Panduan Belajar Coding untuk Pemula: Pengertian, Pilihan Aplikasi, dan Cara Belajar

29 Sep 2022
Panduan Belajar Coding untuk Pemula: Pengertian, Pilihan Aplikasi, dan Cara Belajar campaign-unlimited

Perkembangan pesat di bidang teknologi berdampak pada semakin tingginya kebutuhan akan profesi programmer. Tentu saja ini merupakan peluang yang besar, khususnya untuk kamu yang tertarik dengan bidang teknologi. Belajar coding ialah salah satu langkah utama yang harus kamu lakukan untuk memulainya.

Sebagai seorang programmer, menguasai skill coding merupakan sebuah kewajiban. Hampir semua perangkat elektronik, aplikasi, website, dan bahkan game mengandalkan coding untuk menjalankan sistemnya. Oleh sebab itu, mari ikuti ulasan berikut sampai selesai ya.

Apa Itu Coding?

belajar coding

Untuk mulai belajar coding, kamu harus mengetahui definisi dari coding terlebih dahulu. Menurut Make Use Of, coding adalah kegiatan membuat serangkaian susunan kode berisikan instruksi atau perintah yang harus dilakukan oleh sistem komputer.

Sebab sistem pada komputer tidak bisa berkomunikasi seperti manusia, dalam melakukan coding artinya kamu harus menggunakan bahasa pemrograman serta aturan sintaks yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar komputer dapat memahami instruksi yang kamu berikan dalam coding.

Oleh karena itu, dalam coding digunakan bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh sistem komputer. Dengan bahasa pemrograman ini kamu juga dapat memberikan instruksi kompleks, yang sekiranya terlalu berat untuk dilakukan secara manual. Misalnya saja seperti pada proses komputasi modern.

Ada kalanya coding dilakukan bukan hanya untuk memberikan instruksi. Coding juga bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tertentu dalam sistem. Sebenarnya, kegunaan coding masih ada banyak lainnya. Misalnya seperti untuk membuat website, memproses data, otomatisasi spreadsheet, membuat game, dan sebagainya.

Pilihan Aplikasi Coding untuk Belajar

Setelah mengetahui arti coding dari ulasan di atas, kamu harus mengetahui apa saja pilihan aplikasi web coding. Beberapa situs dan aplikasi web ini memungkinkan kamu untuk melakukan coding online dan belajar berbagai materi seputar programming. Nah, kira-kira apa saja pilihannya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Notepad

Pada dasarnya, coding tidak memerlukan banyak alat. Jika kamu benar-benar baru mulai belajar coding, kamu bisa menggunakan aplikasi teks editor biasa seperti WordPad atau Notepad. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencoba berlatih menuliskan kode berdasarkan struktur sintaks bahasa pemrogramannya.

2. Codeacademy

Untuk keperluan coding yang lebih kompleks, kamu juga bisa menggunakan Codeacademy. Dengan mengunjungi situsnya, kamu bisa memilih berbagai pelajaran seputar coding dan programming. Kamu bisa mengambil berbagai kelas belajar pemrograman yang tersedia secara gratis.

Di samping itu, Codeacademy juga menawarkan berbagai materi coding lainnya. Misalnya seperti materi bahasa pemrograman mulai dari Javascript, HTML coding, dan sebagainya. Untuk melatih kemampuan coding, kamu juga bisa mencoba fitur kuisnya, lho. Bagaimana? Siap belajar cara coding dan uji kemampuanmu langsung?

3. SoloLearn

Aplikasi lain yang bisa digunakan sebagai alternatif pilihan mengasah skill coding ialah SoloLearn. Dalam aplikasi SoloLearn kamu bisa mendapatkan materi belajar skill coding terpadu. Materi pembelajaran diberikan secara bertahap. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan terstuktur dan terarah.

Setiap materi pembelajaran yang disampaikan juga dilengkapi dengan contohnya. Untuk menguji pemahamanmu, kamu juga bisa mengikuti kuis di SoloLearn. Aplikasi ini mendukung berbagai bahasa pemrograman, lho. Misalnya seperti coding c++, coding CSS, Phython 4, dan masih banyak lainnya.

4. Dicoding

coding adalah

Berikutnya, kamu juga bisa mencoba Dicoding. Jika kamu tertarik untuk berkarir sebagai seorang programmer maka kamu wajib menggunakan aplikasi web Dicoding. Dalam Dicoding kamu bisa menemukan banyak pilihan kelas dengan materi coding yang lengkap.

Dicoding bahkan menggunakan kurikulum yang sudah berlisensi dan disetujui oleh Google, lho. Untuk menambah wawasan seputar coding dan programming, kamu juga bisa mengikuti update artikel pada blog Dicoding. Untuk memahami coding lebih baik, Dicoding juga memberikan contoh coding yang bisa diakses dengan gratis.

5. edX

Universitas Harvard bersama dengan MIT mengembangkan edX pada tahun 2012. Hingga kini edX dikenal sebagai tempat belajar coding ternama. Kamu bisa mempelajari coding secara online di universitas terkenal dengan mengunjungi situsnya. edX bahkan sudah menaungi lebih dari 60 sekolah di seluruh dunia. Tertarik untuk coba mendaftar?

6. Free Code Camp

Belajar tanpa mempraktikkannya langsung tentu kurang tepat. Jika kamu ingin belajar sekaligus mengerjakan sebuah project langsung, jawabannya ada di Free Code Camp. Di Free Code Camp, kamu bisa memilih berbagai project coding sebagai kesempatan untuk mengasah skill coding mu.

Kabar baiknya, belajar di Free Code Camp juga bisa memberikan sertifikat jika kamu berhasil menyelesaikan project dengan baik, lho. Kamu juga berkesempatan untuk membangun koneksi dengan sesama pelajar coding atau bahkan dengan coder berpengalaman.

Panduan Belajar Coding Pemula

Nah, setelah mengetahui definisi serta aplikasi belajar coding, lalu bagaimana cara untuk memulainya, ya? Dalam ulasan ini kamu bisa mengikuti panduan belajar agar proses belajarmu teratur dan terukur. Dengan begitu kamu bisa menjadi seorang programmer yang handal. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Perbanyak Wawasan Seputar Coding

Langkah pertama dalam memulai proses belajar sebagai seorang programmer ialah dengan memperbanyak wawasan seputar coding. Meskipun coding terkesan cukup sederhana seperti dengan menuliskan kode pada teks editor biasa, sebenarnya coding melibatkan banyak aspek, lho.

Untuk bisa handal melakukan coding, setidaknya kamu harus memiliki beberapa skill utama. Misalnya seperti pengetahuan akan pemrosesan data, pengetahuan struktur data, proses pembuatan algoritma, serta model matematika. Selain itu, kamu juga harus membekali dirimu dengan kemampuan bahasa Inggris, ya.

2. Tentukan Tujuan

Belajar skill coding, tujuannya apa? Jangan sampai kamu terjebak sudah menyelam dalam tapi tidak tahu apa yang ingin dicapai, ya. Tentukan tujuan yang ingin dicapai dengan mempelajari coding. Misalnya seperti kamu ingin berkarir di bidang teknologi atau menjadi programmer handal.

Kamu juga bisa menentukan tujuanmu dari program atau hasil akhir yang ingin kamu ciptakan. Contohnya seperti ingin membuat aplikasi android atau membuat situs website. Dengan mengetahui tujuan yang jelas maka kamu dapat  mengukur metode dan tingkat keberhasilan pencapaianmu kelak.

3. Pilih Lokasi Belajar

belajar coding

Setelah mengetahui tujuan belajarmu, tentunya kamu jadi mengetahui apa saja yang kamu perlukan. Misalnya seperti bahasa pemrograman yang perlu dikuasai dan materi-materi coding pendukung lainnya. Pastikan kamu juga mengetahui lokasi yang tepat untuk mewadahi kebutuhan belajarmu ini.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai pilihan aplikasi web yang sudah diulas sebelumnya untuk mulai mempelajari coding. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai kanal YouTube seputar coding untuk memahami coding lebih baik.

4. Mulai dari Contoh Sederhana

Jika dirasa kamu sudah menguasai hal-hal pokok dari coding, kamu bisa mulai untuk melangkah ke tahap berikutnya, yaitu mulai dari contoh sederhana. Jangan batasi dirimu hanya dengan membaca dan mempelajari berbagai materi secara terus-menerus. Pastikan untuk coba mempraktikkannya langsung juga, ya.

Jika kamu ingin belajar sambil langsung mencoba mengerjakan project kamu bisa menggunakan aplikasi Free Code Camp. Sudah baca ulasan singkatnya di atas, bukan? Cobalah untuk menemukan project pertama yang tepat sebagai wadah pembelajaran coding pertamamu.

5. Lakukan Konsisten

Terakhir, pastikan untuk terus belajar secara konsisten. Ingat, coding bukan hanya soal menghafalkan sintaks bahasa pemrograman saja. Pastikan untuk menguasai kemampuan-kemampuan dasar, seperti logika matematika. Kamu akan banyak membutuhkan kemampuan ini dalam proses coding ke depannya.

Di samping itu, kamu juga perlu konsisten dalam membekali diri akan berbagai pengetahuan teknologi. Meskipun coding merupakan skill utama di bidang teknologi namun tidak menutup kemungkinan tetap dibutuhkan technological skill lainnya di masa mendatang. Oleh sebab itu penting untuk selalu up to date dengan informasi teknologi.

Ikuti berbagai artikel kami di blog IDwebhost untuk mendapatkan update seputar teknologi, website, pemrograman, dan sebagainya. Menariknya, kamu juga bisa menemukan banyak tips belajar coding yang dibagikan di blog IDwebhost, lho.

Semoga ulasan di atas dapat membantumu untuk mulai mempelajari coding. Untuk pembuatan website mu, pastikan untuk mempercayakan jasa penyedia layanan hosting murah dari IDwebhost, ya. Cek juga penawaran domain murahnya di sini, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022