Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula
Blog Digital Marketing Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula

Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula

Sebagai bagian dari penduduk bumi, Anda tentu akrab dengan perubahan teknologi. Teknologi yang selalu berubah setiap waktu turut mempengaruhi manusia dalam mengahadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali dalam bidang teknologi. Setiap penemuan teknologi baru selalu memberikan pengaruh bagi kehidupan. Salah satu pennemuan terpenting di era modern adalah teknologi bernama internet. Teknologi yang awalnya hanya diperuntukkan untuk kalangan militer saja, kini dapat dinikmati oleh banyak orang. Salah satu imbas dari hadirnya intenet adalah berkembangnya cara sesoarang memasarkan produknya. Bila dulu orang harus ke pasar untuk melakukan jual beli, kini untuk bertransaksi, hanya dari layar gawai, semua bisa melakukan jual beli. Metode ini ini dikenal dengan internet marketing. Dengan jumlah pengguna internet yang selalu bertambah setiap tahunnya, internet marketing adalah sesuatu yang wajib dipelajari siapa saja. Berikut cara belajar internet marketing termudah bagi pemula.

Apa itu Internet Marketing?

Sebelum lebih jauh melangkah ke cara belajar internet marketing termudah bagi pemula, ada baiknnya Anda memahami dulu apa itu internet marketing. Internet marketing, atau juga lazim disebut sebagai digital marketing proses untuk mempromosikan merek, barang, atau produk dan layanan dengan menggunakan internet sebagai sarananya.

Penggunaan sarana internet ini akan sangat membantu dalam peningkatan lalulintas pengunjung, leads, dan juga sales. Serupa dengan pemasaran konvensional, internet marketing juga mencakup taktik, strategi berupa konten, email marketing, iklan dan lain sebagainya.

Menjadi Seorang Marketer Handal

Untuk menjadi seorang maketer handal memang diperlukan waktu yang tak sebentar. Perlu proses dan pengalaman yang cukup panjang. Bila Anda sudah mengetahui tentang marketing tradisional, tak akan butuh waktu lama utuk mengerti dasar-dasar dari internet marketing. Keduanya adalah serupa namun tak sama.

Secara umum ada beberapa masalah yang kerap dihadapi oleh seorang pemula dalam dunia internet marketing. Beberapa diantaranya adalah kebingungan produk apa yang ijual, tidak tahu cara riset kompetisi yang benar, dan tak tahu cara memasarkan produk dengan baik. Langkah di bawah ini akan membantu Anda untuk belajar internet marketing bagi pemula.

Riset Produk

Riset produk adalah kunci utama dalam dunia internet marketing. Dalam bisnis online, semuanya adalah tentang keinginan pasar, bukan keinginan Anda sebagai pemasar semata. Dengan menjual produk yang sedang tren atau yang dibutuhan pasar, maka akan semakin tinggi peluang profit yang akan Anda dapatkan.

Dalam cara belajar internet marketing bagi pemula, langkah termudah untuk melakukan riset produk adalah dengan mencari apa yang sedang menjadi best seller di platform online marketplace. Cara lain yang lazim digunakan adalah dengan melakukan riset di google trends. Google trends adalah aplikasi bsutan google yang selalu dijadikan rujukan oleh para ahli internet marketing untuk menentukan produk yang dijualnya. Berikut cara riset menggunakan Google trends.

  • Langkah 1, bukalah google trends, dan Anda bisa login menggunakan akun google anda.

Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula

  • Langkah 2: Kemudian pada kotak pencarian, tulislah produk yang ingin Anda jual. Misalnya Anda ingin menjual jasa pembuatan website.
  • Langkah 3: Setelah selesai, maka akan muncul grafik seperti gambar dibawah. Silakan amati trennya. Apabila grafik stabil berarti permintaan akan sepatu futsal orginal murah stabil setiap bulannya.

Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula

Riset Kompetitor

Setelah memutuskan produk yang akan djual, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah riset kompetitor. Ini penting dilakukan agar Anda paham siapa saja yang anda hadapi di pasar. Dari riset ini nantinya Anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan jenis, sehingga bisa mempelajari cara agar bisa memenangkan persaingan di pasaran.

Cara paling gampang untuk mempeljari kompetitor adalah melihat produk yang akan Anda jual di marketplace-marketplace ternama di negeri ini. Untuk penentuan harga, Anda bisa menggunakan sistem Leader Pricing, yaitu menentukan harga lebih rendah dari harga pasaran. Meskipun memasang hargalebih rendah bukan berarti Anda mengesampingkan kualitas produk.

Cara ini memang akan menurunkan sedikit keuntungan Anda, namun sangat penting untuk menggiring calon konsumen untuk melirik produk Anda.

Marketing

Langkah terakhor dalam mempelajari internet marketing, apalagi kalau bukan marketing. Ada banyak pilihan strategi internet marketing yang bisa Anda gunakan. Karena masing-masing saluran internet marketing memiliki kekhasannya sendiri, Anda wajib mengetahui karakter dari setiap saluran pemasaran.

Cara Belajar Internet Marketing Termudah Bagi Pemula

  • Facebook Marketing

Facebook adalah sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia saat ini. Karenanya, melakukan pemassaran menggunakan platform besutan Mark Zuckerberg ini sangat menjanjikan. Anda bisa membuat fan page untuk meningkatkan brand awareness produk Anda, dan mengisinya dengan konten yang menarik.

Lalu untuk membantu meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunnakan fotur facebook ads yang jangkauannya bisa disesuaikan dengan budget Anda.

  • Youtube Marketing

Youtube adalah platform berbagi video dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Setiap harinya ada ratusan juta orang yang mengakses You Tube untuk menonton video favorit. Anda cukup membuat channel yang berisi konten yang mengulas produk Anda. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan strategi ini untuk meningkatkan branding mereka di dunia maya.

  • Website Marketing

Dalam persaingan di dunia bisnis online, calon pelanggan akan menilai kredibilitas duatu toko dari website yang dimiliki si penjual. Semakin bagus tampilan dan isi website toko, mampun meningkatkan keercayaan calon konsumen. Dengan website yang bagus, claon konsumen akan yakin bahwa produk yang Anda jual bukanlah sesuatu yang asal-asalan.

  • Content Marketing

Dalam dunia internet marketing sangat dipercaya istilah content is a king. Konten adalah raja. tanpa konten yang bagus, sebagus apapun website Anda tak akan mampu menarik orang untuk berkunjung. Content marketing membuat Anda meninggalkan cara tradisional dan menggunakan cara yang lebih elegan dalam memasarkan produk.

Anda bisa membuat konten menarik berupa artikel, video, audio, dan presentasi. Dengan kata lain yang Anda jual disini adalah nilai-nilai dari produk Anda. Karena di masa sekarang ini, umumnya orang-orang kurang suka melihat konten advertorial yang blak-blakan atau hard sell.

Mengkuti Kursus Online

Ada kalanya Anda merasa kesulitan saat mempelajari internet marketing secara otodidak. Tapi jangan khawatir. Saat ini banyak sekali bertebaran online course di internet. Bisa dibilang, inilah cara belajar internet marketing termudah bagi pemula.

Mengikuti kursus online menawarkan kepraktisan dan kemudahan bagi Anda yang sibuk. Anda bisa membuka video pembelajaran sesuka hati. Sangat menyenangkan bukan? Beberapa kursus online terpopuler saat ini antara lain Udemy, Coursera, dan Udacitiy.

Kesimpulan

Internet marketing akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Banyak cara untuk mempelajarinya. Namun bagi Anda yang masih belum familiar, inilah cara belajar internet marketing termudah bagi pemula. IDwebhost memiliki tim internet marketing andal yang siap membantu menaikkan peringkat website Anda di papan atas mesin pencarian google. Tidak percaya ? Hubungi kami disini.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis