6 Cara Blok Komentar Spam Di Wordpress
Blog Tutorial

6 Cara Blok Komentar Spam Di WordPress

Sayangnya, komentar spam adalah fakta nyata di internet. Jika Anda mengaktifkan komentar di situs web Anda, Anda harus berurusan dengan spammer. Untuk mencegah situs Anda membuat kesan pertama yang buruk, Anda perlu menemukan cara untuk menghentikan komentar spam itu.

Meskipun Anda mungkin tidak pernah dapat menghapus spam sepenuhnya, Anda dapat melakukan banyak hal untuk memperlambatnya. Untuk pengguna WordPress, ada banyak tweak sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan memblokir atau menyembunyikan komentar ini sebelum pengunjung Anda melihatnya. Anda bahkan dapat menggunakan plugin anti-spam yang kuat untuk mengamankan pertahanan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan berbicara sedikit tentang apa itu komentar spam dan mengapa itu terjadi. Kemudian kami akan menunjukkan kepada Anda enam cara mudah untuk menghentikan spam komentar di situs WordPress Anda. Mari lihat!

Apa Itu Komentar Spam

 

komentar spam
idwebhost

 

Jika Anda mengizinkan komentar di situs Anda, Anda pasti akan mendapatkan beberapa spam komentar. Seiring situs Anda semakin populer, spam itu cenderung menjadi masalah yang lebih besar. Ada banyak jenis spam komentar hari ini, tetapi sebagian besar adalah otomatis, diposkan oleh bot spam yang menggunakan pesan singkat dan umum sebagai penutup untuk menyertakan tautan.

Apa pun bentuknya, komentar spam adalah masalah nyata karena:

  • Bila bagian komentar Anda dipenuhi dengan pesan spam, lebih sulit bagi pengunjung untuk melakukan percakapan.
  • Mengosongkan komentar spam pada konten Anda membuat situs Anda terlihat tidak profesional.
  • Banyak komentar ini termasuk tautan buruk, yang dirancang untuk mengelabui pengunjung agar memberikan informasi pribadi.
  • Terakhir, penting untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk menghentikan spam komentar muncul di situs WordPress Anda.

Untungnya, ini tidak sulit untuk dilakukan setelah Anda mengetahui cara yang tepat.

Cara menghentikan spam komentar di situs WordPress Anda (6 solusi sederhana) Enam solusi berikut adalah cara cerdas untuk menghentikan spam komentar  di situs web Anda. Anda dapat mencoba semua metode ini, atau pilih yang paling relevan dengan kebutuhan Anda.

6 Cara Blok Komentar Spam Di WordPress

1. Kurangi jumlah tautan yang diizinkan per pos

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sebagian besar spam komentar dirancang untuk menambahkan tautan di bagian komentar Anda dan mengelabui orang agar mengkliknya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memblok spam adalah dengan mengizinkan lebih sedikit tautan di komentar Anda. Pengunjung yang lain juga akan dicegah untuk mem-posting banyak tautan.

Dari dashboard WordPress Anda, Anda dapat menavigasi ke Pengaturan → Diskusi untuk membuat perubahan ini. Cari bagian Moderasi Komentar:

 

blok komentar spam habis
idwebhost

 

Di sini Anda dapat memutuskan berapa banyak tautan yang akan diizinkan dalam komentar sebelum ditandai sebagai moderasi. Anda bahkan dapat mengurangi jumlahnya menjadi nol jika Anda ingin meminta moderasi untuk komentar apa pun dengan tautan.

2. Buat daftar kata-kata ‘daftar hitam’

daftar hitam spam komentar
idwebhost

Banyak komentar spam mengandung banyak kata kunci yang dapat dikenali. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengenali mereka dan menghentikannya muncul di situs web Anda. Anda cukup membuat ‘daftar hitam’ kata-kata, dan situs Anda akan menandai komentar apa pun yang berisi salah satunya.

Untuk melakukan ini, kembali ke Pengaturan → Diskusi di dashboard WordPress Anda dan temukan bagian Komentar Blacklist

Di sini, Anda dapat memasukkan daftar kata-kata Anda. Ketika ada komentar yang diposting yang berisi salah satu dari kata-kata itu, itu akan dikirim langsung ke tempat sampah. Tentu saja, penting untuk memilih kata-kata dalam daftar hitam Anda dengan hati-hati, sehingga Anda tidak menghapus komentar oleh poster yang sah. Untuk saran, Anda dapat memeriksa daftar hitam komentar yang direkomendasikan untuk WordPress di GitHub.

Baca Juga : Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda

3. Batasi hak komentar untuk pengguna terdaftar

Tujuan kebanyakan spammer adalah mengepos sebanyak mungkin halaman dan situs. Ini berarti jika Anda dapat membuatnya lebih menantang bagi mereka untuk menambahkan komentar mereka ke situs Anda, mereka mungkin hanya melanjutkan ke target berikutnya.

Anda dapat mencapai ini dengan membatasi hak akses komentar kepada orang-orang yang telah terdaftar di situs Anda. Ini menempatkan rintangan ekstra antara spammer dan bagian komentar Anda. Sebagai manfaat sampingan, ini mendorong pengunjung untuk mendaftar akun atau keanggotaan.

Pilihan ini juga tersedia di bagian Pengaturan → Diskusi di WordPress. Anda akan menemukannya di bawah Setelan komentar lain. Cukup centang kotak berlabel Pengguna harus terdaftar dan masuk untuk berkomentar, dan menyimpan perubahan Anda.

4. Siapkan sistem moderasi komentar

Singkatnya, komentar moderasi adalah ketika Anda meminta beberapa atau semua komentar untuk disetujui oleh seseorang sebelum mereka diizinkan untuk tampil di situs Anda. Jika Anda punya waktu lebih, ini bisa menjadi strategi cerdas.

Di WordPress, Anda dapat mengaktifkan sistem moderasi komentar dengan sangat mudah. Cukup kembali ke Pengaturan → Diskusi, dan periksa bagian Sebelum komentar muncul.

Dengan memilih Komentar harus disetujui secara manual, komentar apa pun yang dibuat di situs Anda akan ditahan hingga Tertunda hingga ditinjau. Anda kemudian dapat memeriksa masing-masing, dan memutuskan apakah akan membiarkannya melalui atau membuangnya.

5. Gunakan plugin anti-spam

 

plugin akismet terbaik
idwebhost

 

Akhirnya, kami akan tidak lupa untuk tidak menyebutkan plugin anti- spam. Alat-alat ini dapat menghadirkan cara ampuh untuk menghentikan spam komentar dan dapat menangani penyortiran komentar baik dari yang buruk untuk Anda. Banyak instalasi WordPress yang dilengkapi dengan Akismet, dan apa sih kelebihannya :

Plugin anti-spam ini terhubung ke basis data spam yang diperbarui secara terus-menerus, jadi sangat mahir mengenali komentar mana yang bermasalah dan memfilternya. Ini juga memungkinkan Anda untuk melihat komentar apa yang telah ditandai.

Akismet adalah pilihan yang ampuh untuk sebagian besar pengguna, tetapi ada banyak alternatif yang sangat baik. Misalnya, Antispam Bee adalah plugin yang telah ditinjau dengan baik dengan banyak pengaturan dan fitur yang dapat disesuaikan. Plugin apa pun yang Anda pilih, Anda akan mengambil langkah penting untuk menghentikan spam komentar di situs web Anda.

6. Pindah ke sistem komentar baru (seperti Disqus)

Metode ini tidak akan berfungsi untuk semua situs, tetapi beberapa sistem komentar pihak-ketiga, seperti Disqus, dapat membantu menghilangkan sebagian besar spam untuk Anda.

Kesimpulan

Komentar spam dapat dengan cepat mengacaukan situs Anda, membuatnya terlihat tidak profesional dan mendorong pengunjung lain pergi. Membersihkan semua spam yang faktanya memang merugikan. Ini berarti Anda harus sangat teliti untuk mengembangkan strategi anti-spam yang kuat.

Untuk menghentikan spam komentar di situs WordPress Anda, Anda dapat :

  1. Kurangi jumlah tautan yang diizinkan per pos
  2. Buat daftar kata ‘daftar hitam’
  3. Siapkan sistem moderasi komentar
  4. Batasi hak akses komentar untuk pengguna terdaftar
  5. Gunakan plugin anti-spam, seperti Akismet.
  6. Pindah ke plugin komentar pihak ketiga.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara yang telah kami paparkan di atas? Tanya kami di bagian komentar di bawah ini!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.