Begini Cara Membuat WordPress untuk Penulis Pemula

8 Sep 2022
Begini Cara Membuat WordPress untuk Penulis Pemula campaign-unlimited

Memilih platform yang tepat seringkali membingungkan, terutama bagi penulis pemula. Padahal, kini sudah tersedia banyak platform untuk menulis gratis yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi sekaligus menghasilkan uang. Salah satunya ialah WordPress. Bagaimana cara membuat WordPress?

Dengan platform yang tepat, tentu saja kamu bisa mengasah kemampuan menulismu dengan membagikan cerita pendek, artikel tutorial, atau cerita keseharian biasa. Hingga kini, situs blog dipercaya bisa menjadi batu loncatan yang tepat bagi penulis pemula. Sudah banyak penulis ternama yang membuktikannya, lho.

Tertarik untuk mulai membagikan tulisanmu di WordPress? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengenali dan mulai membuat situs web WordPress.

Apa Itu WordPress?

apa itu wordpress

Sederhananya, WordPress adalah sistem untuk mengelola situs web atau blog. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS), yang dapat memudahkan pengguna untuk mengelola situs web tanpa memerlukan keahlian coding.

Ini artinya, situs WordPress bisa digunakan dengan mudah. Hal ini juga dibuktikan dengan tampilan antarmuka WordPress yang intuitif dan user-friendly. Para penulis pemula pun bisa menulis dengan nyaman, sebab halaman editing pada blog WordPress memiliki tampilan dan tools yang mirip dengan Word.

Kabar baiknya lagi, WordPress juga menyediakan pilihan layanan yang gratis. Sayangnya, versi gratis tidak mendukung beberapa akses penuh fitur. Untuk mendapatkan akses penuh seluruh fitur, kamu harus menggunakan WordPress versi berbayar. Jika ingin mendapatkan situs berbayar paling murah, bisa cek di sini, ya.

WordPress juga memiliki banyak kegunaan, terutama bagi penulis pemula yang masih ingin banyak belajar dan membangun brand image-nya. Tertarik untuk mulai menulis dengan situs website WordPress?

Untuk memulainya, pastikan kamu mengikuti ulasan cara membuat WordPress dalam ulasan ini. Namun, mari simak ulasan selanjutnya terlebih dulu untuk mengenali berbagai fungsi WordPress bagi penulis pemula.

Fungsi WordPress untuk Penulis Pemula

WordPress memang menawarkan banyak kegunaan, khususnya untuk para penulis pemula. Sebelum mengetahui cara membuat WordPress, ketahui apa saja fungsinya bagi penulis pemula agar kamu bisa menetapkan tujuan membuat situs yang tepat.

1. Membuat Blog atau Situs Kabar

Kebanyakan penulis pemula membuat blog WordPress dengan tujuan untuk mulai menuliskan artikel dan konten-konten yang ingin dibagikan ke khalayak umum. Penulis bisa menentukan niche dari blog yang akan dibuat dan bebas menuliskan berbagai jenis artikel.

Platform ini juga menjadi ruang favorit bagi banyak bloggers lantaran fiturnya yang lengkap. Menulis konten blog WordPress bukan hanya memberikan kebebasan pada penulis untuk menuangkan ide namun juga untuk mendekorasi tampilan blog itu sendiri.

2. Membangun Portofolio

Selain menjadi ruang untuk membagikan cerita, artikel, atau berita, WordPress juga banyak digunakan untuk membangun portofolio sebagai seorang penulis. Jika kamu memang ingin menjadi seorang penulis, mulailah dengan membangun portofoliomu sedini mungkin.

Portofolio dari seorang penulis ialah hasil tulisannya sendiri. Blog WordPress bisa menjadi sarana bagi penulis untuk memperlihatkan hasil tulisannya. Dengan begitu, pengunjung blog bisa melihat hasil karya tulis dari waktu ke waktu.

3. Membuat Situs Bisnis

Menulis untuk menghasilkan, mengapa tidak? Kini profesi penulis bahkan semakin banyak dicari seiring dengan perkembangan content marketing yang pesat. Jika tertarik untuk mulai menjual kemampuan menulismu, WordPress bisa berfungsi sebagai situs bisnis yang tepat.

Kamu bisa menyediakan berbagai informasi mengenai jasa yang ditawarkan, contoh pekerjaan, hingga detail informasi lainnya seperti informasi kontak. Untuk mewujudkan situs bisnis ini, kamu juga bisa menggunakan template WordPress gratis agar tampilan situs terlihat profesional.

Cara Membuat WordPress

Situs Bisnis

Ingin segera membuat WordPress untuk menunjang karirmu sebagai penulis pemula? Pastikan untuk mengetahui caranya yang tepat, ya. Berikut ini adalah rangkuman langkah-langkah membuat WordPress selengkapnya:

1. Masuk ke WordPress

Langkah pertama untuk memulai ialah dengan masuk ke WordPress. Masukkan alamat WordPress.com dan tunggu hingga halaman dimuat. Pada tampilan halaman pertama, kamu akan menemukan tombol Mulai situs web Anda. Klik tombol ini untuk memulai, ya.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk membuat akun WordPress. Pastikan sudah menyiapkan alamat email aktif. Masukkan alamat email aktif yang sudah disiapkan, nama pengguna, serta kata sandi. Jika sudah, teruskan dengan menekan tombol Buat akun Anda.  Tunggu hingga halaman berikutnya dimuat.

2. Pilih Jenis Situs

Halaman berikutnya akan meminta kamu untuk menentukan jenis situs yang ingin dibuat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WordPress memiliki banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan, khususnya jika kamu ingin berkarir sebagai seorang penulis.

Ada empat pilihan jenis yang tersedia, yakni: Blog, Professional, Business, dan Online Store. Sebagai pemula, kamu bisa memilih jenis situs Blog untuk mulai melatih kemampuan menulismu.

3. Masukkan Kategori Situs

Bukan hanya jenis saja, kamu juga harus menentukan kategori situsmu. Kira-kira, kategori apa yang bisa menjelaskan topik-topik bahasan dalam situsmu? Pada kolom yang tersedia, WordPress juga menyediakan suggestion, lho. Coba temukan kategori yang sesuai dengan kamu, ya.

4. Tentukan Nama Situs dan Alamat Domain

Hampir selesai, cara membuat WordPress berikutnya ialah memasukkan nama situs. Tentukan nama situs yang sesuai dengan niche blog agar mudah ditemukan pembaca.

Jika nama situs sudah terisi, pada tahapan berikutnya kamu perlu menuliskan alamat domain yang diinginkan untuk situsmu. Misalnya contoh nama yang diberikan layananwebhostingterbaik, maka nama ini akan menjadi layananwebhostingterbaik.wordpress.com.

Untuk pengguna gratis akan otomatis memiliki nama domain dengan WordPress di dalamnya. Namun, jika ingin nama domain tanpa embel-embel WordPress, kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga murah di IDwebhost.

5. Lakukan Konfirmasi Email

Setelah memasukkan alamat domain dan memilih plan gratis, kamu akan langsung diarahkan ke halaman dasbor WordPress. Halaman ini merupakan halaman utama di mana kamu bisa mengatur akses, tampilan, dan artikel yang ingin ditayangkan.

Namun, pastikan untuk melakukan konfirmasi email sebelum mengakses konfigurasi pada blog WordPress. Usai memberikan konfirmasi, kamu bisa mulai membangun blog pribadimu. Mulai dari menambahkan user lain, mengganti tema WordPress, hingga menulis artikel, bisa dilakukan melalui halaman dasbor.

Bagaimana Cara Mulai Menulis di WordPress?

cara membuat wordpress

Setelah menyelesaikan cara membuat WordPress di atas, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mulai menulis di blog WordPress? Caranya ialah dengan menambahkan post baru pada blog. Kamu akan diarahkan ke halaman penulisan artikel.

Pada halaman ini, kamu bisa memasukkan judul dan isi artikel pada kolom yang sudah tersedia. Jika sudah selesai menulis, gunakan tools yang tersedia untuk mengedit teks yang kamu tulis. Alat edit yang tersedia di WordPress mirip seperti di Microsoft Word.

Tersedia tombol untuk menambahkan link dan gambar juga pada deretan ikon tools. Meskipun cara membuat post baru ini cukup mudah, pastikan untuk membuat artikel yang relevan dengan topik pilihanmu. Dengan demikian, situs blog akan lebih mudah ter-crawl oleh Google dan mendapatkan peringkat di SERP. Jika masih bingung atau ingin alamat domain murah, kamu juga bisa menggunakan layanan hosting terbaik IDwebhost dengan penawaran harga yang terjangkau.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022