Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess Pada Panel Plesk
Blog Tips Keren Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess Pada Panel Plesk

Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess Pada Panel Plesk

Apakah Anda pernah berfikir bahwa Anda harus membatasi siapa saja yang bisa mengakses website? Pembatasan website bisa dilakukan dengan cara blokir IP menggunakan .htaccess atau blok IP addres user yang bisa mengakses website Anda. Caranya tentu sangat mudah karena bisa Anda praktekkan sendiri.

Format Alamat IP atau Domain

Berikut ini merupakan format yang Anda gunakan untuk dapat memasukan alamat IP sesuai dengan format yang sudah ditentukan, sebagai berikut:

  1. Single IP Adress, merupakan format yang akan digunakan untuk memblokir satu alamat IP yang sudah Anda masukkan kedalam kolom isian, contohnya adalah 192.168.0.1
  2. Range, adalah sebuah format yang digunakan dalam memblokir IP dengan jarak tertentu. Anda bisa menghubungkan dengan tanda strip (-), contohnya: 192.168.0.1-192.168.0.40
  3. Implied Range merupakan format yang digunakan untuk memblokir jarak tertentu dari sebuah alamat IP agar dapat mengakses website Anda. Pilihan format ini merupakan sebuah alternative dari format range, contohnya 192.168.0.1-40
  4. CIDR Format merupakan format yang digunakan untuk memblokir subet yang berasal dari IP secara spesifik. Contohnya 192.168.0.1/32.
  5. IP Tertentu adalah sebuah format yang bisa menentukan tiga angka pertama dari sebuah IP contohnya dalah 192. Tentu saja sistem nantinya akan bisa memblokir seluruh alamat IP yang diawali dengan angka 192. Contohnya 192.xxx.x.x.

cara blokir IP

Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess di cPanel

Sebenarnya, cara blokir IP Address di cPanel sangat mudah. Karena yang diperlukan adalah cPanel hosting dan juga alamat IP yang akan Anda blokir. Anda juga harus memastikan bahwa alamat IP sudah benar. Dan jangan sampai salah malah memblokir alamat IP yang lain. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Login dalam cPanel

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah melakukan login cPanel. Anda bisa masuk ke dalam cPanel dengan cara mengetik https://namadomain/cpanel yang sudah disesuaikan dengan email yang dikirim oleh penyedia layanan hosting Anda.

  1. Pilihlah Menu IP Blocker

Pada form pencarian nantinya, ketiklah “IP Bloker”. Maka, nantinya akan muncul beberapa menu IP Blocker. Biasanya menu ini disebut dengan IP Deny Manager. Namun pada prinsipnya isinya tetap sama.

  1. Tuliskan Alamat IP yang akan di Blokir

Selanjutnya, Anda harus menuliskan alamat IP atau domain yang nantinya akan Anda blokir. Sehingga ketika Anda menambahkan alamat IP address, maka pemilik dari pengguna atau pemilik dari alamat IP tersebut tidak akan bisa mengakses website milik Anda. Untuk menuliskan alamat IP Addres bisa dengan menggunakan format yang sudah ditetapkan. Sehingga nantinya, akan langsung mengarah ke alamat IP tertentu, atau dapat mengarah ke rentang alamat IP tertentu. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memblock IP Address dengan format IPv4 atau IPv6.

Selanjutnya, ketika IP Address sudah berhasil dimasukkan, Anda bisa langsung meng-klik Add. Selanjutnya alamat IP sudah otomatis berhasil ditambah dalam daftar blokir Anda.

Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess

Tidak hanya dengan menggunakan menu IP Blocker saja, Anda juga bisa melakukan blokir alamat Ip dengan menggunakan file .htaccess. Jika Anda lupa cara mengakses file .htaccess, Anda bisa masuk ke dalam cPanel kemudian pilih pada menu File Manager. Nah, jika file .htaccess tidak terlihat, Anda perlu memperlihatkannya terlebih dahulu. Sebagai pengetahuan, file .htaccess adalah sebuah file yang tersembunyi atau yang biasa dikenal dengan istilah hidden files. Oleh karena itu, Anda hanya perlu memperlihatkan file .htaccess dengan meng-klik setting yang terdapat di sebelah kanan atas. Kemudian, klik pada show hidden files. Pilihlah file .htaccess dan klik edit.

cara blokir IP

Untuk memblokir alamat IP Anda bisa mengetikan seperti berikut:

Order allow, deny

Allow from all

Deny from 192.168.0.3

Sebenarnya, Anda juga dapat memblokir semua pengguna yang mengakses website Anda dan hanya mengijinkan user tertentu saja. Contohnya, ketika Anda hanya mengijinkan IP 45.123.87.11 dan rentang IP 245.123.0.0/12 saja yang bisa mengakses website Anda.  Contohnya sebagai berikut:

Deny from all

Allow from 45.123.87.11

Allow from 245.123.0.0/12

Selain itu berikut adalah cara memblokir alamat IP secara multiple:

order allow,deny

deny from 130.0.0.1

deny from 130.0.0.2

deny from 130.0.0.3

allow from all

atau

order allow,deny

deny from 192.168.11.12/21

deny from 112.0.0.2/22

deny from 122.0.0.3/30

allow from all

cara blokir IP

Cara Agar IP Tidak Terblokir Kembali

Jika Anda sudah tidak berkeinginan untuk memblokir alamat IP yang sama, maka Anda bisa melakukan scrolling ke bagian bawah. Selanjutnya Anda akan dihadapkan table yang berisi tentang IP Adress yang sudah di blokir. Yang bisa Anda lakukan adalah memilih IP Addres yang diinginkan kemudian klik pada Delete. Nantinya, IP Address yang Anda pilih tidak akan di blokir. Atau dengan kata lain, user yang mempunyai alamat IP tersebut dapat kembali mengakses website Anda.

Tahapan Cara Blokir IP Menggunakan .htaccess

Pada tahapan cara blokir IP menggunakan .htaccess adalah hanya dengan memasukkan alamat IP yang sudah tertera nama domain didalamnya. Selanjutnya Anda bisa langsung melanjutkan untuk melakukan blokir. Kemudian, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah pesan yang memberitahukan bahwa alamat IP yang Anda masukkan sudah tidak dapat mengakses website milik Anda. Biasanya akan diikuti dengan munculnya sebuah pesan pop up atau pesan notifikasi yang memberitahukan bahwa alamat IP Anda tidak dapat mengakses website. Sehingga Anda akan lebih paham cara penerapannya. Terkesan mudah dan sangat bisa Anda coba. Sebenarnya, Anda juga bisa memilih untuk Go Back, agar bisa kembali ke halaman sebelumnya. Nantinya, Anda akan dihadapkan dengan Currently Blocked IP Address. Pada halaman tersebut Anda akan melihat server setting, beginning IP dan juga endng IP. Selanjutnya pada tombol action, nantinya akan memudahkan Anda dalam melakukan konfigurasi lanjutan.

Keuntungan Blokir IP Menggunakan .htaccess

Dengan mengambil keputusan untuk memblokir akses menuju IP Addres merupakan keputusan yang Anda ambil agar bisa melindungi website. Dari berbagai ancaman atau gangguan yang signifikan. Sebenarnya, hal tersebut bisa sangat mudah dilakukan, asalkan Anda tahu bagaiman cara mempraktekkan dan menerapkan semuanya dengan mudah dan benar. Tidak hanya itu, Anda juga nantinya dapat semua kemudahan. Selain itu Anda juga bisa membuat situs website milik Anda akan semakin aman dari berbagai ancaman bahaya yang bisa menyerang kapan saja. Point yang paling utama adalah bagaimana agar Anda dapat melindungi IP Adress Anda.

cara blokir IP

Memblokir alamat IP biasanya bertujuan untuk melindungi website Anda dari pihak yang ingin melakukan hack. Atau bisa jadi melindungi website Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan melakukan pemblokiran terhadap alamat IP tersebut website Anda akan lebih aman. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.