CageFS Security Adalah: Pahami Cara Kerja Selengkapnya di sini!

23 Feb 2024
CageFS Security Adalah: Pahami Cara Kerja Selengkapnya di sini! campaign-unlimited

CageFS Security adalah sistem file tervirtualisasi dengan seperangkat alat yang dapat melindungi setiap pengguna dalam servernya sendiri. Dengan proteksi ini, pengguna CloudLinux kini tidak perlu khawatir lagi sebab dapat memiliki fungsionalitas penuh tanpa pembatasan apa pun.

Beberapa dari kamu mungkin belum terbiasa dengan CageFS Security. Padahal, CgeFS dapat sangat bermanfaat, terutama dalam hal mengamankan akun dan server. Di artikel ini, kami akan menjelaskan CageFS, mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, hingga cara kerjanya. Yuk simak penjelasan kami selengkapnya!

Apa Itu CageFS Security

Tahukah kamu bahwa server, akun hosting, dan bahkan blog WordPress rentan akan peretasan? Menurut perusahaan keamanan cyber, Acronis, berbagai jenis peretasan di Indonesia akan meningkat dengan pesat pada tahun 2023. Melihat prediksi ini, bisa dikatakan CageFS Security adalah solusi keamanan yang tidak dapat diabaikan.

CageFS Security dikembangkan oleh CloudLinux OS untuk Shared Hosting, VPS, dan Dedicated Server. Sistem keamanan ini mengisolasi sistem file setiap klien untuk mencegah mereka melihat data penting satu sama lain.

Dengan proteksi dari CageFS Security, kamu dapat mencegah berbagai serangan, termasuk sebagian besar eskalasi hak istimewa dan pengungkapan informasi. Pada lingkungan pengguna yang diamankan, CageFS akan memberikan akses fungsionalitas penuh tanpa penyesuaian pada script.

CageFS menjalankan proteksinya sekaligus menyediakan lingkungan dengan fungsionalitas yang tidak terbatas, dengan mengisolasi eksekusi script pada Privileged Access Management (PAM) service. Sebagai contoh, seperti LiteSpeed Web Server, Apache, SSH, Cron Jobs, dan lainnya.

Fungsi CageFS Security

CageFS Security adalah sistem yang digunakan untuk mengisolasi struktur cPanel pengguna pada satu host. Sistem ini membangun struktur palsu untuk mengelabui peretas. Dengan cara ini, shell script yang biasa digunakan untuk hacking dengan tipe jumping tidak dapat melihat akun hosting pengguna.

Sederhananya, deface pada satu akun tidak akan berimbas pada akun lainnya. Katakanlah, salah satu akun terkena deface akibat adanya celah keamanan web. Meskipun dalam satu server masih terdapat akun-akun lainnya, CageFS security dapat mencegah kemungkinan akun lain untuk ikut terdeface.

Manfaat CageFS Security

Dengan fungsi utamanya tadi, CageFS Security tentu dapat digunakan sebagai sistem keamanan file yang andal. CageFS bahkan menawarkan sejumlah manfaat yang bagi para penggunanya. Adapun manfaat CageFS Security adalah sebagai berikut ini:

  • Pengguna tidak dapat mengakses atau membaca detail file pengguna lain di server yang sama.
  • CageFS Security melindungi server dengan mengizinkan hanya binari aman yang dijalankan oleh pengguna.
  • Pengguna tidak dapat melihat file konfigurasi server (seperti file konfigurasi Apache), baik secara sengaja atau tidak sengaja.
  • Pengguna akan memiliki pandangan terbatas pada sistem atau proc dan tidak akan dapat mengamati proses pengguna lain di server.
  • CageFS Security membantu pencegahan serangan symlink di server.
  • Meskipun berada dalam ‘kandang’, pengguna akan tetap memiliki lingkungan yang berfungsi penuh untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.
  • Menggunakan modul pemilih PHP, pengguna dapat memilih versi PHP yang mereka inginkan untuk situs web mereka.

Cara Kerja CageFS Security

CageFS Security adalah fitur keamanan yang diinstal sebagai bagian dari paket CloudLinux OS, yang merupakan sistem operasi yang dioptimalkan untuk lingkungan hosting web. Setelah CloudLinux OS diinstal, pengguna selanjutnya dapat mengaktifkan CageFS dan mengkonfigurasikannya menggunakan alat manajemen, seperti LVE Manager atau melalui command line.

CageFS bekerja dengan membuat lingkungan yang terisolasi untuk setiap pengguna, sehingga memastikan bahwa pengguna tidak dapat mengakses atau mempengaruhi file atau konfigurasi pengguna lainnya.

Ini dilakukan CageFS Security dengan menggunakan teknik seperti “file system virtualization” dan “namespace separation”. Setiap pengguna dalam sistem hosting bersama memiliki direktori root terisolasi yang hanya dapat diakses oleh pengguna itu sendiri. CageFS memisahkan setiap akun hosting dalam apa yang disebut “kandang” atau “cage” terisolasi.

Setiap kandang memiliki direktori khusus yang disebut “/home/cagefs/<username>”, yang berisi file dan direktori yang terkait dengan akun hosting tersebut. Kandang ini memastikan bahwa pengguna hanya dapat mengakses sumber daya dan data yang terbatas pada akun hostingnya sendiri.

CageFS juga memungkinkan administrator server untuk mengizinkan atau membatasi akses pengguna terhadap program dan library tertentu di server. Ini dilakukan dengan menggunakan fitur “Proactive Defense” pada CloudLinux OS. Administrator dapat membatasi pengguna untuk menjalankan program berbahaya atau meragukan, sehingga mengurangi risiko keamanan yang mungkin timbul.

Kesimpulan

CageFS Security adalah sistem keamanan yang digunakan pada server web untuk memisahkan dan melindungi pengguna hosting bersama (shared hosting). CageFS bekerja dengan membuat lingkungan yang terisolasi untuk setiap pengguna, sehingga memastikan bahwa pengguna tidak dapat mengakses atau mempengaruhi file atau konfigurasi pengguna lainnya.

Cara kerjanya ini dapat membantu penyedia hosting untuk meningkatkan keamanan dan isolasi antara pengguna hosting bersama. Secara keseluruhan, CageFS Security dapat mengurangi risiko penyebaran malware atau gangguan yang mungkin terjadi dari satu pengguna ke pengguna lainnya.

Fitur CageFS Security Web Hosting IDwebhost

Berpengalaman sejak 2004, IDwebhost telah dipercaya oleh lebih dari 200 ribu pelanggan dari seluruh dunia. Sebagai penyedia teknologi hosting terbaik, IDwebhost selalu berusaha menghadirkan layanan yang paling up to date dengan harga paling terjangkau. Salah satunya adalah teknologi CloudLinux.

Teknologi CloudLinux telah terpasang di setiap server hosting IDwebhost. Dengan teknologi ini, kamu dapat memiliki fitur keamanan dan stabilitas yang sangat baik. Di dalamnya, kamu juga dapat mengoptimalkan perlindungan webmu menggunakan CageFS, yang menyediakan sistem virtualisasi yang bisa digunakan per user file yang ada didalamnya.

Menggunakan layanan hosting IDwebhost akan meningkatkan kecepatan sekaligus keamanan website kamu saat diakses! Kapan lagi menggunakan layanan web hosting dengan teknologi OS populer yang telah dioptimalkan, mulai dari Rp 10 ribuan saja?

Layanan web hosting kami dibekali dengan fitur hebat yang lengkap! Rancang dan sesuaikan sendiri websitemu dengan fitur Web Builder kami. Cukup dengan beberapa klik, website rancanganmu bisa jadi dalam 5 menit! Premium template kami, juga menyediakan lebih dari 300 pilihan template eksklusif!

Dengan jaminan uptime 99,9% dan garansi keamanan IDwebhost, kamu bisa bebas khawatir dari traffic padat pengunjung, sekaligus serangan malware dan hacker! Yuk, coba sekarang dan pilih paket yang sesuai! Tim customer support siap bantu 24 jam buat kasih kamu solusi terbaik untuk membangun website impian!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022