Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini

11 Jan 2023
Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini campaign-unlimited

Ekstensi domain atau Top Level Domain adalah bagian terakhir dari nama domain. Ini adalah huruf yang muncul setelah titik dan ke sisi kanan nama domain. Sebagai contoh, IDwebhost menggunakan domain .com (yaitu idwebhost.com) dan Wikipedia menggunakan domain .org (wikipedia.org). Domain pertama adalah .com, .net, dan .org.

Mereka masih merupakan domain yang paling populer. Seiring waktu berlalu, ekstensi domain baru diperkenalkan. Ini termasuk domain khusus negara seperti .co.id atau .com.de, dan ekstensi umum seperti .travel, .app, .mobi, .photography, dan lainnya.

Hari ini, ada ratusan domain yang tersedia yang dapat digunakan untuk memulai sebuah situs web. Kamu bisa mendaftarkan nama domain dari salah satu pendaftar domain teratas ini. Beberapa pendaftar menawarkan lebih banyak variasi daripada yang lain.

Biaya untuk setiap domain akan bervariasi, dan beberapa yang baru cukup mahal jika dibandingkan dengan ekstensi .com, .net, dan .org yang populer. Setelah membeli nama domain,kamu masih memerlukan hosting terbaik untuk membuat situs web.

Haruskah Pilih Ekstensi Domain Saat Buat Website?

Ketika kamu ingin membuat website, pilihlah nama domain yang tepat karena sangat mempengaruhi keberhasilan situs webmu. Bagian ekstensi dari domain mempengaruhi pencitraan merek. Ekstensi domain baru tidak begitu populer karena kebanyakan orang tidak akrab dengan mereka.

Bahkan, beberapa pengguna mungkin tidak mengenali mereka sebagai nama domain yang tepat. Domain .com telah menjadi identik dengan internet. Hampir 46% dari semua nama domain terdaftar adalah domain .com. Inilah sebabnya mengapa saya menyarankan hanya menggunakan domain .com.

Domain .com mudah diingat. Sebagian besar pengguna internet secara naluriah menggunakan .com ketika memasukkan alamat situs web di browser mereka. Karena popularitas nama domain .com, mereka lebih mudah untuk mempromosikan dan membantumu mengembangkan bisnis. Nama domain .com dapat digunakan untuk buat website hampir di semua jenis.

Fleksibilitas ini juga memberimu kebebasan untuk mengubah lingkup situs web atau bisnis sambil mempertahankan nama merek dan domain lama. Karena keakraban, fleksibilitas, dan potensinya, kami menyarankanmu hanya memilih domain .com untuk situs web baru.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Domain .com Saya Tidak Tersedia?

Ekstensi Domain

Sebagian besar situs web di internet menggunakan ekstensi .com. Ini berarti ada hampir 136 juta nama domain .com sudah terdaftar. Ini akan membuatmu merasa bahwa semua nama domain yang bagus sudah terdaftar. Namun, masih banyak cara cerdas untuk menemukan nama domain .com yang bagus.

Ingat! :

  • Nama domain harus mewakili bisnis dan apa yang kamu lakukan.
  • Kamu dapat mencoba menambahkan kata-kata kecil sebelum atau sesudah nama domain pilihan untuk membuatnya unik.
  • Pastikan nama domain mudah diucapkan. Jangan gunakan tanda hubung atau angka di nama domain.
  • Manfaatkan generator nama domain online. Alat gratis ini akan membantumu menemukan ide nama domain yang masih tersedia.

Jika kamu perlu bantuan lebih lanjut, lihat panduan pemula kami tentang cara memilih nama domain .

Ekstensi Domain Lainnya Yang Tersedia

Ekstensi Domain

Ada ratusan ekstensi nama domain yang tersedia. Saya telah mencoba mengambil beberapa ekstensi umum dan populer untuk memberimu gambaran tentang bagaimana domain ini dimaksudkan untuk digunakan.

Kapan sebaiknya .NET digunakan?

Ekstensi .net adalah ekstensi domain paling populer kedua. Domain ini digunakan oleh jaringan bisnis, penyedia layanan internet, atau jaringan komunitas online. Menggunakannya untuk situs web bisnis yang tidak terkait adalah ide yang buruk untuk merek. Misalnya, kamu bisa menggunakan .net jika menjual perangkat jaringan di situs web tetapi tidak untuk toko pakaian.

Kapan sebaiknya .ORG digunakan?

.Org awalnya diluncurkan untuk melengkapi ekstensi domain .com dan .net. Sangat cocok untuk organisasi nirlaba, amal, agama, atau situs web kesadaran sosial. Menggunakannya untuk bisnis atau situs web pribadi dapat memberi kesan buruk pada pelangganmu. Ada organisasi yang menggunakan .org untuk aktivitas nirlaba mereka dan versi .com dari domain yang sama untuk aktivitas komersial.

Kapan Sebaiknya .BIZ Digunakan?

Ekstensi domain .biz adalah akronim untuk bisnis. Mirip dengan ekstensi .com, .biz dimaksudkan untuk digunakan oleh semua jenis situs web bisnis. Namun, .biz jauh kurang akrab bagi pelanggan yang membuatnya sulit untuk diingat. Ini juga dapat memengaruhi persepsi pelanggan tentang bisnis ketika kamu tidak menggunakan ekstensi .com.

Kapan Sebaiknya .INFO Digunakan?

Ekstensi .info adalah akronim untuk informasi dan dapat digunakan oleh portal informasi atau situs web serupa. Menggunakan ekstensi ini untuk buat website atau blog bisnis dapat memberi kesan yang salah kepada pengguna. Ini juga akan memengaruhi reputasi merek dan sasaran situs webmu dalam jangka panjang.

Kapan Sebaiknya .NAME Digunakan?

Ekstensi .name dimaksudkan untuk digunakan oleh individu. Ekstensi domain baru yang kurang populer ini dibuat untuk memberi orang opsi lain untuk mendaftarkan nama domain untuk situs web pribadi dengan nama mereka sendiri. Karena ketidakbiasaan ekstensi dan ruang lingkupnya, kamu hanya dapat menggunakannya untuk situs web atau blog pribadi. Kamu tidak boleh menggunakannya untuk situs web bisnis kecil.

Kapan Sebaiknya .TV Digunakan?

Secara teknis, ekstensi .tv adalah TLD berbasis negara untuk situs web yang berbasis di Tuvalu (negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik). Namun, domain tersebut digunakan oleh situs web terkait tv di seluruh dunia.

Kamu hanya boleh menggunakan domain ini jika situs web atau bisnismu adalah tentang industri tv. Menggunakannya untuk bisnis atau blog lain akan terlihat aneh. Bahkan, meskipun kamu memiliki situs web terkait tv, kami tetap menyarankanmu untuk menggunakan nama domain .com.

Banyak perusahaan tv populer tidak menggunakan ekstensi .tv. Misalnya, HBO, CNN, CBS, dan puluhan lainnya. Ada lusinan ekstensi domain lainnya seperti .photography, .club, .xyz, .blog, dan banyak lagi. Semuanya terlalu spesifik, kurang mengesankan, dan membatasi potensi situs web.

Bagaimana Dengan Domain Khusus Negara?

Ekstensi Domain

Kamu hanya boleh menggunakan ekstensi domain spesifik negara jika hanya ingin menargetkan pengguna di negara tersebut. Tujuan penggunaan ekstensi khusus negara digunakan oleh individu dan bisnis di wilayah tersebut. Banyak domain seperti ini hanya dapat didaftarkan jika kamu berada di negara tersebut atau memiliki perwakilan di sana.

Ekstensi khusus negara sangat bagus untuk membuat situs web multibahasa atau membuat situs web khusus kawasan. Beberapa situs web menggunakan ekstensi negara untuk mendapatkan ide cerdas untuk nama domain mereka.

Misalnya, bit.ly menggunakan ekstensi domain untuk Libya, atau goo.gl, layanan penyingkat URL oleh Google menggunakan ekstensi negara untuk Greenland.

Nama domain semacam ini disebut hacks domain. Meskipun terlihat keren, kamu akan memerlukan keterampilan pemasaran untuk mengubahnya menjadi merek yang dapat dikenali dan mengesankan bagi pengunjung web.

Kami harap artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan tentang memilih ekstensi domain baru untuk situs webmu. Dengan buat website di IDwebhost yang menyediakan beragam ekstensi domain, kamu bisa memilihnya dan menikmati paket promo yang diberikan.

Penulis
Member since 2 Jul 2013