Apa itu Blogger? 8+ Keuntungan Menjadi Blogger

12 Apr 2022
Apa itu Blogger? 8+ Keuntungan Menjadi Blogger

Apa itu blogger? Mungkin, sebagian dari Anda belum familiar dengan blogger sebagai sebuah profesi kreatif. Padahal, blogger adalah profesi kreatif yang cukup menjanjikan, lho. Tidak sedikit tokoh publik yang sukses mengawali karir mereka dari dunia blogger, salah satunya yang paling terkenal adalah Raditya Dika.

Blogger adalah profesi yang sangat cocok untuk Anda yang hobi menulis. Anda bisa membahas apapun dalam blog sesuai dengan apa yang Anda minati. Selain menjanjikan, profesi blogger ini juga membawa banyak manfaat dan keuntungan, lho. Menariknya lagi, Anda dapat bekerja di manapun, bahkan saat berlibur.

Apa itu Seorang Blogger

Apa Blogger?

Bagi orang yang masih belum familiar dengan profesi ini, pasti akan bertanya-tanya blogger itu apa, sih? Singkatnya, blogger adalah orang yang menulis di sebuah blog. Tulisan ini bisa berupa apa saja. Umumnya, para blogger akan menulis keseharian mereka atau me-review sesuatu yang berkaitan dengan hobi mereka.

Misalnya seperti blog yang membahas soal beauty care, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ada pula blogger yang membahas topik mengenai game terbaru.

Anda dapat memilih niche blog sesuai dengan minat Anda. Tetapi, dulunya blog dikenal sebagai diary online di mana para pengguna dapat menceritakan tentang kehidupan mereka.

Selain menulis di sebuah blog, seorang blogger juga harus paham mengenai platform CMS atau Content Management System seperti Blogspot dan WordPress. Hal ini penting bagi seorang blogger karena selain menulis, Anda juga mengelola sendiri blog tersebut. Mulai dari pengelolaan konten, file hingga pada monetisasi.

Selain blogger, banyak juga bisnis yang menulis blog sebagai salah satu strategi marketing. Tetapi, tentu saja antara blog yang dibuat dengan blogger dan bisnis berbeda. Perbedaan ini bahkan dapat dilihat dari pengertian apa itu blogger.

Seorang blogger memiliki ‘perusahaan’-nya sendiri, sehingga semua pengelolaan konten dilakukan sendiri tanpa bantuan tim atau orang lain. Sedangkan, blog bisnis dikelola oleh tim lain dan memiliki banyak content writer untuk mengisi artikel mereka.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Setelah mengetahui apa itu blogger dan penjelasan singkatnya, Anda pastinya telah mengetahui bahwa seorang blogger dapat membagikan soal apapun sesuai minat atau hobi. Nah, selain dapat menyalurkan hobi menulis dan hobi lainnya dalam satu tempat, ada banyak manfaat serta keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Apa saja, sih, manfaat keuntungan yang didapatkan sebagai seorang blogger itu?

Apa itu Blogger? 8+ Keuntungan Menjadi Blogger

  1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Seperti yang dijelaskan mengenai apa itu blogger, profesi ini adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis. Bagi Anda yang memang ingin menjadi seorang penulis maka profesi ini adalah pilihan yang tepat. Tidak perlu takut untuk memulai sebagai seorang blogger hanya karena Anda belum memiliki kemampuan yang sangat bagus seperti penulis lainnya.

Dengan menjadi seorang blogger, Anda dapat mengasah dan terus meningkatkan kemampuan menulis Anda. Hal ini tentu perlu Anda lakukan agar semakin banyak pembaca yang berkunjung dan betah dengan tulisan Anda. Semakin banyak artikel yang Anda buat, semakin bagus pula kemampuan Anda sebagai blogger profesional.

Apa itu Blogger? 8+ Keuntungan Menjadi Blogger

  1. Meningkatkan Minat Membaca

Tahukah Anda istilah ‘membaca jembatan ilmu’? Saat Anda menjalani profesi sebagai seorang blogger, Anda juga harus sering membaca artikel milik blogger atau website lain.

Hal ini tentu menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan menulis dan juga pengetahuan. Dengan membaca artikel blogger lain, Anda akan memperkaya gaya penulisan.

Sehingga, nantinya Anda dapat menemukan gaya bahasa apa yang cocok untuk berbicara dengan audiens melalui artikel. Tanpa membaca artikel blogger atau website lain, Anda tidak akan tahu banyak gaya bahasa.

Memiliki Koneksi Pertemanan yang Luas

  1. Memperluas Koneksi Blogger

Ketika blog Anda sudah memiliki pembaca, mereka pasti akan mengirimkan beberapa interaksi melalui kolom komentar. Salah satu dari pembaca tersebut pastilah juga seorang blogger yang membutuhkan informasi atau hanya sekedar mampir untuk menambah koneksi. Nah, Anda dapat memanfaatkan ini sebagai media untuk memperluas koneksi.

Anda juga dapat menjalin pertemanan dengan blogger lain di kanal mereka melalui kolom komentar atau dengan mengikuti komunitas blogger yang ada. Jika sudah menjalin pertemanan dengan banyak blogger, nantinya Anda dapat mempromosikan artikel kepada mereka.

Blogger Sukses Dapat Menambah Penghasilan

  1. Blogger Jadi Sumber Penghasilan

Dalam penjelasan awal sebelum bagian mengenai apa itu blogger, dikatakan bahwa blogger adalah profesi kreatif yang cukup menjanjikan. Pernyataan ini bukan hanya bualan semata karena Anda dapat menghasilkan uang hanya dengan membuat artikel di blog. Ada banyak sumber dan cara untuk Anda mendapatkan penghasilan sebagai seorang blogger.

Apa saja sumber dan cara untuk mendapatkan penghasilan sebagai blogger itu? Salah satu sumber yang paling sering digunakan oleh banyak blogger dan portal online adalah Google AdSense. Dengan mengaktifkan Google AdSense pada blog, Anda akan mendapatkan penghasilan melalui iklan-iklan yang di website.

Selain Google AdSense, blog Anda juga bisa menghasilkan melalui iklan brand yang bekerja sama, affiliate, endorse, menjual produk dan jasa. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih yang selinier dengan niche blog, Anda dapat menawarkan jasa di bidang tersebut. Semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi pula penghasilan yang didapat.

Apa itu Blogger? 8+ Keuntungan Menjadi Blogger

  1. Blogger Dikenal Banyak Orang

Apa manfaat lain yang dapat diperoleh sebagai blogger? Seperti dalam penjelasan awal sebelum bagian mengenai apa itu blogger, banyak tokoh publik sukses yang mengawali karirnya dengan profesi ini. Salah satu tokoh publik sukses itu adalah Raditya Dika. Banyak sekali kini karya-karyanya yang dikenal oleh masyarakat luas.

Bahkan, tidak sedikit karyanya yang kemudian dijadikan film. Anda juga dapat menjadi seperti Raditya Dika sebagai seorang blogger. Dengan membuat banyak artikel berkualitas dan pembaca, Anda tentu akan dikenal orang sebagai seorang blogger yang sukses. Supaya bisa dikenal lebih luas, Anda harus lebih sering membagikan tulisan Anda di berbagai media sosial.

  1. Berpeluang Menjadi Ahli Marketing

Meski pengertian dari apa itu blogger adalah penulis di sebuah blog, Anda tetap harus melakukan berbagai strategi marketing untuk mempromosikan konten Anda.

Tanpa mempromosikan konten, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pembaca lebih luas. Hal inilah yang kemudian akan melatih Anda untuk menjadi seorang ahli marketing.

Sebagai seorang blogger Anda harus mampu mempromosikan artikel Anda, baik melalui media sosial maupun Google itu sendiri. Lama kelamaan, Anda akan memahami digital marketing dengan baik.

Sehingga, selain menjadi ahli marketing, Anda nantinya juga dapat menawarkan jasa digital marketing kepada audiens atau bisnis yang membutuhkan.

Mengasah Kemampuan Marketing

  1. Update Soal Teknologi

Ada satu hal yang harus selalu dilakukan oleh seorang blogger, apa itu? Sebagai seorang blogger, Anda harus selalu update dengan berita, isu atau perkembangan terbaru mengenai banyak hal untuk kepentingan blog Anda. Salah satu yang harus sering Anda update adalah perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi ini sangat penting untuk Anda ikuti. Hal ini karena meski Anda tidak membahas mengenai teknologi, Anda tetap harus memahaminya karena untuk membuat blog butuh teknologi.

Setidaknya, Anda update soal versi terbaru CMS, plugin atau soal hosting. Dengan begitu, blog Anda akan semakin berkembang lebih baik dan canggih lagi.

Blogger Sukses Selalu Update Soal Perkembangan Teknologi

  1. Blogger Ahli SEO

Cara apa, sih, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembaca sebagai seorang blogger itu? Sebetulnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pembaca.

Salah satunya adalah dengan menerapkan SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu SEO dalam blogger? Ini adalah upaya untuk mengoptimasi mesin pencari sehingga pembaca dapat melihat blog Anda di halaman pertama.

Hampir semua blogger mengerti dan memahami betul mengenai apa itu SEO serta menerapkannya dalam setiap postingan mereka.

Begitu pula dengan Anda, teknik SEO ini sangat penting demi kelangsungan blog Anda. Nah, jika Anda sudah memahami betul mengenai apa itu SEO, Anda pun juga dapat menjadi seorang ahli SEO di samping profesi blogger.

Baca juga: Anti Ribet Bikin Blog Profesional Pakai WordPress, Ini Caranya!

Buat Blog dengan domain dan hosting murah dari IDwebhost

Kesimpulan

Setelah menyimak tuntas pembahasan mengenai apa itu blogger, Anda pasti sudah sedikit mengenal profesi ini yang berkutat dengan dunia kepenulisan. Meski hanya terkesan seperti menulis artikel, profesi sebagai seorang blogger ini cukup menjanjikan.

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang dapat Anda peroleh. Bahkan, berpotensi jadi terkenal seperti Raditya Dika.

Bila ingin menjadi blogger, ada langkah yang harus Anda lakukan, apa itu? Anda harus lebih dulu membuat blog di CMS pilihan Anda seperti Blogger atau WordPress.

Supaya blog Anda jadi lebih profesional, Anda dapat membeli domain murah dan hosting murah di IDwebhost.

Dengan begitu, blog Anda akan terlihat lebih profesional dengan domain sendiri dan tentunya lancar dengan hosting dari IDwebhost. Supaya hemat, Anda bisa ikuti berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022