Belajar dari Nol Facebook Ads Manager
Blog Tips Keren Belajar dari Nol Facebook Ads Manager

Belajar dari Nol Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager merupakan sebuah advertising platform yang dipunyai oleh Facebook. Tugasnya adalah untuk menyebarluaskan konten iklan Anda pada timeline pengguna facebook. Agar bisa memulai Facebook Ads tentunya Anda memerlukan 2 hal yang penting dan sangat krusial. Mulai dari hal non teknis hingga hal teknis.

Hal-Hal Non Teknis dalam Facebook Ads Manager

Pelajari Manfaat Inti dari Produk yang Ditawarkan

Ada begitu banyak advertiser yang gagal dalam melewati fase ini. Mulai dari asal iklan, asal jual dan belum bisa mendefinisikan manfaat inti dari produk tersebut. Apa saja manfaat terbesarnya dan seberapa baik dan berguna dari produk yang Anda tawarkan. Value yang jelas, dan mengkristal akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah materi iklan yang nantinya akan Anda gunakan ketika terjun ke dalam Facebook Ads. Berbicara tentang value, Anda juga bisa belajar dari Business Model Canvas yang sudah ditemukan oleh Alex Osterwalder dan Alan Smith. Dari Business Model Canvas tersebut nantinya Anda akan mengenal jika dalam memulai dan membangun bisnis, yang harus di fokuskan pertama kali adalah Value yang diberikan.

facebook ads manager

Perlu Mengetahui Siapa Yang Layak Mendapatkan Manfaat

Setelah berhasil dalam menemukan atau menciptakan value dari produk, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendetailkan, membuat daftar siapa saja yang nantinya akan mengucapkan terimakasih ketika Anda berhasil menyampaikan manfaat tersebut. Semakin Anda mampu dalam mendefinisikan hal tersebut, maka akan sangat mudah dalam proses iklan. Berbeda halnya jika Anda belum yakin, buatlah daftar beberapa perkiraan dan asumsikan di awal. Hal ini menjadi sangat penting karena Facebook Ads hanyalah media yang digunakan untuk memperluas jangkauan manfaat dari produk yang sudah Anda punya untuk bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Ketika nantinya Anda salah dalam menentukan penerima manfaar dari produk yang Anda punya, maka produk Anda akan kurang dalam mendapatkan respon.

Mulai Belajar Hal Teknis Facebook Ads Manager

Terdapat empat hal yang harus kuasai ketika Anda siap belajar Facebook Ads.

  1. Merencanakan Iklan. Apa yang menjad goal atau tujuan Anda, hasil akhir yang ingin Anda capai dan indicator jika iklan Anda sudah berhasil.
  2. Memasang Iklan. Anda juga harus memahami secara utuh apa itu Campagin, Adset dan Ads. Ketiga hal tersebut merupakan struktur dasar dari peletakan iklan yang ada di Facebook Ads.
  3. Membaca hasil laporan iklan. Mulai dari CPM, CTR, CPC< CTA, WC, VC, ATC dan lain sebagainya. Tentu ini sangat fundamental yang harus Anda kuasai dan pelajari.
  4. Menganalisa hasil iklan. Untuk menentukana apakah kondisi iklan yang Anda jalankan masih layak untuk diteruskan. Dari hasil analisa tersebut Anda akan mengetahui hasilnya dan langkah apa yang harus Anda lakukan pada langkah berikutnya.

facebook ads manager

Mulai Membiasakan Menjadi Pengamat yang Jeli

Dalam memasang iklan facebook bisa dikatakan sebagai pendalaman dari observasi. Anda juga harus mengamati iklan milik orang lain yang secara tidak sengaja lewat di timeline Anda. Kemudian membuat sebuah hipotesa sederhana dari alasan iklan yang mendapatkan respon sangat baik, dan respon yang jelek. Juga harus mengamati apa yang menjadi trend saat itu, mulai menyelami kehidupan yang menjad audience Anda dan lainnya. Indicator keberhasilan advertiser tidak bisa ditentukan dalam course ataupun workshop. Course, workshop atau training adalah sebagai pelatakan dasar. Sedangkan untuk indicator keberhasilan lebih ditentukan oleh pengamatan yang mendetail terhadap pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Menghindarkan Diri Dari Distraction

Jika Anda sebelumnya sudah memutuskan untuk mempelajari Facebook Ads, maka fokuskan diri untuk menguasai Facebook Ads. Jangan mudah lapar mata, jangan mudah tergiur sehingga langsung pindah haluan. Karena sebenarnya saat ini sedang berada dalam industri yang paling inovatif maka tidak boleh sampai meleng.

Tutorial Menjalankan Facebook Ads Manager

Memulai Persiapan Business Manager

Dalam sebuah pemasangan iklan, ada 2 cara yang nantinya akan Anda tempuh yaitu menggunakan akun personal atau menggunakan akun Business Manager. Tentunya yang paling disarakan adalah menggunakan Business Manager. Berikut alasannya:

  1. Akun personal sangat terbatas integrasinya. Biasanya untuk dipakai yang menggunakan pertama kali.
  2. Ketika nantinya bisnis yang Anda jalankan mulai tumbuh, maka Anda terpaksa harus menjalakan Iklan Facebook Ads dari akun business manager, sehingga tidak kerja 2 kali.
  3. Akun BM sangat mudah dibuat.

facebook ads manager

Mengenal Facebook Ads Business Manager

Business Manager (BM) merupakan sebuah portal dari pengelolaan multi akun Facebook ads yang sudah disediakan oleh Facebook. Cara membuatnya juga sangat mudah karena hanya tinggal berkunjung pada laman  http://business.facebook.com untuk selanjutnya melakukan pendaftaran.

Mengenal ID Business Mangaer

Setelah Anda berhasil membuat akun di Business Manager, lakukan login. Dan lihat URL pada browser Anda. Jangan lupa untuk catat nomor yang muncul setelah business_id=. ID Business Manager bisa Anda ibaratkan sebagai No. KTP dan akan sangat terpakai dalam banyak hal nantinya.

Mempelajari Business Manager

Agar bisa memulai Business Manager dengan mudah, lihatlah beberapa menu yang ada. Jika Anda mengalami kebingungan, terdapat tombol home dari business manager, yang bisa menjadi solusi Anda ketika tersesat. Jika sudah paham dengan jalan pulang, semua peta dalam perjalanan dalam Business Manager dikenal dengan “Business Settings”. Jangan lupa untuk mengunjungi agar lebih paham.

facebook ads manager

Membaca Peta Business Manager

Ada beberapa hal yang harus Anda tahu agar bisa memahami Business Manager dengan cepat. Struktur penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan orang yang tergabung dalam sebuah Business Manager Anda. Dalam sebuah bisnis, terdapat bos dan karyawan. Bos dalam Business Manager dikenal dengan sebuatn Admin, sedangkan untuk karyawan business Manager dikenal dengan sebuatn Employee. Anda dapat mengangkat seorang karyawan atau bisa jadi Anda saja yang menjadi admin.
  2. Ini merupakan asset bisnis Anda dan asset bisnis yang Anda bekerjasama didalamnya. Contohnya, Anda mempunyai sebuah pages Facebook, kemudian Anda kerjasamakan dengan orang lain untuk bisa mengelola pages tersebut, selanjutnya ANda dapat menjadikan business manager mereka sebagai admin. Dan dapat juga berlaku sebaliknya.
  3. Ad Accounts. Inilah tempat yang digunakan untuk meluncurkan iklan. Anda juga harus menghafalkan tempatnya untuk selanjutnya mempersiapkan Akun Iklan.

Facebook Ads merupakan platform iklan paling efektif agar bisa memperluas pasar Anda. Sehingga maksimalkan potensi facebook ads agar bisnis yang Anda jalankan bisa memperoleh banyak pelanggan. Didukung dengan 130juta pengguna aktif Facebook, tentu Anda sangat bisa memanfaatkan Facebook sebagai platform marketing bisnis Anda. Anda bisa dengan mudah mengjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke hanya dengan memanfaatkan satu platform media sosial saja. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk subscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.