Cara Membuat Meta Title dan Meta Description Pada Website

Cara Membuat Meta Title dan Meta Description Pada Website campaign-unlimited

Mengetahui cara membuat meta title dan meta description wajib bagi kalian yang mempunyai website. Jika anda mempunyai sebuah website dan ingin meningkatkan traffic anda maka anda perlu mengetahui ini. Untuk menulis meta title dan description. Anda harus membuatnya unik, pastikan judulnya tidak terlalu pendek atau panjang. Gunakan frasa kata kunci yang akurat untuk setiap halaman, bukan hanya memasukkan kata kunci saja. Dan pikirkan tulisan ini adalah untuk dibaca orang lain, bukan robot.

Cara ini sangatlah sederhana dan mudah diikuti. Hasil dari judul halaman yang telah dioptimalkan dengan baik dan deskripsi meta baik juga akan memberika lebih banyak lalu lintas ke situs web anda. Selain aturan ini, Anda juga dapat menggunakan beberapa teknik penjualan dan periklanan. Hal ini untuk membantu anda dalam membuat judul halaman terbaik atau deskripsi meta yang mungkin sempurna. Termasuk penentuan posisi Unique Selling Point (USP) dan penggunaan kata-kata pemicu psikologis.

Dalam panduan singkat ini, kami akan mengajari anda mempelajari title dan meta description. Mengapa mereka sangat penting untuk Search Engine Optimization (SEO) dan bagaimana anda dapat mengoptimalkannya seperti para profesional. Untuk penjual dan pemilik bisnis yang sangat sibuk dengan berpergian maka kami akan memberikan panduan untuk anda.

Cara Buat Meta Title dan Meta Description

 

Pengertian Meta Title dan Meta Description

Meta Title dan Meta Description adalah dua bagian terpisah dari kode HTML yang harus ditemukan di setiap halaman internet. Seperti sebuah buku, mereka memberi tahu anda judul halaman tempat anda berada dan ringkasan halaman itu. Ini kemudian digunakan oleh mesin pencari seperti Google. Untuk membuat tautan yang mudah dibaca ke situs web dari indeks mereka.

Contoh seperti ini merupakan URL yang sulit dibaca:

http://139.99.120.222/movie/vivarium-2020/-849bed9a-2da8-484b-8cdf-d7000090fc5d

Meta Title dan Meta Description mengubahnya menjadi tautan yang dapat diklik yang mudah dibaca seperti:

Tonton vivarium Streaming Online | Film bioskop 21 (Uji Coba Gratis)

Mesin pencarian pada web juga menggunakan judul halaman di bilah mesin pencarian untuk membuatnya mudah dikenali dari satu browser ke website lainnya. Hal ini sangat berguna ketika anda memiliki beberapa tab browser yang terbuka secara bersamaan. Dan sebagai nama bookmarks untuk penanda yang dapat anda simpan.

Hampir semua mesin pencari menampilkan judul halaman dan deskripsi. Anda dapat menjadikan keduanya sebagai metadata dengan cara yang sama, hampir memiliki fungsi yang hampir sama untuk tautan judul halaman dan teks deskripsi meta.

Cara Buat Meta Title dan Meta Description

Bagaimana Google Menggunakan Meta Title dan Meta Description?

Penting untuk memahami bagaimana orang merespons metadata, karena perilaku inilah yang Google rancang di halaman hasil mesin pencari (disingkat SERP).

Google mengubah desain dan tampilan SERPs beberapa kali sehari (tergantung pada permintaan yang dicari) sehingga ia dapat menentukan cara terbaik untuk menampilkan informasi kepada penggunanya.

Perubahan ini dapat berkisar dari menambah dan mengurangi ukuran font yang digunakan dan warna item dalam SERPs contohnya terbaru adalah kotak Iklan di Google Ads dari hijau ke hitam dan kembali lagi. Seberapa besar gambar di SERPs. Berapa banyak halaman yang bisa untuk dilihat dimana berguna untuk mencuri atau menentukan topik yang menarik untuk orang orang SEO dari ribuan perubahan desain dan algoritma.

Hasilnya adalah Anda harus memahami perilaku pencarian pelanggan target Anda dan bagaimana Google akan menampilkan hasil untuk setiap permintaan yang dicari. Google dapat menampilkan hasil dengan berbagai cara. Setiap frasa pencarian memberikan hasil yang berbeda sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh algoritma Google yang ingin dilihat oleh pencari. Iklan yang berada di atas di mesin pencarian google kadang-kadang diganti oleh fitur baru.

Sekarang ini, halaman hasil pencarian Google memiliki lebih banyak hal yang dapat terkait. Untuk beberapa pencarian contohnya seperti gambar yang ditautkan akan muncul di bagian atas halaman untuk menarik mata seseorang dan klik pertama mereka.

Cara Buat Meta Title dan Meta Description

Cuplikan gambar informasi kecil ini mencoba menjawab permintaan pencarian asli secara langsung sehingga pengguna penelusuran mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Bergantung pada jenis permintaan pencarian, ini dapat dihasilkan dari konsekuensi berikut:

Pengguna mengklik tautan. Pengguna membaca jawabannya, tidak mengklik tautan, dan pergi. Beberapa pakar SEO dapat melihat website anda berada pada posisi teratas. Ada keuntungan yang jelas untuk membuat situs web Anda muncul pertama kali dalam hasil pencarian, tetapi jika tidak ada yang mengklik tautan dan melihat halaman yang berasal dari situs web. Maka penggunaan Meta title dan Meta description anda kurang optimal.

Cara optimasi Meta Title dan Meta Description

Sebelum anda mempelajari cara optimasi dalam penulisan Meta Title dan Meta Description. Pertama tama kami ingin memberikan beberapa tips penulisan metadata tambahan yang perlu diingat yang akan membantu memisahkan judul dan deskripsi anda dari para pesaing anda yang mengikuti standar. Beberapa tips tambahan yang perlu anda ingat adalah:

  1. Optimalkan untuk Penampilan SERP
  2. Optimalkan untuk Tujuan Pencarian
  3. Gunakan unique Selling Points (USPs)
  4. Gunakan bahasa pemicu Psikologis

Selanjutnya adalah cara optimasi Meta title dan Meta Description. Berikut point pointnya:

  • Title

  1. Buat setiap judul halaman yang unik
  2. Gunakan kata kunci target yang unik
  3. Jangan buat Meta Title yang terlalu singkat
  4. Jangan buat Meta Title yang terlalu panjang
  5. Buat judul yang menarik untuk manusia bukan bot
  • Meta Description

  1. Buat setiap judul halaman yang unik
  2. Gunakan kata kunci target yang unik
  3. Jangan buat Meta Description yang terlalu singkat

Cara Menguji Judul Meta Title dan Meta Description

Sebelum mengunggah Judul title dan Meta Description. Pilihan yang terbaik adalah memeriksa bagaimana tampilannya di alat terlebih dahulu, yang juga harus memeriksa karakter dan lebar pikselnya. Untuk pemeriksaan cepat metadata baru atau daftar pendek judul halaman baru dan deskripsi meta, kami sarankan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Paul Shapiro.

Tools ini sangat cepat memungkinkan anda memeriksa perubahan yang anda buat pada metadata anda, sehingga anda dapat mengunggahnya segera tanpa khawatir. Jika anda menggunakan alat ini untuk daftar yang lebih panjang. Anda dapat mengunggah dan mengekspor hasilnya sebagai file CSV, yang kemudian dapat Anda tinjau nanti.

cara membuat meta title dan metta deskription

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019