Perkenalkan Tools SEO : Bing Webmaster Tools
Blog SEO Perkenalkan Tools SEO : Bing Webmaster Tools

Perkenalkan Tools SEO : Bing Webmaster Tools

Di era digital seperti saat ini, kegiatan bisnis terus menerus mengalami perkembangan yang signifikan. Bisnis sekarang tidak cuma bisa dilakukan melalui pertemuan “penjual dan pembeli” saja tapi juga lewat internet secara online. Maka dari itu, kini ada sebuah inovasi dalam dunia bisnis bernama website.

Ya, website memiliki sangat banyak kegunaan yang tentu sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan baik oleh pemilik bisnis. Website akan membuat dunia bisnis menjadi semakin dinamis dan sulit untuk ditebak. Jadi tidak mengherankan jika banyak perusahaan berlomba – lomba untuk menampilkan website mereka di halaman pertama pada search engine seperti Bing.

Lalu bagaimana cara menampilkan website kita pada search engine seperti google? Menggunakan SEO tentu saja. Sangat penting untuk memaksimalkan peran SEO untuk meningkatkan traffic website anda. Oleh karena itu di artikel ini kami akan mengenalkan Bing Webmaster Tools yang bisa memaksimalkan peran SEO dalam website anda. Namun sebelumnya akan lebih baik jika anda mengenal terlebih dahulu apa itu SEO.

 

Bing Webmaster Tools
idwebhost.com

Apa itu SEO?

Menurut Wikipedia, SEO atau search engine optimization adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayarpencarian non iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

SEO  merupakan cara optimasi halaman dan konten website untuk mesin pencari agar website kita disukai oleh audiens, disukai  serta berada di halaman pertama mesin pencari. Suatu mesin pencari akan menyukai sebuah website yang memiliki konten relevan dan berkualitas sehingga pengunjung betah berlama lama di dalam website anda.

SEO seringkali disebut sebagai tools untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website karena SEO adalah proses yang tumbuh dan berkembang. Berawal dari sebuah situs web yang baru bisa Anda daftarkan domain dan hostingnya. Situs yang tidak populer, tidak memiliki posisi apapun di hasil pencarian internet. Akan tetapi jika situs web tersebut telah dioptimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, memiliki posisi bagus di hasil pencarian pada search engine, dan akan memenuhi objektif pemilik website.

Berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang sifatnya cenderung instan. Proses non-organik ini harus menggunakan uang untuk dapat memperoleh audiens dalam jumlah tinggi. Itu dia sedikit pengertian dari SEO yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami betapa pentingnya hal ini bagis suatu website. Oke tanpa basa basi lagi, berikut ini pembahasan kami tentang Bing Webmaster Tools.

BACA JUGA: Cara Membuat Iklan Dengan Google AdMob

Perkenalkan, Bing Webmaster Tools

Apa itu Bing Webmaster Tools? Sesuai dengan namanya, Bing Webmaster Tools adalah sebuah tools SEO untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools berperan hampir mirip seperti Google Webmaster Tools tetapi tools yang kita bahas kali ini untuk Bing. Google memang merupakan search engine paling terkenal dan paling banyak digunakan. Tetapi data menunjukkan bahwa Bing juga semakin banyak digunakan.Bing Webmaster Tools ini merupakan layanan gratis oleh Microsoft yang dibuat khusus untuk webmasters. Tools ini akan memberikan laporan lengkap tentang SEO website Anda.

 

Bing Webmaster Tools
Idwebhost

Lalu bagaimana langkah awal menggunakan Bing Webmaster Tools?

Pertama anda harus membuat akun Bing dulu. Kemudian setelah masuk Anda hanya perlu memasukkan URL website Anda ke kotak yang telah disediakan. Setelah itu, klik tombol “Add”. Dari situ, kemudian Anda akan diarahkan ke layar dimana Anda harus memasukkan informasi tentang website Anda dan URL sitemap website Anda. Selanjutnya setelah memasukan nama website anda harus verifikasi dengan klik tombol “Verifiy Now” yang bisa dilakukan dengana tiga pilihan yaitu XML file verification, Meta tag verification dan DNS verfication.

Bagaimana cara menggunakan Bing Webmaster Tools?

Salah satu keunggulaan dari Bing Webmaster Tools adalah user friendly atau mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Setelah Anda mendaftarkan dan verifikasi website, Anda akan melihat website yang sudah Anda masukkan. Anda akan mendapat ringkasan untuk setiap website, termasuk clicks, impression, jumlah halaman yang di-index, dan halaman yang di-crawl.

Dashboard

memberi Anda overview tentang aktivitas terbaru website Anda di Bing; mulai dari daftar sitemaps yang dimasukkan, organic search keyword yang memiliki ranking ter-tinggi, inbound links terbaik Anda, hingga menu drop down yang ada tools untuk mendiagnosis URL Anda.

Configure my Site

Terdiri dari :

1. Sitemap

Sitemap Anda akan memberitahu Bing tentang struktur website Anda. Ini tentu bisa membantu memudahkan proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh search engine. Bing mendukung format XML Sitemap, RSS 2.0, Atom 0.3 & 1.0, Yahoo and Bing mRSS, dan text files.

2. Submit URL’s

Disini Anda bisa meminta Bing untuk melakukan crawl ulang di halaman tertentu lewat fitur ini. Fitur ini khusus hanya digunakan untuk memasukkan URL yang tidak ada di index Bing atau perlu di-index ulang karena ada perubahan. Masukkan satu URL setiap baris kemudian klik submit supaya URLnya bisa dievaluasi lagi untuk diindexing.

3. Crawl Control Settings

Bing memperbolehkan Anda untuk membuat pola crawling dengan fitur Crawl Control. Disini Anda bisa memilih dari beberapa pengaturan yang tersedia atau Anda juga bisa mengatur setting Anda sendiri

4. Deep links

Deep links merupakan links yang ada di bawah hasil pencarian yang memiliki ranking tinggi. Link ini mengarahkan siapa yang mengklik linknya menuju landing page ke website. Jadi pada dasarnya, deep links bisa memberikan visibilitas lebih tinggi di halaman hasil pencarian dengan menawarkan pilihan konten yang lebih banyak untuk user.

5. Block URL

Bing mengizinkan Anda untuk menghapus sebuah halaman atau directory dari index mesin pencari. Setelah Anda memilih sebuah halaman atau direktori, masukkan URL lalu pilih fitur blok.

6. Page Preview

Fitur ini akan menampilkan snapshot dari website anda sebagai preview untuk membantu anda.

7. Disavow Links

Agar SEO tidak terpengaruh backlink yang tidak bagus, Anda bisa disavow link tersebut. \

8. Connected pages

Dengan fitur iniBing membantu brand agar bisa lebih mudah menghubungkan website mereka dengan akun social media mereka.

9. Geo Targeting

Fitur ini mengizinkan Anda mengatur audience Anda secara spesifik berdasarkan negara. Sehingga website anda bisa tepat sasaran.

Laporan dan Data Bing Webmaster Tools

1. Laporan traffic halaman website

Laporan halaman traffic menunjukkan pencarian level untuk halaman terbaik Anda. Halaman terbaik disini artinya adalah yang paling banyak mendapat traffic secara organic search.

2. Index Explorer

Fitur ini membantu Anda melihat halaman website mana yang sudah di crawl oleh Bing. Selain itu, mereka juga memberikan data-data untuk Anda seperti berapa banyak URL Anda yang sudah ada di Bing.

 

Bing Webmaster Tools
idwebhost.com

3. Laporan keyword pencarian

Di sini, Anda bisa melihat bagaimana performance website Anda perihal click-through rate dan peringkat rata-rata situs Anda saat diklik.

4. Laporan SEO

Dengan fitur ini, anda bisa mempelajari dan memperbaiki untuk memaksimalkan SEO di website anda

5. Inbound links

Fitur ini menunjukan link dari luar yang masuk ke website Anda.

6. Laporan informasi Crawl

Fitur ini berisi tentang laporan yang lebih dalam tentang error crawls yang terjadi di website Anda.

Sisa fitur yang tersedia adalah Diagnostic tools yang bisa membantu Anda memperbaiki isu website Anda serta memaksimalkan visibilitas di mesin pencari. Bagaimana? sangat banyak fitur di Bing Webmaster Tools yang sangat sayang jika tidak digunakan kan?

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.