Mau Belajar Coding? Kunjungi Situs-Situs Ini

Mau Belajar Coding? Kunjungi Situs-Situs Ini

Siapa bilang belajar coding itu susah? Banyak yang beranggapan mempelajari coding itu sulit. Sehingga, banyak orang kemudian mengabaikan manfaat besar dari mempelajari soal coding. Coding banyak sekali dibutuhkan di berbagai media. Selama itu basisnya teknologi, coding sangat dibutuhkan untuk menghidupkan teknologi tersebut.

Apalagi bagi Anda yang ingin membuat website, tentu mempelajari soal coding ini adalah salah satu hal wajib. Tidak perlu bergelar teknik informatika untuk Anda mahir melakukan coding. Sekarang banyak sekali aplikasi serta situs resmi yang dapat membantu Anda belajar secara otodidak.

Belajar Coding untuk Pemula

belajar coding

Sebelum Anda memulai belajar coding, tentu saja Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu coding. Jangan hanya ingin belajar saja tanpa mengetahui mengenai coding ini. Manfaat serta kegunaan dari coding juga harus Anda pelajari. Sehingga, nantinya proses belajar Anda berjalan lebih baik dan tentunya bermanfaat.

Apa yang dimaksud dengan coding? Coding merupakan kegiatan menulis sebuah kode atau sebuah skrip yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti JavaScript. Untuk melakukan coding, tidak bisa asal ketik kode saja. Anda harus mengikuti aturan dari sintaks agar komputer memahami kode Anda. Apabila aturan tidak Anda ikuti, maka kode yang Anda tulis tidak akan diproses komputer.

Banyak sekali situs-situs maupun aplikasi yang dapat menjadi tempat Anda mempelajari soal coding ini. Apalagi bagi Anda para pemula yang ingin belajar, banyak sekali platform yang bisa Anda pilih. Selain itu, situs-situs ini juga sangat berguna bagi Anda yang sekarang sedang mengenyam pendidikan di bidang IT dan ingin mendalami.

  1. CodeAcademy

Salah satu situs belajar coding yang paling direkomendasikan yaitu CodeAcademy. Situs yang satu ini memberikan penawaran yang luar biasa bagi Anda yang ingin mempelajari coding. Anda dapat mempelajari dunia pemrograman ini secara gratis. Bahkan, Anda bisa belajar hingga mahir seperti seorang programmer handal.

Materi-materi yang mereka tawarkan juga banyak terkait dunia coding. Anda bisa belajar bahasa pemrograman mulai dari HTML hingga JavaScript dan lainnya. Terdapat banyak kuis juga yang mereka adakan untuk menambah pengalaman Anda dalam dunia coding. Bukan hanya itu, CodeAcademy bahkan juga menyediakan ruang diskusi agar Anda bisa menanyakan soal coding.

  1. Belajar Coding di Dicoding

Situs selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu Dicoding. Banyak kelas yang bisa Anda dapatkan di situs ini. Bukan hanya soal coding, mereka juga menawarkan kelas lain yang akan Anda butuhkan untuk berkarir sebagai programmer. Dicoding memiliki berbagai pilihan kelas yang bebas Anda pilih jika berlangganan.

Selain itu, mereka memiliki kurikulum yang jelas yang juga telah disetujui oleh tim dari Google, lho. Jadi, sudah pasti materi yang mereka berikan sangat bermanfaat. Bukan hanya itu, Dicoding juga rutin membagikan artikel di blog terkait coding dan dunia programmer lainnya. Bahkan, mereka juga memberikan contoh gratis bagi para pembaca.

  1. W3schools

Salah satu situs belajar coding yang bisa Anda coba yaitu W3schools. Berbeda dengan situs lainnya yang memulai pembelajaran dengan materi. Di W3schools, Anda akan memulai dengan mengerjakan kuis guna mencari tahu seberapa Anda paham soal coding. Jangan ragu untuk mencoba situs ini hanya karena kuis singkat di awal.

Belajar sambil praktek akan membuat Anda lebih memahami soal coding daripada hanya belajar materi saja. Sama seperti situs lainnya, W3schools juga menyediakan banyak bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih untuk pelajari.

  1. Situs Coding EDX

belajar coding untuk Pemula

Rekomendasi situs selanjutnya yaitu edX. Mau belajar coding secara online tapi di universitas ternama? Jika ya, maka Anda harus memilih situs yang satu ini. Bukan universitas nasional, tetapi internasional yang sangat dipercaya, yaitu Harvard University. Situs ini merupakan hasil pengembangan Harvard bersama dengan MIT.

Memang pembelajarannya dilakukan secara tradisional, tetapi Anda tidak perlu meragukan materi yang mereka berikan. Bahkan, kini situs edX ini mampu mengajar untuk 60 lebih sekolah di dunia. Menarik sekali, bukan?

  1. Free Code Camp

Ingin belajar pemrograman sambil mengerjakan sebuah project? Anda harus mencoba situs Free Code Camp yang satu ini. Bukan hanya mempelajari coding saja, mereka bahkan menyediakan berbagai project yang bisa Anda ambil sebagai langkah pertama menjadi programmer. Menariknya lagi, Anda juga akan mendapatkan sertifikat serta koneksi luas dengan para coder.

Anda dapat belajar secara gratis di Free Code Camp dengan berbagai hal yang bisa Anda pelajari. Kapan lagi bisa belajar sambil bekerja dalam real project sebuah organisasi?

  1. CodePolitan

Tidak bisa bahasa inggris memang terkadang menyulitkan dalam proses pembelajaran coding di situs internasional. Nah, bagi Anda yang ingin belajar dengan bahasa Indonesia, Anda bisa mencoba CodePolitan. Situs pembelajaran coding yang satu ini menyediakan e-book yang nantinya Anda butuhkan untuk belajar coding.

Selain itu, CodePolitan juga menyediakan tutorial training untuk melatih Anda agar menjadi programmer handal melalui coding. Anda juga dapat mempraktekan ilmu yang telah Anda pelajari melalui fitur yang mereka sediakan. Nantinya, Anda dapat mengedit kode atau script yang ada di CodePolitan.

  1. Code Avangers

Belajar sambil bermain memang sangat mengasyikkan. Begitu pula konsep yang Code Avangers terapkan dalam pembelajaran bahasa pemrograman. Nantinya, Anda akan diajak oleh Code Avangers belajar sambil bermain mengenai bahasa pemrograman. Tenang, meskipun situs ini berasal dari Selandia Baru, Anda dapat mengaktifkan fitur bahasa Indonesia agar lebih paham.

Dengan berlatih menggunakan metode permainan, Anda akan lebih mudah paham mengenai bahasa pemrograman. Terdapat banyak macam juga bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari melalui Code Avangers.

  1. Coursera

Rekomendasi selanjutnya yaitu Coursera. Situs yang satu ini hampir mirip dengan edX. Coursera juga menyediakan berbagai materi di kelas yang langsung diajar oleh profesor. Nantinya, Anda akan mendapatkan banyak video terkait pembelajaran. Sama seperti beberapa situs lainnya, Coursera juga menyediakan berbagai kuis serta project yang bisa Anda ambil untuk latihan.

Hebatnya lagi, Coursera menyediakan layanan kelas gratis bagi Anda. Jika Anda membayar lebih, maka Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi. Dari kelas berbayar ini, Anda juga akan mendapatkan sertifikat. Baik bagi pemula maupun tingkat lanjut, Anda dapat mencoba situs ini karena pilihan kelas yang mereka tawarkan sangat beragam.

  1. Belajar Coding di HackerRank 

belajar coding

Bukan hanya pemula, bahkan bagi Anda tingkat lanjutan bisa menggunakan situs HackerRank untuk belajar. Bukan hanya soal coding saja yang mereka tawarkan, bahkan materi lain terkait pemrograman dapat Anda temukan di situs ini. Memiliki konsep yang sama dengan situs lainnya, HackerRank juga menyediakan beberapa kompetisi untuk melatih pengetahuan coding Anda.

Setiap berhasil menyelesaikan tantangan soal coding dan pemrograman, nantinya Anda akan mendapatkan poin. Sangat menarik sekali belajar di HackerRank yang telah terbukti bermanfaat bagi para programmer.

  1. Aplikasi Coding Dcoder

Mau belajar coding tapi lewat Android? Sangat bisa jika Anda mengunduh aplikasi Dcoder di ponsel Anda. Aplikasi ini memiliki konsep yang sama seperti situs belajar coding pada umumnya. Nantinya, Anda akan mendapatkan berbagai pembelajaran coding secara gratis. Bahkan, di aplikasi ini terdapat sekitar 33 jenis bahasa pemrograman, lho.

Menariknya lagi, semua pembelajaran ini dapat Anda akses secara gratis dengan hanya mengunduh aplikasi tersebut di Android. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai artikel terkait dunia pemrograman serta sebuah modul untuk belajar secara gratis.

Kesimpulan

Tidak ada kata sulit untuk belajar sebagai seorang programmer meskipun Anda tidak memiliki latar pendidikan sebagai programmer. Cukup akses saja situs-situs yang telah direkomendasikan secara gratis. Tidak hanya itu, banyak juga situs pembelajaran bahasa pemrograman ini dalam bahasa Indonesia, sehingga Anda bisa lebih memahami.

Banyak juga aplikasi belajar coding yang dapat Anda unduh secara gratis melalui platform aplikasi. Sekarang, belajar coding tidak perlu bergelar sarjana Teknologi Informatika lagi. Anda bisa belajar secara otodidak dan dimana saja Anda berada.

Memiliki keahlian sebagai programer di masa modern, tentu memberikan banyak keuntungan. Misalnya, Anda bisa menggunakan keahlian coding untuk membuat aplikasi ponsel dan website.

Nah, sebelum membuat website, pastikan Anda sudah tahu tempat yang tepat untuk beli domain dan langganan hosting murah. Di mana lagi, kalau bukan di IDwebhost.

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022