Blog Bisnis Nama Domain Dapat Memperkuat Pemasaran Dalam Bisnis Mobil

Nama Domain Dapat Memperkuat Pemasaran Dalam Bisnis Mobil

Pada tahun 1990an, dimana penggunaan internet mulai dikenal, bisnis dealer mobil banyak yang belum melakukan pemasaran secara online. Bahkan, masih sedikit yang mengerti cara pemasaran dengan menggunakan situs web dan kebingungan memilih nama domain yang tepat. Sekarang ini, jika para pemasar dalam bisnis mobil mengetahui tentang perkembangan belanja online di masyarakat, apa kira-kira nama domain yang dapat menjadi pilihan tepat? Apakah itu .com, .net, .org? Memilih nama domain harus dilakukan dengan hati-hati dengan pemikiran yang matang. Jika Anda sebagai pelaku bisnis tidak mampu memilih nama domain maka akan berujung menjadi kesalahan yang harus dibayar mahal.

Sejak 10 tahun lalu, para pelaku bisnis dalam bidang mobil memiliki kesempatan baru. Sebuah perusahaan bernama Cars Registry telah menawarkan kesempatan bisnis untuk membeli nama domain dengan ekstensi seperti .car, .cars, dan .auto. Ekstensi atau TLD (Top Level Domain) merupakan kata yang terletak di sebelah kanan titik dari nama domain seperti .com, .net, dan sebagainya. Ketersediaan ekstensi yang beragam di perusahaan Cars Registry terjadi berkat peluncuran ekstensi baru yang diresmikan oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN merupakan organisasi nirlaba yang mengelola nama domain di internet.

Cars Registry sempat mendatangi konvensi ‘The National Automobile Dealers Association’ untuk menjual nama domainnya ke dealer. Sebuah nama domain yang kuat dan mudah diingat akan menarik konsumen untuk menghabiskan lebih banyak waktu di website perusahaan tersebut. Hal ini sesuai dengan pendapat Mike Ambrose yang bekerja di perusahaan COO. ‘Sebuah nama domain yang kuat adalah dasar dari upaya pemasaran digital’ kata Ambrose dalam sebuah wawancara. Ambrose juga mengatakan ‘Beberapa dealer menghabiskan ratusan bahkan puluhan ribu dolar per bulan hanya untuk Google AdWords, padahal kekuatan dari nama domain Anda merupakan indikator penting dari berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh orang-orang di website Anda’.

Cars Registry memiliki hak istimewa untuk menjual nama domain tersebut sejak tahun 2012. Mereka membayar $185.000 dan mengisi aplikasi 400-page untuk menjelaskan bagaimana mereka dapat mengelola nama-nama domain baru. Mereka mampu memenangkan lelang jutaan dolar untuk beberapa domainnya. Sejak musim gugur lalu, Cars Registry telah menjual nama domain untuk website dengan harga grosir bagi puluhan pengecer (retailers) website termasuk GoDaddy.com yang menjual nama domain untuk konsumen. Masing-masing harga eceran berkisar $3.000.

Para pelaku bisnis dalam bidang mobil kini berlomba-lomba untuk mempertahankan brand mereka dalam dunia digital atau dalam pemasaran secara online. Perusahaan dari Cina seperti Geely sekarang telah menggunakan ekstensi domain Geely.auto. Sementara itu Porsche juga menggunakan Porsche.cars yang mengarahkan website ke Porsche.com. Perusahaan besar seperti Apple dan Google juga telah membeli nama-nama domain seperti Apple.car dan Google.car, dimana ini adalah langkah awal untuk perkembangan perusahaannya. Untuk beberapa dealer, harga sebesar $3.000 tentu sangat bernilai.

Sekalipun dealer lain berpikir tentang resiko yang akan ditimbulkan saat memilih nama domain, namun tidak mungkin kita semua dapat memprediksi nama domain yang terus populer hingga 20 tahun ke depan. Entah itu ekstensi domain seperti .com, .auto, maupun .cars, tentu tidak ada yang mengetahuinya. Untuk itu, ini adalah kesempatan yang harus diambil untuk memulai mengganti domain Anda dengan domain yang lebih kuat. Dari sana, Anda dapat melihat seberapa besar nama domain dapat bekerja untuk pemasaran bisnis Anda dalam bidang mobil.