Belajar Bisnis Online Gratis Dengan Facebook Blueprint

11 Apr 2019
Belajar Bisnis Online Gratis Dengan Facebook Blueprint campaign-unlimited

Di era teknologi saat ini setiap bisnis bisa rugi jika tidak memanfaatkan Facebook Ads untuk membangun bisnis online mereka.

Kenapa begitu? Karena sekarang perusahaan raksasa internet sekelas Google saja kalah saing dalam hal jumlah pemasukan dari iklan dibandingkan media social Facebook yang bisa melampaui pendapat Google dari iklan.

Di internet memang banyak bertebaran tutorial yang dapat Anda pelajari tentang bagaimana cara beriklan di Facebook, bahkan Anda juga bisa fokus belajar lebih banyak tentang Facebook Ads dari berbagai situs website belajar online. Nah, salah satu di antaranya yaitu Facebook Blueprint (FB). Mau tahu lebih lengkapnya ? yuk, simak dibawah ini!

Apa itu Facebook Blueprint?

Facebook Blueprint merupakan layanan training online gratis dari Facebook untuk mengenal lebih dalam tentang cara kerja Facebook Ads. Blueprint dibagi menjadi beberapa pelajaran, seperti eLearning dari Blueprint yang mengajarkan kepada Anda bagaimana caranya membangun bisnis Anda.

Selain gratis, eLearning dari Blueprint juga fleksibel. Anda dapat mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan anda. Blueprint dapat digunakan untuk bisnis UKM (Usaha Kelas Menengah) maupun bisnis besar.

Pelajaran yang ada di Facebook Blueprint sudah dikategorikan sesuai dengan goal atau tujuan bisnis Anda saat ini.

Pelajaran yang akan dapatkan dimulai dari brand awareness, lead generation, hingga monetisasi konten. Anda dipastikan dapat menemukan topik-topik yang ingin Anda pelajari lebih lanjut mengenai blueprint.

Facebook Blueprint juga mengajarkan bagaimana caranya menargetkan audience atau pengunjung yang tepat dan mengukur performance sebuah ads atau iklan. Ini merupakan dua skill yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis.

Dari 85 pelajaran yang ditawarkan di Facebook Blueprint, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dari hampir semua aspek marketing yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis anda sampai sukses.

Anda juga bisa mengikuti lebih dari satu pembelajaran dalam satu waktu yang sama, terutama untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang marketing dan advertising Facebook.

Salah satu tema pelajaran yang mungkin ingin Anda ambil yaitu “Understanding Campaign Performance with Ads Manager” atau Mempelajari Kinerja Campaign dengan software Ads Manager. Software Ads Manager Facebook memberikan Anda insight tentang bagaimana cara melihat performance iklan Anda di Facebook dan Instagram.

Pada intinya, semua tema pelajaran yang disediakan di 17 kategori berbeda, dibuat dengan tujuan untuk memberikan Anda sebuah pengalaman terbaik dalam memakai Facebook dan Instagram Ads.

Mendapatkan Sertifikasi dari Facebook

 

Sertifikasi Facebook Blueprint
IDwebhost

Setelah Anda sudah melewati berbagai macam pelajaran yang tersedia, selanjutnya Anda akan mendapatkan dua sertifikasi digital untuk dua bidang keahlian yang berbeda.

Facebook Certified Planning Professional

sertifikat ini biasanya diberikan kepada mereka yang berhasil menyelesaikan pembelajaran tentang merencanakan serta membuat campaign iklan Facebook. Ini dinilai melalui kemampuan mereka dalam mengelola Facebook Page (halaman), objektif iklan, target audience (pengunjung), strategi ads, Audience Insights, serta pengertian mendalam tentang bagaimana cara memakai Facebook sebagai channel komunikasi dan iklan.

Facebook Certified Buying Professional

Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda perlu memahami hal-hal seperti pengelolaan, pembuatan, serta pembelian Facebook Ads. Selain itu, mereka juga harus mengetahui bagaimana cara memakai lelang ads, cara mencapai KPI iklan, serta pembuatan laporan yang akurat.

Mereka juga harus menguasai Facebook Pixel dan SDK serta cara-cara melakukan troubleshooting yang berkaitan dengan iklan.

Untuk mendapat kedua sertifikasi diatas, Anda perlu melakukan exam 310-101 dan 322-101 serta mendapatkan nilai 700 atau lebih. Biasanya untuk mengerjakan ujian Facebook Blueprint memerlukan waktu sampai tujuh puluh lima menit dan memerlukan aplikasi browser yang aman.

Memang untuk mendapatkan sertifikasi diatas, Anda memerlukan waktu dan pengeluaran biaya. Untuk mengambil ujian, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 150 US Dollar tiap ujiannya.

Jadi karena Anda akan melakukan dua kali ujian, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 300 US Dollar untuk bisa mendapatkan sertifikat Facebook Blueprint. Setiap tahunnya, Anda bisa juga mengambil ujiannya lagi untuk menyimpan sertifikasi Anda.

Nantinya sertifikasi akan muncul dalam bentuk sebuah digital badge. Digital Badge ini dapat Anda pajang di Facebook atau social media lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memasangnya di blog atau bahkan di signature email Anda.

Baca Juga : 3 Tips Strategi Facebook Marketing Untuk Bisnis Anda

Mengapa Perlu Sertifikasi Facebook Blueprint?

 

belajar facebook blueprint untuk facebook ads
IDwebhost

Saat ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan suatu perusahaan untuk beriklan di media social Facebook. Mereka bahkan dapat belajar sendiri dari banyaknya tutorial Facebook Ads di luar sana. Namun kadang-kadang perusahaan membutuhkan seorang professional yang dapat melakukannya untuk mereka.

Dengan anda memiliki Sertifikasi Facebook Blueprint, Anda bisa menonjol dibanding yang lainnya. Ujiannya sendiri bisa dibilang sebagai ujian digital marketing paling sulit dan peling ketat di internet.

Selain itu, kalau Anda sudah mempunyai sertifikasi ini, tidak akan ada yang meragukan kemampuan Anda dalam pemakaian Messenger, Facebook, dan Instagram untuk keperluan beriklan. Bagi pemilik bisnis, dengan adanya sertifikasi Facebook Blueprint, Anda dapat mengoptimalkan ads Anda serta mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi.

Dengan belajar lebih banyak tentang Facebook Ads, Anda dapat berpikir out-of-the-box serta keluar dengan ide-ide yang lebih bagus dan kreatif.

Blueprint Live

 

blueprint live facebook
IDwebhost

Facebook Blueprint juga menyediakan layanan yang disebut dengan Blueprint Live. Blueprint Live merupakan layanan seminar eksklusif yang ditunjukan bagi para pengiklan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara pemasaran di media sosial Facebook dan Instagram.

Kesempatan belajar tersebut ditujukan untuk mereka yang sudah akrab dengan Facebook dan Instagram. Blueprint Live tersebut dibangun berdasarkan pengetahuan peer-to-peer, yaitu dengan tujuan hubungan timbal balik antara rekan kerja.

Tidak cuma mengajar, dengan layanan Blueprint Live, Anda juga dapat belajar dari teman-teman Anda.

Kesimpulan

Facebook Blueprint dapat menjadi salah satu sarana belajar online lengkap untuk Anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang digital marketing. Dua Sertifikasi dari Facebook tersebut dapat membantu Anda untuk menjadi seorang digital marketing yang ahli dan tentu memberikan Anda kredibilitas. Semoga artikel ini membantu anda ya!

Sebagai bagian dari komitmen IDwebhost sebagai jasa pembuatan website dan domain hosting Indonesia, kami akan terus rutin mengupdate blog dengan konten-konten menarik dan edukasional. Jangan lupa subscribe sosial media IDwebhost ya!