5 Cara Bikin Judul Post Populer
Blog Tips Keren 5 Cara Bikin Judul Post Populer

5 Cara Bikin Judul Post Populer

Siapa sih yang nggak mau punya blog dengan trafik yang tinggi dan punya banyak pengunjung? Sepertinya salah satu alasan seseorang membuat blog adalah mendapatkan trafik dan pengunjung yang banyak kan? Lalu gimana caranya untuk bisa mendapatkan banyak trafik nih? Banyak orang yang melakukan hampir segala hal untuk mendapatkan banyak pengunjung. Mulai dari berusaha mengejar pengunjung dari segi SEO, melakukan promo, sampai membuat judul yang click bait agar banyak orang yang tertarik untuk masuk ke website mereka. Nah, bicara soal judul nih, sebenarnya ada banyak sekali cara bikin judul post populer.

Sebelum kesana, kita mau sedikit bicara soal apa saja yang setidaknya bisa mempengaruhi trafik. Pertama jelas adalah SEO. Tapi yang perlu kalian tahu, SEO bukanlah kunci bagi sebuah website untuk bisa populer. Kenapa? Karena bagaimana pun yang kalian hadapi adalah manusia, bukan robot. Mesin pencari Google, atau algoritma Google memang akan mempersembahkan konten terbaik yang dicari para penggunanya. Nah, kalau SEO, memang kebanyakan fokus pada bagaimana algoritma Google bisa menganggap bahwa konten kita bagus dan bisa di present ke pengguna mesin pencari Google. Tapi di luar itu, kita yang seharusnya tahu apa yang dicari para manusia atau pengguna mesin pencari Google itu. Karena sejatinya itulah kuncinya.

Nah, kalau bicara soal bagaimana caranya untuk mengetahui apa yang dicari para manusia pengguna mesin pencari Google ini, ada banyak sekali cara, salah satunya adalah dengan menggunakan tools yang dimiliki oleh Google sendiri yakni tools pencari keyword. Dengan menggunakan tools ini, kalian akan bisa mendapatkan apa yang setidaknya sedang sangat hangat dan populer dan dicari banyak orang kala itu. Dimana hal itu kemudian akan berhubungan soal cara bikin judul post populer. Tapi sebelum kesana, kita bedah dulu, apa yang biasanya menghalangi orang untuk bikin konten yang baik.

 

Bikin Judul Post Populer
idwebhost

 

Kenapa Konten Jelek?

Kalau ada yang nanya kenapa kontennya jelek, kita harus nanya sama diri kita sendiri, apa yang bikin konten kita jelek. Biasanya, ada setidaknya 3 hal yang bikin konten jelek. Pertama, malas membaca dan juga kurang membaca. Yups! Jangan harap kalian bisa menulis dengan bagus, atau membuat konten dengan bagus, kalau ternyata kalian malas membaca! Membaca itu penting! Sekedar informasi, tingkat baca negara ini bisa dibilang sangat amat rendah. Itu kenapa banyak orang yang dengan mudah bisa terkena hoax, soalnya males membaca. Nah, untuk membuat sebuah konten bagus, kuncinya adalah mempelajari konten yang akan kalian buat. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Gimana bisa jadi lebih baik kalau berlatih atau dalam konteks ini membaca saja malas?

Masalah kedua sebenarnya bukan terlalu jadi masalah. Beberapa orang menyebutnya masalah, tapi bagi sebagian orang ini bukan sebuah persoalan. Masalahnya adalah Terlalu Idealis. Bagi sebagian orang ini merupakan sebuah masalah, tapi bagi banyak orang, idealis itu perlu, bahkan harus. Asal, kalian melakukan idealisme kalian, menghidupi idealisme itu dengan baik. Misalnya, kalian sangat suka menulis tentang review helm. Dimana menurut banyak orang itu sangat tidak populer dan akhirnya dibilang terlalu idealis. Kalau kalian berhenti, maka mungkin kalian tidak akan mendapatkan buahnya.

Tapi ketika kalian terus menulis hal yang sama, memperbaiki tulisan, mengambil sudut pandang yang lain, terus belajar dan tetap pada objek yang sama, helm misalnya, maka kalian akan menemukan buahnya cepat atau lambat. Banyak sekali contoh di dunia ini orang-orang yang idealis, dan tetap bertahan pada idenya, lalu sukses besar. Seperti misalnya Steve Jobs yang idealis dengan konsepnya terhadap produk Apple, lalu Jeff Bezos, yang tidak berhenti mengembangkan Amazon di tengah banyak orang yang apatis dengan dunia internet kala itu, dan lain sebagainya. Itu salah satu contoh. Jadi, idealis bukan jadi alasan kenapa konten jadi jelek. Kembali lagi ke poin pertama, kurangnya membaca. Semakin banyak membaca, semakin cerdas kamu memilih angle sehingga objek apapun yang kamu tulis, akan tetap terasa menarik.

Tulisan yang berantakan jadi point selanjutnya kenapa konten jelek. Tapi, sekali lagi, kembali pada poin pertama dimana kamu harus suka membaca. Kenapa? Karena ketika kamu suka membaca, secara tak langsung kamu akan melatih diri untuk juga menulis. Kamu jadi akan tahu bagaimana susunan kata yang bagus, susunan kata yang baik dan tepat, dan lain sebagainya. Bukan hanya menambah wawasan soal sudut pandang penulisan, tapi pada poin paling dasar, yakni tata cara menulis juga akan jadi lebih baik ketika kamu sering membaca.

 

Bikin Judul Post Populer
idwebhost

Lalu, Cara Bikin Judul Post Populer Gimana?

Nah, setelah setidaknya kita tahu apa alasan di balik konten yang jelek, kita sekarang baru bisa bicara soal cara bikin judul post populer. Gimana sih caranya? Apakah kita harus pesugihan agar mendapatkan judul post terbaik dan paling populer? Hahaha! Tentu tidak donk! Berikut ini 5 cara bikin judul post populer yang wajib kamu tahu!

Carilah Topik yang Populer

Yups! Kunci pertama dalam cara bikin judul post populer adalah dengan mendapatkan topik yang populer. Lalu bagaimana caranya mendapatkan topik yang populer? Ada banyak sekali cara! Kamu bisa menggunakan tools Google untuk mendapatkan keyword yang sedang populer saat itu, atau juga kamu bisa mengunjungi berbagai macam forum dan mencari apa yang sedang trending disana. Hingga kamu juga bisa mengecek sosial media untuk tahu apa yang masuk trending dan apa yang sedang dibicarakan banyak orang atau sedang viral kala itu. Semua itu bisa kamu jadikan topik dari konten yang akan kamu buat. Ingat, dalam point pertama ini kuncinya adalah peka!

BACA JUGA: Apa Itu Marketplace Online?

Cari Ide Dari Blog Lain

Jangan malu untuk mencari ide dari blog lain. Selama kalian tidak terbukti menjiplak, maka kalian akan aman saja. Kenapa? Karena percayalah bahwa mungkin lebih dari 50% tulisan yang ada di website adalah tulisan ulang atau setidaknya tema yang sama. Jarang sekali ada tema-tema yang berbeda. Bahkan berita. Mungkin tema-tema yang cukup berbeda adalah tulisan atau konten dari penelitian dan sebagainya. Nah, kalau kamu kehabisan ide, atau ingin mencari ide yang lebih fresh, cobalah untuk blogwalking untuk mendapatkan judul post populer. Setelahnya kamu bisa mengambilnya sebagai inspirasi, lalu kombinasikan dengan minatmu.

Cari Ide Pembanding

Cara bikin judul post populer yang berikutnya adalah mencari pembanding. Tentu untuk mendapatkan judul post terbaik, maka kamu harus mencari yang jauh lebih baik lalu membuat yang lebih baik dan yang lebih baik itu. Cari sebanyak-banyaknya pembanding, entah dari segi judul, atau juga dari segi konten.

 

Bikin Judul Post Populer
Bikin Judul Post Populer

Kontenmu Harus Solutif

Kalau poin yang satu ini dalam cara bikin judul post populer sebenarnya tidak selamanya begitu. Tapi memang bahwa sebuah konten yang solutif itu banyak dicari orang. Jadi, mungkin fokusnya lebih pada apa masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Misalnya soal IT, soal pelajaran, dan lain sebagainya. Buatlah konten yang menjawab persoalan itu. Dengan begitu niscaya kontenmu akan populer karena menjawab persoalan banyak orang.

Jangan Click Bait!

Ini yang harus kalian pahami dalam cara bikin judul post populer. Kalian harus tahu bahwa sekarang ini orang sangat tidak suka dengan sesuatu yang berbau click bait. Click bait akan sangat berefek buruk pada trafikmu. Mungkin iya, pengunjungmu akan banyak, tapi bounce ratenya akan tinggi dimana itu juga sangat tidak disukai mesin pencari. Jadi sebanyak apapun pengunjungmu, kalau bounce ratemu tinggi, kamu tetap akan menjadi website yang tidak akan populer. Terlebih lagi, judul click bait bukanlah judul yang populer!

Well, itu dia setidaknya 5 cara bikin judul post populer. Jadi, ingat, kuncinya ada 1, seringlah membaca. Sudah, itu saja cukup. Karena dengan banyak membaca, wawasan kalian akan terbuka, dan kalian pasti akan bisa menemukan judul post populer versi kalian. Selamat mencoba!