Cara Agar Tetap Untung Bisnis Online Meski Saat Pandemi
Blog Bisnis Online Cara Agar Tetap Untung Bisnis Online Meski Saat Pandemi

Cara Agar Tetap Untung Bisnis Online Meski Saat Pandemi

Pernah terbayang untuk menjalankan bisnis online saat pandemi? Mau dianggap mudah, nyatanya, menjalankan bisnis di dunia maya tidak seremeh apa yang sering Anda dengar. Lebih-lebih jika Anda baru saja akan memulainya. Tetapi, mau dianggap sulit pun, nyatanya banyak orang yang sukses menggeluti bisnis online tersebut. Terlebih saat pandemi seperti ini memaksa semua orang untuk melakukan segala kegiatan serba terbatas. Bahkan banyak dari karyawan yang mulai diberhentikan akibat dampak pandemi yang masih belum teratasi. Bahkan bisnis-bisnis yang offline sekalipun banyak yang berdampak hingga omset turun drastis. Yang menjadi perhatian saat ini adalh bisnis online yang masih terus meningkat meski adanya pandemi yang memaksa orang harus dirumah dan jaga jarak.

Mungkin Anda sudah mulai ada gambaran ingin membuka bisnis online atau toko online yang memang masih berpeluang besar untuk dijalankan saat ini. Jadi, bagaimana untuk memulainya? Anda hanya perlu mempersiapkan sebaik mungkin strategi yang ada dan memang hanya itu saja yang terpenting. Kemudian jalankan dengan sebaik mungkin akan tetapi dengan tetap memperhatikan langkah-langkah yang terbaik dan tepat. Kemudian untuk referensi dan Inspirasi bisnisnya, Anda bisa baca lengkap di bawah ini!

Tentukan Bidang Bisnis Anda

Tentukan Bidang Bisnis Online Anda

Menentukan bidang bisnis yang ingin digeluti, akan sangat menentukan kemana fokus bisnis Anda berjalan. Anda tentu paham, produk yang bisa dijual itu beragam. Maka, untuk memilih produk beberapa produk yang ada, pastikan untuk menentukan bidangnya terlebih dahulu.

Jika sudah ditentukan bidangnya, lantas bagaimana? Mulai tentukan produk-produk terkait. Jika bidang bisnis Anda kesehatan dan kecantikan, misalnya, maka menjual produk-produk kosmetik dan kecantikan adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa menambah produk jasa di bidang yang sama, tidak melulu produk fisik. Misalnya, Anda menawarkan jasa konsultasi perawatan wajah sekaligus menjual produk kecantikan Anda sendiri.

Apakah hanya satu bidang bisnis atau banyak bidang yang boleh digeluti? Jika Anda mampu, boleh saja menggeluti semua bidang bisnis. Tetapi, jika tidak, jangan lakukan. Alasannya, masing-masing bidang bisnis memiliki strategi berbeda. Pasarnya pun tentu berbeda. Sedang begitu, menentukan strategi dan mencari pasar adalah hal yang tidak bisa dibilang mudah.

Tentukan Produk Bisnis Anda

Tentukan Produk Bisnis Online Anda

Sudah lazim, produk dari bisnis online yang dibangun bukan hanya satu atau dua produk saja. Untuk awal-awal, mungkin Anda cukup fokus dengan satu produk untuk mendapatkan reputasi toko yang baik. Akan tetapi, lambat laun pasti Anda butuh produk tambahan yang masih terkait dengan produk Anda sebelumnya.

Nah, bidang bisnis yang Anda tentukan di awal, akan menjadi orientasi untuk memilih produk tambahan yang bisa ikut dijual. Produk tambahan ini semacam menjadi sub-produk turunan dari produk Anda sebelumnya. Atau, produk tersebut merupakan produk lain yang umumnya dibutuhkan konsumen Anda untuk melengkapi produk Anda sebelumnya.

Sebagai contoh, Anda menjual produk kosmetik dan menawarkan jasa konsultasi. Kemudian, Anda merasa konsumen membutuhkan alat pijat wajah untuk perawatan secara mandiri. Maka Anda jual alat tersebut. Semacam itu lah.

Jika Anda bertanya, mana yang lebih bagus antara menjual beberapa produk dan langsung menjual banyak produk dalam waktu bersamaan? Jawabannya, setiap pilihan ada sisi kelebihan dan kekurangannya. Menjual beberapa produk saja akan membuat Anda fokus untuk mengambil strategi penjualan produk tersebut. Dengan begitu, kekuatan Anda untuk menjual produk mungkin bisa dimaksimalkan.

Namun, jika pilihan Anda adalah menjual banyak produk secara langsung, itu pun tidak mengapa. Sebab, bisa jadi itu menjadi strategi untuk melihat respon pasar. Ini juga menjadi semacam tester untuk melihat peluang pasar produk-produk Anda. Meski demikian, tentu Anda akan cukup kesulitan untuk menentukan strategi penjualan banyak produk tersebut. Lebih-lebih di awal Anda menggeluti bisnis ini.

Tentukan Target Pasar Produk Anda

Tentukan Target Pasar Produk Anda

Menentukan bidang bisnis sudah. Menentukan produk juga sudah. Selanjutnya, Anda harus paham betul target pasarnya.
Bagaimana cara menentukan target pasar suatu produk? Di sinilah pentingnya Anda memahami produk Anda. Setiap produk, umumnya dibuat untuk mengatasi suatu masalah tertentu.

Orang yang memiliki masalah tersebut, adalah target pasar dari produk.
Jika produk Anda adalah produk yang general, itu lebih mudah lagi. Tinggal pintar-pintarnya Anda untuk melakukan pendekatan pasar. Tetapi, jika produk Anda adalah produk yang spesifik, Anda harus jeli mencari pasarnya. Dan ini kembali lagi pada bagaimana Anda mengenali produk Anda.

Lakukan Promosi dengan Halus

Lakukan Promosi dengan Halus

Setelah Anda tahu benar siapa target pasar, baru lah Anda bisa melakukan langkah ini, yakni melakukan promosi. Lalu, apakah tidak bisa melakukan promosi tanpa perlu target pasar terlebih dahulu?

Bisa saja. Tapi kemungkinan promosi Anda mendapat respon akan sangat kecil. Ini karena Anda menawarkan produk pada orang yang sama sekali tidak membutuhkan produk tersebut. Atau dengan kata lain, Anda salah sasaran menawarkan produk. Bayangkan saja, Anda menawarkan papan penggilasan kepada ibu-ibu yang lebih senang memakai mesin cuci. Tawaran Anda pasti mendapat respon negatif.
Kecuali, Anda pandai mengatur kata sehingga bisa mengubah pola pikir ibu-ibu tersebut. Katakanlah, Anda meyakinkan mereka bahwa papan gilas memiliki manfaat untuk cuci baju mahal. Sedang baju mahal akan cepat rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci. Ini kecuali.

Baca juga: 10 Langkah Memulai Bisnis Online Saat Pandemi Covid-19

Pengertian Cash On Delivery (COD) saat jual beli online

Bangun Website Toko Online Anda Sendiri

Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk-produk yang Anda miliki salah satunya dengan membuat toko online. Selain memanfaatkan marketplace yang ada seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lain sebagainya maka perlu untuk menggunakan media lain seperti website. Kita ketahui bahwa pengguna Google sangat besar ada jutaan pencarian setiap harinya, maka dengan demikian jika kita bisa mengkolaborasikan marketplace dan website toko online yang Anda miliki pastinya akan berdampak besar pada penjualan nantinya

Untuk membuat toko online sendiri sebenarnya sangat mudah dan murah yang Anda butuhkan adalah domain dan hosting murah saja kemudian tinggal klik dan instal toko online pun sudah siap digunakan. Saat ini membuat toko online sangat mudah bahkan orang awam dalam pemrograman web juga bisa membuat toko online sendiri. Dengan menggunakan CMS toko online solusinya, dimana Anda tidak perlu repot mengurus kode-kode program hanya tinggal klik dan instal saja nantinya. Jika Anda mengalami kesulitan dalam pembuatan website toko online kami juga bisa membantu membuatkannya dengan Jejualan.com jasa pembuatan toko online murah untuk Anda.

Dan baiklah, semoga sedikit ulasan di atas cukup untuk menjadi referensi awal sebelum Anda mulai menggeluti bisnis di dunia maya. Dan jangan lupa, untuk selalu tekun dan ulet menyelesaikan tantangan bisnis. Kenali produk, lakukan promosi halus yang seolah-olah Anda tidak tengah berpromosi, tujuan Anda pasti tercapai.

Akhirnya, selamat bergelut dengan bisnis online. Semoga sukses.