Brainware Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Komponen, dan Contohnya

26 Jan 2023
Brainware Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Komponen, dan Contohnya campaign-unlimited

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa komputer terdiri atas komponen hardware dan software saja. Kenyataannya, kedua komponen ini juga memerlukan peran dari brainware. Brainware adalah komponen penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam pengoperasian sebuah komputer.

Ketiga komponen ini saling berkaitan dan bekerja satu sama lain. Tugas khusus dari brainware menjadi otak dari sistem komputer. Namun, brainware juga mempunyai banyak jenis dan peran yang berbeda-beda. Untuk mengetahui selengkapnya tentang brainware, mari simak ulasan berikut ini!

Pengertian Brainware

Apa itu brainware? Brainware adalah seorang manusia yang mengoperasikan software dan hardware pada perangkat komputer. Komponen brainware memiliki kemampuan spesifik untuk menjalankan dan mengatur kinerja kedua komponen lainnya. Brainware disebut juga sebagai alat intelektual.

Seorang ahli intelektual bertugas untuk mengeksplorasi kemampuan dari software dan hardware. Tanpa adanya brainware, perangkat komputer tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Sederhananya, komputer tidak bisa dijalankan sendiri tanpa adanya manusia.

Baca Juga: Perbedaan PHP 5 dan PHP7 yang Harus Kamu Tahu

Fungsi Brainware

fungsi brainware

Sebenarnya apa kegunaan dari brainware? Dalam mengoperasikan kedua komponen utama komputer lainnya, brainware mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Adapun beberapa fungsi brainware adalah sebagai berikut ini:

1. Fungsi Programmer

Tugas brainware yang pertama adalah merancang kerja dari sebuah perangkat. Fungsi ini disebut sebagai fungsi programmer. Dalam menjalankan fungsi ini, brainware merancang program untuk sebuah organisasi atau perusahaan, sesuai dengan yang dibutuhkan pada sistem perangkat komputer.

Sebagai contoh, brainware berfungsi untuk membangun progam customer retention management untuk mengelola data pelanggan. Dengan adanya program ini, perusahaan dapat menyimpan data-data pengguna secara terpadu dan menghubunginya melalui satu platform saja.

Baca Juga: Daftar Setting SMTP dan POP3 ISP se-Indonesia

2. Fungsi Operator

Selanjutnya, fungsi lain dari brainware adalah sebagai operator. Brainware bertugas untuk mengoperasikan program yang sudah dibuat dan dijalankan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Di samping itu, fungsi ini juga melakukan monitoring untuk memastikan sebuah program berjalan dengan lancar.

3. Fungsi Administrator

Fungsi lainnya adalah sebagai administrator. Untuk menjalankan fungsi ini, brainware bertugas sebagai pengelola pada sistem dan jaringan komputer. Administrator perlu memastikan seluruh struktur jaringan bekerja dengan baik. Contoh kerjanya dalam lingkup perusahaan, misalnya seperti memastikan kelancaran server penyimpanan data perusahaan.

Dengan server penyimpanan yang berjalan dengan normal, perusahaan dapat mengakses berbagai data-data demi kepentingan bisnis. Selain itu, administrator juga bekerja untuk menjaga keamanan jaringan serta membantu perbaikan masalah teknis yang dialami oleh karyawan.

Jenis-Jenis Brainware

jenis-jenis brainware adalah

Beralih dari pembahasan fungsi brainware, ulasan ini akan menjelaskan tentang jenis-jenis beserta tugasnya. Adapun jenis-jenis brainware adalah sebagai berikut:

1. Teknisi

Jenis brainware ini cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Teknisi bertugas untuk merawat dan mengelola seluruh perangkat komputer pada sebuah sistem dan jaringan. Untuk menjadi teknisi, seseorang harus mempunyai pengetahuan mendalam terkait dengan masalah-masalah yang umum terjadi pada sebuah perangkat maupun sistem komputer.

Baca Juga: Cara Memeriksa Update Keamanan WordPress

2. Project Manager

Berikutnya adalah project manager. Jenis brainware ini berfokus pada pembuatan proyek jaringan dan program. Keahlian yang dibutuhkan oleh brainware ini tidak hanya terbatas pada kemampuan pemeliharaan jaringan dan pemrograman. Seorang project manager juga perlu menguasai kemampuan lainnya seperti mengelola waktu, team, dan anggaran.

3. Web Developer

Jenis lain dari brainware adalah web developer. Seperti yang terlihat pada namanya, jenis ini bertugas untuk membuat website atau aplikasi yang berbasis website. Pekerjaan web developer adalah untuk membantu kliennya mewujudkan platformonline, baik untuk kebutuhan bisnis maupun professional.

4. Operator

Operator adalah seorang pengguna akhir perangkat keras dan lunak. Artinya, siapa saja yang mengoperasikan perangkat komputer dengan program yang sudah tersedia di dalamnya dapat disebut sebagai operator. Misalnya seperti pelajar, karyawan admin, dan sebagainya.

5. Database Administrator

Database administrator adalah jenis brainware yang bertugas untuk melakukan pengelolaan pada database, misalnya seperti database pada sebuah organisasi. Pengelolaan data ini dimaksudkan agar seluruh data informasi terkait sebuah organisasi atau perusahaan tetap aman dan tersedia kapan pun untuk diakses.

6. Trainer

Jenis berikutnya adalah trainer. Tanggung jawab seorang trainer adalah untuk melatih operator agar dapat mengoperasikan program dan jaringan komputer. Sebagai contoh seperti memberikan sosialisasi pelatihan terkait software sebuah perusahaan kepada karyawannya.

7. System Analyst

Tugas dari system analyst adalah mengawasi hardware dan performa program. Kegiatan pengawasan ini cukup vital sebab menyangkut proses pembangunan program yang meliputi tahapan pembuatan, perancangan, serta evaluasi. Output kerja pengawasan yang dihasilkan akan digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan fungsi atau fitur dari program tersebut.

8. Security Specialist

Sesuai dengan namanya, jenis brainware ini bertanggung jawab atas keamanan sebuah program dan jaringan. Pekerjaan seorang security specialist mencakup banyak hal yang bertujuan untuk memastikan tersedianya proteksi yang aman. Salah satunya adalah seperti memperbaiki kerentanan jaringan dengan menambahkan firewall.

9. Konsultan

Jenis brainware yang terakhir adalah konsultan. Seorang konsultan bertugas untuk memberikan nasihat atau rekomendasi. Anjuran yang disampaikan ini haruslah berdasarkan pada hasil riset, uji coba, dan penilaian.

Komponen Brainware

komponen brainware

Berdasarkan kemampuannya, brainware terbagi atas dua komponen. Adapun kedua komponen brainware adalah sebagai berikut:

1. Hardware Engineer

Komponen brainware yang pertama adalah hardware engineer. Pekerjaan seorang hardware engineer mencakup semua hal terkait dengan bagian perangkat keras. Sebagai contoh dari komponen ini adalah seorang teknisi dan system analyst. Tugas dari keduanya adalah mengelola jaringan dengan melakukan maintenance hardware.

2. Software Engineer

Berikutnya adalah komponen software engineer. Komponen ini jelas berbeda dengan komponen hardware engineer. Software engineer bekerja dengan perangkat lunak. Tugasnya meliputi tahapan pembuatan hingga pengelolaan perangkat lunak agar dapat digunakan secara optimal.

Contoh Brainware

Terakhir, sebelum mengakhiri pembahasan pada artikel ini kamu wajib mengetahui apa saja contoh brainware. Mari simak dua contoh berikut:

1. Network System

Contoh pertama dari brainware adalah network system. Ini merupakan sebuah sistem jaringan yang bertugas untuk mengelola dan memperbaiki gangguan yang terjadi pada sebuah jaringan. Biasanya network system menyediakan banyak layanan.

Kamu dapat memilih layanan yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan atau organisasimu. Dengan demikian, kamu dapat melakukan pekerjaan yang mengandalkan komputer dan jaringan internet secara lancar.

2. EDP Department

Berikutnya, kamu juga bisa mengambil contoh dari Entry Data Processing (EDP). Tugas dari EDP meliputi pengelolaan data-data komersil sebuah perusahaan. Umumnya pengelolaan ini dilakukan secara otomatis menggunakan sistem elektronik.

Data yang dikelola dapat bervariasi meliputi laporan pembelian, stok produk, hasil penjualan, dan sebagainya. Pengelolaan yang dilakukan oleh EDP bertujuan untuk menata data agar teratur menurut dengan jenisnya sehingga memudahkan karyawan untuk menggunakannya. EDP biasanya dikenal sebagai bagian perusahaan yang disebut departemen IT.

Demikian artikel tentang brainware ini. Jadi, dapat diketahui bahwa brainware adalah seorang manusia yang berperan sebagai ahli intelektual untuk mengoperasikan dua komponen utama komputer lainnya, yaitu hardware dan software.

Nah, jika kamu ingin mulai mengasah keahlian sebagai brainware akan lebih baik untuk menggunakan layanan yang handal, seperti layanan hosting dan domain murah IDwebhost. Dijamin kamu pasti puas dengan layanan berkualitas kami yang sudah dibuktikan oleh lebih dari 100 ribu klien!

Sekali lagi, terima kasih telah menggunakan layanan IDwebhost.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022