11 Ide Bisnis Milenial Modal Kecil Tetap Cuan Update 2022

22 Apr 2022
11 Ide Bisnis Milenial Modal Kecil Tetap Cuan Update 2022

Indonesia merupakan negara yang dibanjiri dengan pengusaha, baik UMKM maupun bisnis besar. Menariknya, sebagian besar dari pengusaha tersebut merupakan kaum milenial. Nah, bagi Anda para kaum milenial yang ingin memulai usaha, baik sebagai usaha sampingan maupun utama, ada banyak sekali bisnis modal kecil yang dapat Anda coba.

Mulai dari makanan hingga bisnis teknologi dapat Anda mulai dengan modal kecil, lho. Tetapi, tentunya tidak semua bisnis tersebut dapat sesuai dengan karakteristik para kaum milenial. Lalu, apa saja bisnis modal kecil yang cocok dengan karakteristik kaum milenial? Nah, berikut ini penjelasan lengkap mengenai bisnis modal kecil untuk kaum milenial!

Apa Saja Karakteristik Generasi Milenial?

Saat ini, generasi muda yang memenuhi Indonesia adalah generasi milenial dan generasi Z. Bagi sebagian orang yang tidak paham betul mengenai kaum milenial akan mengira bahwa generasi milenial adalah yang lahir mulai tahun 1999. Padahal, generasi milenial adalah mereka yang lahir mulai tahun 1980 hingga 1995 atau berusia sekitar 27 hingga 42 tahun.

ide-bisnis-untuk-milenial

Kaum milenial atau yang disebut dengan generasi Y ini sangat akrab dengan teknologi internet. Hal ini karena kaum milenial lahir atau hidup di era berkembangnya internet. Selain itu, kaum milenial juga dinilai sangat terbuka dengan persoalan politik dan ekonomi. Berbeda dengan generasi Z (1995 – 2010) yang lebih terbuka dengan perkembangan teknologi.

Baca Juga: Tips Menarik Minat Konsumen Milenial

Nah, dari hal tersebut kemudian kita dapat melihat seperti apa karakteristik para kaum milenial ini. Para milenialis memiliki karakter yang cukup kuat dan tegas. Meski banyak dari kaum milenial yang lahir di tahun 1980-an, tapi bukan berarti mereka “kuno”. Berikut ini karakteristik yang dimiliki oleh kaum milenial.

ide-bisnis-untuk-milenial

  • Komitmen yang Kuat Terhadap Perusahaan

Berdasarkan penelitian, kaum milenial memiliki komitmen yang lebih kuat terhadap perusahaan daripada generasi lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan minat dari kaum milenial yang ternyata lebih dominan kepada menjalankan wirausaha. Tidak heran jika di Indonesia sendiri banyak sekali bisnis sukses yang dijalankan oleh kaum milenial, baik dengan modal kecil sekalipun.

  • Pekerjaan Bukan Prioritas Utama

Meski kaum milenial memiliki komitmen yang kuat dalam berwirausaha, tetapi pekerjaan ternyata bukanlah prioritas utama. Mereka yang masuk dalam generasi milenial ini beranggapan bahwa meskipun pekerjaan adalah sebuah prioritas, tetapi ada prioritas lain yang lebih penting. Kaum milenial lebih mengutamakan pengembangan diri mereka di luar pekerjaan atau pendidikan.

  • Bersifat Terbuka

Karakteristik dari kaum milenial yang sangat khas adalah sifat terbuka. Nah, terbuka disini maksudnya adalah para kaum milenial tidak terlalu suka sesuatu yang “kolot”. Kaum milenial lebih menyukai peraturan yang simple dan fleksibel, open minded, dan juga transparan. Jadi, tidak heran jika banyak bisnis kaum milenial yang lingkungan kerjanya menyenangkan.

  • Suka Tantangan Baru

Nah, karakteristik dari kaum milenial lainnya adalah mereka sangat menyukai tantangan baru. Mereka yang masuk dalam generasi milenial sangat menyukai tantangan baru yang dapat mendorong diri mereka keluar dari batasan. Hal ini juga berkaitan dengan daya saing kaum milenial yang ternyata lebih tinggi untuk selalu mengembangkan diri.

bisnis milenial

Ide Bisnis Kaum Milenial dengan Modal Kecil

Jika melihat dari beberapa karakteristik generasi milenial di atas, sebetulnya semua bidang usaha dapat dilakukan oleh generasi milenial. Hanya saja, itu semua tergantung dari minat Anda dan juga kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Nah, jika Anda ingin memulainya, Anda dapat memulai bisnis dengan modal kecil. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih ide bisnis, berikut ini beberapa contoh usaha dengan modal kecil.


  1. Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

Jenis usaha yang paling menjanjikan memang merupakan bisnis yang memenuhi kebutuhan primer manusia. Nah, salah satu kebutuhan primer manusia yang paling utama adalah pangan atau makanan. Anda dapat memulai bisnis makanan dengan modal kecil seperti makanan ringan, dessert box, salad buah, frozen food, kue kering, atau catering.

Meski di masa pandemik sekalipun, bisnis makanan akan tetap berjalan karena itu merupakan kebutuhan utama manusia. Agar bisnis makanan Anda berjalan lancar, jangan memilih jenis makanan yang sifatnya musiman. Jika Anda menjual makanan yang sifatnya musiman, maka belum tentu ada pembeli yang akan membeli saat bukan musimnya lagi.


  1. Bisnis Fashion dengan Modal Kecil

Contoh bisnis lainnya yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil adalah fashion. Selain pangan, manusia juga membutuhkan sandang atau pakaian dalam kebutuhan primernya. Nah, fashion sendiri terdiri dari berbagai macam. Bukan hanya pakaian saja, tetapi juga aksesoris, topi, tas, sepatu, dan lain-lain.

Anda dapat memulai bisnis ini bahkan dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun. Bagaimana caranya? Anda dapat memulai bisnis fashion ini sebagai dropshipper yang tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Atau Anda dapat menjalankan bisnis thrift shop online yang sedang trend beberapa tahun ini dengan modal yang sangat kecil.


  1. Digital Marketing

Karakteristik dari generasi milenial lainnya adalah memiliki pikiran yang kreatif dan inovatif. Memulai bisnis sebagai seorang digital marketer dengan berbagai ide pemasaran yang kreatif sangat cocok untuk Anda para generasi milenial jalankan. Selain itu, kebutuhan akan digital marketer saat ini sedang meningkat di berbagai perusahaan.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal apapun. Cukup siapkan kemampuan Anda dalam digital marketing seperti mengelola media sosial, pemasangan iklan di berbagai platform, dan pengelolaan website dari segi SEO. Penghasilannya pun tidak terbatas, tergantung berapa banyak perusahaan yang Anda kelola pemasaran digitalnya.


  1. Bisnis Web Designer dengan Modal Kecil

Bisnis modal kecil selanjutnya yang cocok untuk kaum milenial adalah web designer. Indonesia saat ini sudah memasuki era digital dimana semua hal dilakukan dengan internet. Nah, untuk itu banyak perusahaan lama dan baru kini membangun branding dan bisnis melalui website. Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain web, maka Anda dapat memulai bisnis ini.

Tidak perlu modal banyak untuk memulai bisnis ini. Untuk memulai bisnis web designer, Anda cukup memiliki kemampuan untuk mendesain dan coding. Menariknya, dengan modal kecil tersebut Anda bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar mulai dari enam hingga delapan juta per bulan.


  1. Content Creator

Memulai bisnis sebagai content creator adalah salah satu contoh usaha yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil. Bekerja sebagai content creator mungkin akrab dengan sebutan youtuber, tiktoker, atau selebgram. Tetapi, sebetulnya pekerjaan content creator atau pembuat konten ini juga sangat dibutuhkan untuk kepentingan bisnis.

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional

Anda dapat menjadi content creator untuk membuat konten berupa artikel, video, foto, e-book, iklan, dan lain-lain. Biasanya, para pebisnis membutuhkan content creator untuk membuat konten dengan tujuan membangun brand awareness seperti di Facebook dan Instagram. Penghasilannya pun juga cukup menjanjikan, tergantung dari jenis konten yang Anda buat.


  1. Bisnis Fotografi dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang hobi dengan dunia fotografi dan memiliki kamera yang mumpuni, Anda dapat memulai bisnis fotografi dengan modal yang kecil. Meski bukan kebutuhan primer, tetapi bisnis fotografi ini pasti akan dibutuhkan sampai kapanpun. Saat ini, hampir semua kebutuhan administrasi pasti membutuhkan foto.

Selain itu juga, kebutuhan akan foto yang bagus ini juga dibutuhkan oleh banyak bisnis. Baik untuk foto produk, profil perusahaan, iklan, dan lain-lain. Tidak perlu studio foto untuk memulai bisnis ini, Anda dapat memulainya sebagai freelance panggilan.


  1. Jasa Kebutuhan Bisnis

Pertumbuhan bisnis di Indonesia saat ini semakin meningkat, mulai dari UMKM hingga bisnis besar. Nah, tentunya ada beberapa kebutuhan bisnis yang sulit untuk setiap usaha tersebut penuhi. Sebagai generasi yang inovatif dan suka akan tantangan baru, Anda dapat menjalankan bisnis yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Jasa ini ada berbagai macam seperti digital marketing, virtual assistant, atau mungkin menjalankan bisnis seperti jasa gudang yang dilakukan oleh Crewdible. Anda dapat mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan banyak bisnis saat ini. Sehingga, Anda dapat mengisi kebutuhan tersebut dan menjadikannya sebagai bisnis yang menjanjikan.


  1. Jasa Kebutuhan Manusia

Saat ini, hampir semua kebutuhan sehari-hari dapat Anda peroleh dari rumah. Mulai dari belanja pakaian hingga pada kebutuhan pokok seperti bahan makanan. Nah, Anda dapat memanfaatkan situasi ini sebagai peluang bisnis.

Anda dapat menjalankan bisnis seperti personal shopper untuk kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan bahan makanan seperti sayuran dan daging. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis jasa yang satu ini. Hanya bermodalkan handphone dan juga kendaraan, Anda dapat memulai bisnis ini sendiri.  


  1. Bisnis Tutor Online dengan Modal Kecil

Bisnis pendidikan memang salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena pendidikan adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin berbagi ilmu, Anda dapat memulai bisnis sebagai tutor online. Saat ini, pendidikan bukan hanya bisa diperoleh dari bangku sekolah atau kuliah saja.

Ada banyak sekali kursus online yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan untuk bekerja maupun berbisnis. Karena bisnis ini dilakukan secara online, Anda dapat menjalankannya dari rumah tanpa harus bepergian. Bahkan, Anda dapat menjangkau lebih banyak peserta di luar daerah Anda tinggal.


  1. Toko Online

Ide bisnis modal kecil terakhir yang dapat Anda jalankan adalah membuka toko online. Di toko online ini Anda dapat menjual produk apapun yang sedang dibutuhkan di pasar. Anda dapat membuka toko online ini di platform apapun, baik di media sosial maupun di website. Nah, untuk produknya sendiri Anda dapat menyesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Bahkan, tidak sedikit orang yang membuka toko online hanya dengan modal sebesar Rp 300 ribu. Karena ini dijalankan secara online, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa toko. Cukup jalankan toko online Anda dari rumah saja sebagai usaha utama maupun usaha sampingan.

Kesimpulan

Generasi milenial merupakan generasi yang kreatif, inovatif, berkomitmen, dan berani dengan tantangan baru. Ada banyak sekali bisnis yang cocok dengan karakteristik generasi milenial, bahkan dengan modal kecil sekalipun. Yang terpenting adalah Anda memiliki minat, pengetahuan, dan kemampuan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Supaya bisnis Anda semakin lancar dan dikenal oleh orang luas, Anda dapat membuat website bisnis atau toko online di IDwebhost. Tidak perlu bingung untuk mengelola segala urusan teknis dari website Anda. Cukup beli layanan hosting murah atau WordPress hosting dari IDwebhost dan website Anda pun siap pakai.

Nah, biar pembelian Anda makin murah, ikuti juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Penulis
Member since 2 Jul 2013