tuliskan URL website. Jika sudah, tekan pada bagian tombol Check.
  2. Tunggu prosesnya beberapa saat. Jika sudah, akan muncul informasi status website, waktu respons, dan juga kode respons.

 

8. Downinspector.com

Website Down

Rekomendasi online tool yang kedelapan dan bisa Anda coba untuk cek website down, yaitu dengan menggunakan Downinspector.com. Selain dipakai dalam memeriksa apakah website sedang down, tool ini juga menyediakan mengenai riwayat status website dalam satu jam terakhir.

Untuk langkah-langkah menggunakan tool ini adalah sebagai berikuti:

  1. Anda perlu untuk mengunjungi halaman resmi downinspector.com kemudian tulis alamat website yang ingin Anda periksa. Kemudian, tekan tombol CHECK.
  2. Tool dapat melakukan cek website online,tunggu beberapa saat untuk prosesnya hingga muncul hasilnya.
  3. Anda juga dapat melihat riwayat website tersebut, apakah dalam kurun waktu satu jam sebelumnya pernah mengalami down.

 

 

Kesimpulan

Itulah rekomendasi mengenai  cara cek website down dengan menggunakan berbagai online tools. Masing-masing tools memiliki keunggulan seperti tampilan, kelebihan, ataupun fitur pendukung yang berbeda-beda. Anda dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat 

Selain itu, jika Anda tertarik tentang informasi terkait bisnis, teknologi, social media dsb, Anda juga bisa mengunjungi halaman blog IDwebhost untuk mendapatkan update informasi artikel IDwebhost yang menarik dan bermanfaat lainnya.

Tidak lupa kami sampaikan juga, jika Anda membutuhkan layanan hosting dan domain, Anda bisa menggunakan layanan dari IDwebhost yang bisa dalam memenuhi kebutuhan Anda dalam pencarian hosting terbaik dan dapat digunakan dalam membangun website.

Selain itu, IDwebhost juga telah  menyediakan layanan jasa pembuatan website atau wunik yang masih dalam satu bisnis dengan IDwebhost dan dapat digunakan dalam membuat website secara instan dan mudah.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013