Ini Dia 5 Cara Bikin Konten Viral!
Blog Tips Keren

Ini Dia 5 Cara Bikin Konten Viral!

Konten viral adalah impian banyak orang. Siapa yang tidak ingin kontennya viral? Semua konten kreator bisa dibilang selalu berharap konten yang mereka buat akan selalu viral. Membuat konten viral pun sekarang jadi salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah brand, terutama dalam dunia media website. Media website selalu membutuhkan konten viral entah tentang berita atau konten lucu-lucuan agar kemudian konten tersebut bisa tersebar dengan cepat dan menarik perhatian banyak orang. Terkadang konten kreator tidak berpikir apakah konten mereka bagus atau tidak, baik atau buruk, yang terpenting adalah konten itu viral. Padahal niat semacam itu justru tidak cukup baik. Karena sebenarnya ada beberapa tips atau cara bikin konten viral.

Seperti yang kita tahu, konten adalah bagian yang sangat penting ketika kamu ingin menjalankan sebuah strategi dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital. Konten bisa berbentuk banyak hal, mulai dari artikel, video, foto, dan lain sebagainya. Nah, untuk mendapatkan konten viral, sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu gunakan untuk meracik sebuah konten viral. Berikut ini 5 cara bikin konten viral;

1. Buatlah Konten yang Menjangkau Banyak Pihak

Cara bikin konten viral yang pertama adalah membuat konten dengan niche yang seluas-luasnya. Niche seluas-luasnya artinya konten yang kamu buat harus bisa menjangkau banyak pihak. Bukan hanya satu atau dua kelompok saja. Tapi usahakan untuk membuat konten yang bisa terjangkau oleh banyak pihak. Terjangkau disini artinya bisa jadi sesuai dengan selera mereka, sesuai dengan kondisi mereka, dan lain sebagainya. Kamu pastinya juga harus membuat konten yang bisa diterima oleh banyak orang. Konten-konten semacam inilah yang puny akesempatan besar untuk bisa viral. Biasanya ke-viral-an konten itu karena banyak orang menganggap bahwa informasi yang ada di dalam konten tersebut bisa diterima, mereka setujui, dan bisa disebarkan oleh mereka.

 

 

Orang-orang semacam memiliki ikatan emosional yang penting dengan konten yang kamu buat sehingga mereka akan membagikan konten tersebut. Itu juga bagian dari membuat konten yang “terjangkau” untuk banyak orang. Ketika seseorang sudah suka, terikat secara emosional, maka secara otomatis mereka akan membagikan konten yang kamu buat.

2. Topik Harus Lengkap!

Pasti kamu kemudian bertanya, bagaimana bisa menjangkau banyak orang sementara banyak orang itu pasti punya kesukaan yang berbeda-beda? Jawabannya sederhana, kamu hanya harus membuat konten dengan topik yang lengkap. Semakin lengkap topik kamu, maka akan semakin besar kemungkinan konten yang kamu buat viral. Misalnya, ketika kamu membuat website media yang umum, pastikan kamu membahas banyak hal. Mulai dari politik, olah raga, hingga kriminal. Dimana semua topik itu pasti memiliki penggemarnya sendiri. Semakin banyak topik yang kamu buat, maka semakin banyak pula pihak yang terjaring dengan konten yang kamu buat. Selain itu, ketika kamu membuat konten, cara bikin konten viral adalah dengan membahas sebuah topik dari sudut pandang yang lain dan juga dengan data yang lengkap dan tervalidasi dengan baik. Sehingga kredibilitas kontenmu bisa terjamin dan orang-orang akan tanpa ragu membagikan konten tersebut.

Belum lagi ketika setiap konten yang kamu buat adalah konten yang valid, maka websitemu akan menjadi semacam website rujukan. Dimana website tersebut jadi dipercaya banyak orang dan kamu bahkan tidak perlu sulit memikirkan konten yang bakal viral, karena setiap kontenmu pasti akan viral.

3. Fokus Pada 1 Niche

Tips cara bikin konten viral yang ketiga adalah fokus pada 1 niche atau 1 target pasar saja. Kalian pasti akan ngedumel. Ketika di atas dibilang untuk menjangkau sebanyak-banyaknya pihak, tapi di bawah dibilang untuk fokus pada 1 niche atau 1 pihak saja. Jadi yang benar yang mana? Semuanya benar, tinggal mana yang paling tepat. Bagaimana menemukan yang paling tepat? Caranya adalah dengan bertanya pada dirimu sendiri, konten apa yang kamu buat, untuk siapa konten itu kamu buat dan kenapa kamu membuat konten tersebut. Sekarang kalau kamu ditanya, mana yang lebih penting, mendapatkan 100 pembaca tapi hanya mampir, atau mendapatkan 10 pembaca tapi benar-benar membaca, meresapi, suka, lalu membagikan. Mana yang paling penting?

 

 

10 pembaca yang benar-benar punya kualitas bagus itu pasti jauh lebih penting dari pada 100 pembaca yang sekedar berkunjung. 10 pembaca itu bisa mempengaruhi 10 pembaca berkualitas lain dan terus akan menggurita. Itu akan sangat bagus kan efeknya bagi kontenmu. Tak ayal konten yang kamu buat bisa viral.

Jadi putuskan niche mana yang akan kamu target. Tentukan target pasarmu lalu fokuslah disana. Buatlah konten yang beda di target pasar tersebut. Meminjam kata Pandji Pragiwaksono “Sedikit lebih beda, lebih baik dari pada sedikit lebih baik”. Jadi buatlah konten dengan konsep yang berbeda meskipun topik pembahasan yang sama. Kamu bisa memilih sudut pandang yang lain yang berbeda dan bentuk konten yang berbeda. Dengan begitu orang akan lebih cepat tertarik melihat konten yang kamu buat dari pada kamu membuat konten yang sejenis dengan topik yang sama.

4.     Cara Bikin Konten Viral yang Enak Dilihat

Cara bikin konten viral yang selanjutnya adalah membuat format atau penataan yang enak dilihat. Bagian ini juga bisa dibilang sangat penting. Setelah kita utak-atik soal isi konten, target konten, dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan konten, jangan lupa untuk membuat konten yang enak dilihat. Artinya format konten tersebut harus enak dilihat dan bisa dinikmati. Misalnya soal konten artikel, buatlah artikel yang juga ada gambarnya, sedikit video penjelasan, dan lain sebagainya sehingga tidak hanya berisi tulisan. Dengan begitu kontenmu akan jadi lebih menarik bagi banyak orang. Orang tidak akan cepat bosan melihat konten yang kamu buat.

Begitu juga dengan video. Ketika kamu hanya membuat video sekedarnya, maka jangan harap videomu akan dilihat dan disukai banyak orang. Akan sulit untuk mendapatkan hal itu.

 

 

5. No Click Bait!

Cara bikin konten viral yang terakhir adalah menghindari membuat konten yang ada click baitnya! Hal ini sangat sering terjadi dan dilakukan oleh banyak konten kreator agar konten mereka cepat viral. Memang, konten mereka akan cepat viral, tapi setelah itu orang-orang akan jadi tidak suka dengan konten-konten yang kamu buat dan efeknya kamu tidak akan mendapatkan pembaca sama sekali. Sederhananya, mereka merasa tertipu. Mereka kemudian tidak akan datang lagi ke websitemu karena mereka berpikir kalau apapun konten yang kamu buat, semuanya click bait. Sangat disarankan untuk menghindari click bait ya kawan-kawan! Selain itu jangan sampai kamu juga membuat HOAX. Ingat, sekarang sudah ada UU ITE dimana siapapun yang menyebarkan dan membuat HOAX akan dipenjara. Jadi, hati-hati. Viral itu memang tujuan yang baik, tapi pakailah cara-cara yang baik.

Itu tadi beberapa cara bikin konten viral. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!