Big Data: Bagaimana Perkembangan dan Dampaknya Terhadap Bisnis
Blog Tips Keren Big Data: Bagaimana Perkembangan dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Big Data: Bagaimana Perkembangan dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Big Data merupakan sebuah kumpulan data yang nantinya akan terkumpul dalam kecepatan yang cepat dan juga volume yang besar. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maka Big Data memiliki arti sebagai data besar. Di sini akan muncul hokum 3V yang nantinya terdiri atas Volumes, Variety dan Velocity. Ketiganya memiliki arti sebagai variasi, volume, dan juga kecepatan. Tapi bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari terkait Big Data tersebut.

Apa Itu Big Data?

Big Data merupakan kumpulan data yang kompleks dengan jumlah yang sangat besar didalamnya. Dari sini terlihat bahwa ini adaah sumber data baru yang sangat banyak didalamnya. Dengan adanya Big Data ini maka sebetulnya akan bisa memberikan manfaat yang mana akan bisa mengatasi masalah bisnis yang tidak dapat anda tangani sebelumnya.

Bisa dikatakan bahwa Big Data adalah sebuah proses pengumpulan data dari berbagai sumber yang nantinya akan digunakan dalam rangka mendapatkan keputusan yang lebih baik. Melalui Big Data inilah nantinya akan tersedia sebuah konsep yang sesuai dengan kemampuan anda dimana anda akan mampu mengumpulkan, dan menganalisa berbagai macam data yang ada didalamnya. Dengan adanya Big Data ini maka akan memberikan kepada anda lebih banyak kemudahan yang ada didalamnya bagi anda. Sebagaimana yang dijelaskan di atas tentang hukum 3V, maka berikut adalah yang tersedia didalamnya:

 

Big Data: Bagaimana Perkembangan Dan Dampaknya Terhadap Bisnis
idwebhost.com

Volume

Volume menjaddi sebuah elemen yang penting dalam Big Data. Di sini anda tentunya perlu untuk memproses volume data yang cukup besar dalam Big Data itu sendiri. Dari sini akan terlihat apa saja manfaat yang nantinya akan bisa anda ambil dan terapkan didalamnya.

Velocity

Terkait mengenai velocity atau kecepatan menjadi hal yang penting juga dalam Big Data. Kenapa? Karena di sini akan bisa dilihat seberapa jauh kecepatan bagi data tersebut untuk bisa diterima dan mungkin saja akan langsung bisa digunakan didalamnya. Ketika anda mampu menggunakannya dengan mudah dan tepat, sudah pasti hal tersebut akan membawakan kepada anda manfaat yang lebih dahsyat dan banyak lagi.

Variety

Variety menjadi sebuah pilihan terhadap berbagai jenis data yang terstruktur dan bisa anda temukan didalamnya itu sendiri. Dalam Big Data ini, anda akan bisa melihat sebuah data yang terstruktur didalamnya. Anda akan melihat berbagai data mulai dari Text, Audio, Video dan lain sebagainya yang akan bisa anda maksimalkan dan terapkan didalamnya.

Sejarah Dan Perkembangan Big Data

Sejarah dan perkembangan dari Big Data ternyata juga ada. Semua bermula pada sekitar tahun 2005 dimana semua orang mulai menyadari bahwa banyak data yang mulai dihasilka dari pengguna YouTube, Social Media, dan juga berbagai layanan online yang tersedia lainnya. Hadoop sebagai sebuah software open source memiliki andil yang signifikan dalam melakukan analisa terhadap data-data terkait yang ada didalamnya. Dari sinilah Big Data itu berawal. Berbagai pengembangan software open source pun mulai dikembangkan. Dari sini data yang lebih besar tersebut akan lebih mudah untuk disimpan.

 

Big Data: Bagaimana Perkembangan Dan Dampaknya Terhadap Bisnis
idwebhost.com

 

Kenapa Big Data ini menjadi sebuah aset yang sangat penting? Karena pada dasarnya semua orang kini semakin tahu dan paham akan teknologi. Dari sinilah volume Big Data itu sendiri meningkat dari waktu ke waktu dengan jumlah yang sangat besar dan maksimal didalamnya. Dengan semakin berkembangnya Internet Of Things, sudah pasti ini menunjukan bahwa lebih banyak perangkat yang terhubung dengan internet, mulai dari Smartphone dan lain sebagainya yang ada didalamnya.

Di sini Big Data akan menjadi sebuah sarana untuk mengetahui kinerja produk, dan juga pola penggunaan pelanggan terhadap layanan atau fitur terkait. Nantinya di sinilah akan dilakukan pengumpulan data tersebut. Selain itu kemunculan dari Machine Learning juga memberikan andil yang cukup signifikan didalamnya. Kini semua orang bisa menemukan dan menghasilkan lebih banyak data dengan mudah itu sendiri didalamnya. Pada dasarnya semua juga akan bisa dan mampu diperoleh dengan mudah dan tepat itu sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL

Contoh Dari Big Data

Setelah membahas lebih jauh mengenai deskripsi Big Data di atas, kini masuk ke tahap selanjutnya tentang apa saja hal-hal yang dianggap sebagai Big Data itu sediri. Dari sini anda akan bisa mendapatkan informasi yang penting dan sesuai dengan yang anda butuhkan didalamnya. Simak list-nya di bawah ini:

Data Penggunaan Smartphone

Yang pertama dalam Big Data tentu saja adalah data dari penggunaan Smartphone itu sendiri. Di sini bisa anda lihat bahwa hampir semua orang kini sudah memiliki tablet atau Smartphone. Yang mana ini juga adalah pertanda bahwa semakin banyak orang yang menggunakan data tersebut untuk berbagai hal. Aplikasi penting seperti Google Maps, Gmail, dan lain sebagainya tentu akan berpotensi bagus dalam mengumpulkan data yang terkait dengan lokasi anda itu sendiri.

Social Media

Hal lain dalam Big Data yang perlu diketahui adlah dari social media tersebut. Pastinya juga telah diketahui bahwa manusia di era Milenials ini tidak bisa lepas dari yang namanya social media. Setiap hari selalu ada update informasi mengenai foto dan status yang diunggah di social media tersebut. Sebagaimana diketahui dari Twitter misalnya, lebih dari 400 juta tweets membanjiri. Selain itu 72 video juga diunggah di YouTube setiap menitnya. Yang mana ini akan memudahkan social media sebagai Big Data untuk mendapatkan informasi tentang kontak dan juga pola penggunaan yang kita lakukan terkait social media tersebut.

 

Big Data: Bagaimana Perkembangan Dan Dampaknya Terhadap Bisnis
idwebhost.com

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Android Oreo

Situs Streaming Online

Jejak digital yang nantinya menjadi Big Data tersebut juga bisa didapatkan dari digitalisasi media. Dulu orang menggunakan CD dan DVD untuk menonton video yang diinginkan. Tapi di era yang semakin modern ini, semua orang memilih menggunakan Netflix dan Spotify untuk bisa menikmati semua yang diinginkan secara online. Jadi sudah pasti manfaat yang akan bisa didapatkan pun juga akan banyak sekali didalamnya. Inilah yang nantinya akan mampu memberikan dampak maksimal dan juga begitu istimewa. Jejak anda pun akan terekam saat melakukan aktivitas ini. Belum lagi aktivitas tambahan lainnya seperti membaca eBook yang spesifik di situs buku online seperti Amazon, Kindle dan lain sebagainya.

Smart Device

Apakah menurut anda smart device saat ini hanya dari Smartphone saja? Tentu saja tidak, banyaknya perangkat lain yang juga menggunakan teknologi Smart ini pada akhirnya mampu menjadi aset Big Data yang signifikan. Dari sini anda bisa melihat ada Smart TV, Smart Watch, Smart Fridges, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga perangkat lainnya yang menggunakan konsep tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu Big Data yang paling tepat didalamnya. Inilah yang kesemuanya itu menjadi sebuah bagian dari Internet Of Things dimana semua orang kini telah berada di era maju perkembangan zaman Big Data.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.