Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess
Blog Tips Keren Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess

Cara blokir website berdasarkan negara akan memudahkan anda untuk melindungi situs anda dari ancaman yang lebih spesifik. Dalam hal ini sama seperti beberapa langkah lainnya, anda perlu memakai file .htaccess untuk bisa menerapkan ini semua. Dengan cara itulah, sudah pasti anda akan bisa bebas mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan mudah dan tepat. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain adalah cPanel dan juga FTP. Untuk bisa melakukan pemblokiran dengan cara yang spesifik, maka berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu.

Langkah awal dalam cara blokir website berdasarkan negara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka file .htaccess terlebih dahulu yang bisa anda lakukan dengan membuka directory public_html yang terdapat di dalamnya. Anda pun juga bisa melakukannya dengn menggunakan File Manager yang sudah tersedia pada bagian cPanel yang terdapat pada hosting anda. Dengan demikian maka akan semakin banyak manfaat dan keuntungan yang akan bisa anda peroleh nantinya. Dengan memanfaatkan semua langkah tersebut, sudah pasti akan bisa lebih banyak yang nantinya akan anda dapatkan di dalamnya.

 

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess
idwebhost

 

Berikut adalah cara untuk bisa mendapatkan daftar alamat IP berdasarkan pada negara melalui beberapa langkah yang ada di bawah ini. Dengan penerapan yang tepat, sudah pasti anda akan bisa bebas mendapatkan lebih banyak manfaat yang ada didalamnya. Disini yang bisa anda lakukan adalah memilih opsi negara terlebih dahulu. Dalam hal ini adalah memilih Create COUNTRY ACL. Kemudian diikuti dengan memilih create ACL apabila anda sudah menerapkan semua yang anda inginkan.

Panduan Cara Blokir Website Berdasarkan Negara

Untuk tahap awal dalam cara blokir website berdasarkan negara ini adalah dengan memilih pilihan akses yang anda inginkan didalamnya. Hal ini bisa anda terapkan dengan mudah dengan memilih negara mana yang akan anda beri ijin akses, dan negara mana yang tidak anda beri izin untuk akses. Semua itu anda sendiri yang memilih dan menentukan. Pilih opsi beberapa negara yang anda inginkan. Pikirkan dengan matang, karena nantinya negara yang mengakses web anda tidak akan bisa melakukannya lagi karena sudah masuk dalam daftar blokir anda. Jika sudah setuju dan selesai dengan pilihan anda, maka pilih opsi .htaccess Deny untuk melakukan pemblokiran terhadap negara spesifik yang sudah anda pilih.

Bagaimana jika anda memberikan ijin atau hak akses tersebut? Anda bisa melakukannya dengan memilih opsi .htaccess Allow yang ada didalamnya. Dengan cara tersebut, sudah pasti anda bisa menerapkan metode yang tepat dan signifikan guna memberikan hak akses yang anda butuhkan terhadap negara mana yang bisa mendapatkan ijin mengakses website anda tersebut. Dengan menerapkan metode tersebut, sudah pasti anda akan memberikan ijin hak akses. Jadi sama seperti cara sebelumnya, anda disini harus memilih dengan penentuan yang bijak tentang negara mana saja yang bisa mendapatkan hak akses dari anda.

Jika semua opsi mengenai Deny dan Allow sudah anda pilih, maka sudah saatnya bagi anda untuk masuk ke langkah lanjutan yang lebih spesifik yakni dengan memilih pilihan Create ACL untuk masuk ke tahapan yang lebih dalam lagi. Ini artinya anda sudah memberikan ijin atau otoritas yang lebih dan anda butuhkan didalamnya. Dengan konsep tersebut, sudah pasti anda akan mampu mencapai sendiri semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan pasti.

 

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess
idwebhost

Jangan Lupa Menyalin IP Yang Dihasilkan

Sudah selesai dengan cara blokir website berdasarkan negara di atas? Jika sudah maka tugas anda selanjutnya adalah mengcopy semua file yang dihasilkan dari Create ACL tersebut. Dalam hal ini anda akan bisa melakukannya dengan cepat menggunakan tombol CTRL + A yang artinya adalah menandai semua informasi tersebut. Kemudian untuk melakukan Copy atau menyalin data, anda bisa memilih tombol CTRL + C. Dengan menerapkan metode yang satu ini maka sudah pasti anda akan bisa langsung bersiap untuk menerapkan ijin akses atau tidaknya terhadap data yang anda kehendaki didalamnya. Hal tersebut pastinya akan mampu mendatangkan kepada anda manfaat yang jelas dan spesifik.

Nantinya pada kolom yang hendak anda copy, anda akan melihat banyak sekali code yang tersedia didalamnya. Ini berarti anda sudah mendapatkan beberapa code mengenai negara yang anda blokir aksesnya ke web anda, atau mana negara yang anda beri ijin akses tersebut. Pada penerapannya, cara blokir website berdasarkan negara ini memang sangat penting untuk anda terapkan dari sekarang. Dengan demikian, anda pun akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan segera kapan saja anda mau. Adanya layanan ini akan bisa mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat yang luarbiasa tersebut. Dengan demikian, hasil yang nantinya akan bisa anda capai pun juga akan sangat maksimal bagi website anda.

Paste Dan Masukan File Tersebut Ke .htaccess

Tahapan selanjutnya dalam cara blokir website berdasarkan negara ini adalah dengan memasukan file yang anda copy tersebut ke dalam .htaccess yang ada didalamnya. Dari sinilah anda akan bisa dan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan tersebut. Cara inilah yang akan mampu memberikan kepada anda manfaat signifikan. Tapi satu hal yang perlu anda inginkan didalamnya adalah tidak memasukan nama website anda sendiri di daftar blokir tersebut. Maksudnya adalah memasukan alamat IP dimana anda berada didalam daftar list yang diblokir. Supaya anda tidak salah dalam menginput informasi yang anda butuhkan tersebut, anda bisa mengeceknya di sejumlah situs seperti What Is My IP Address yang akan memberikan kepada anda informasi tentang IP anda sendiri.

 

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Menggunakan .htaccess
idwebhost

 

Baca Juga: Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!

Dari sini anda nanti bisa mencocokannya dengan data yang muncul, apakah IP anda sendiri masuk didalamnya atau tidak. Pada dasarnya cara blokir website berdasarkan negara ini memang sangat mudah, asalkan anda tahu bagaimana cara penerapannya dengan mudah dan tepat didalamnya. Hal tersebut juga akan mampu mendatangkan kepada anda manfaat yang lebih dahsyat dan banyak. Inilah yang pastinya akan mendatangkan kepada anda keuntungan yang lebih besar dan banyak yang anda butuhkan. Memberikan akses yang signifikan berdasarkan alamat IP memang kini akan bisa anda peroleh dengan mudah dan tepat, jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi.

Kesimpulan

Pada penerapannya cara blokir website berdasarkan negara tersebut, anda bisa melihat bahwa sebetulnya metode yang satu ini akan bisa anda terapkan dengan mudah dan spesifik di dalamnya. Tinggal bagaimana cara anda untuk bisa melakukannya semua dengan baik dan tepat. Hal ini juga yang akan memberikan kepada anda keuntungan tersendiri tersebut dengan mudah dan pasti jelas nyata ada didalamnya. Mudah, bukan?

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.