Begini Cara Kerja FTP untuk Membuat Sambungan ke Server Internet

16 Des 2023
Begini Cara Kerja FTP untuk Membuat Sambungan ke Server Internet campaign-unlimited

Tahukah kamu bagaimana pertukaran informasi dalam sebuah komputer terjadi? Bagi kamu pengguna komputer pasti sudah akrab dengan kegiatan mengunggah maupun mengunduh file. Rupanya, hal ini memungkinkan sebab adanya protokol bernama FTP. Sudah tahu bagaimana cara kerja FTP?

FTP merupakan protokol yang memungkinkanmu untuk melakukan proses pertukaran data secara online. Dengan adanya FTP, kamu bisa mengunduh maupun mengirim file, sekalipun dari jarak jauh. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait tentang FTP dan cara kerjanya, mari simak ulasan selengkapnya berikut!

FTP Adalah

FTP singkatan dari File Transfer Protocol, yang merupakan sebuah layanan internet untuk membuat sambungan menuju server internet atau komputer tertentu dengan tujuan untuk mengirimkan file. Cara kerja FTP adalah dengan menjadi perantara pengiriman file dari server ke komputer (unduh) atau dari user ke server (unggah).

Seperti yang diketahui, umumnya ada begitu banyak jenis protokol yang digunakan saat mengakses internet. Sebagai contoh saat kamu mengakses internet dengan browser maka kamu akan menggunakan protokol HTTP. Sementara itu, saat kamu mengakses fitur pesan instan, kamu menggunakan protokol XAMPP.

FTP berfungsi secara khusus untuk kegiatan berupa pemindahan file. Semua aktivitas berupa kegiatan mengunduh maupun mengunggah file di internet dapat dilakukan berkat adanya bantuan dari protokol FTP. Hingga saat ini bahkan FTP masih digunakan dan menjadi protokol tertua yang paling efektif untuk memindahkan file.

Apa Fungsi FTP?

cara kerja FTP

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa FTP memiliki fungsi utama untuk membantu pengiriman file. Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh terkait cara kerja FTP, sebaiknya ketahui apa saja fungsinya terlebih dahulu dalam poin-poin berikut:

  • Menjadi perantara pengunduhan dan pengunggahan file.
  • Mengunggah halaman website ke internet melalui web hosting.
  • Mengirimkan data ukuran besar yang melebihi kapasitas pengiriman file dari email.
  • Mendistribustikan file revisi program untuk keperluan pengembangan website.
  • Mengunggah file tugas atau file pekerjaan ke FTP server.
  • Mengunduh file dari software public.
  • Membantu proses pencadangan (back up) website.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Dalam penggunaannya, FTP diketahui cukup efektif dan nyaman untuk membantu proses pertukaran data dari dua arah. Meskipun begitu, FTP bukan hanya memiliki kelebihan namun juga kekurangan.

1. Kelebihan FTP

FTP adalah

Sebelum mengetahui cara kerja FTP, kali ini kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan dari protokol internet satu ini. Adapun kelebihan FTP adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengunggah data dalam jumlah banyak secara bersamaan.
  • Dapat digunakan sebagai indirect computer  atau implicit remote computer.
  • Mampu menjadi perantara pertukaran informasi dan file antar komputer.
  • Menyediakan akses ke pengguna melalui adanya ID dan kata sandi.
  • Proses transfer yang terputus dapat dilanjutkan kembali kapanpun koneksi kembali dipulihkan.
  • Dapat membantu mengatur file dan mengirimkannya melalui jaringan.
  • Mampu mengirimkan file berukuran besar antar sistem.

2. Kekurangan FTP

Di samping kelebihannya di atas, FTP juga memiliki sejumlah kekurangan. Adapun kekurangan FTP adalah sebagai berikut:

  • Membutuhkan lebih banyak memori.
  • Tidak menyediakan fitur enkripsi dalam pengiriman file.
  • ID pengguna dan kata sandi yang disediakan dalam bentuk teks biasa bukan kombinasi, sehingga memberikan celah peretasan.
  • Koneksinya menggunakan TCP/IP yang terhalang oleh firewall.
  • Memberikan izin akses pengguna yang terbatas.
  • Koneksinya rentan sebab sulit dipindai dari virus.

Cara Kerja FTP

cara kerja FTP

Nah, tiba akhirnya pada pembahasan sistem kerja FTP. Pada dasarnya FTP terbagi atas FTP Client dan FTP Server. FTP Client merupakan device atau perangkat yang pengguna gunakan, sementara FTP Server merupakan server yang menjalankan program untuk bertukar informasi atau file.

Agar proses pertukaran data dapat terjadi, FTP Client dan Server harus terhubung. Berikut pembahasan selengkapnya:

1. FTP Client Memberikan Permintaan Koneksi ke Server

Tahapan cara kerja FTP yang pertama memerlukan FTP client untuk memberikan permintaan sambungan ke server. Untuk memberikan permintaan sambungan ini, pengguna dapat memasukkan kredensial ke server berupa ID pengguna dan kata sandi. Sebagai alternatifnya, pengguna juga tetap bisa menggunakan FTP secara anonim.

2. Server Memberikan Respon Permintaan

Setelah menerima permintaan dari sambungan dari FTP client, FTP server akan memberikan respon dengan membuka dua jenis saluran komunikasi FTP bernama channel data dan channel command. Jenis channel command merupakan channel untuk komunikasi yang dilakukan dengan instruksi dan respon.

Sementara untuk channel data digunakan untuk keperluan distribusi data. Pada koneksi yang sudah aktif ini, pengguna juga bisa menemui dua mode koneksi FTP. Kedua mode koneksi, yakni aktif dan pasif menandai proses pengiriman dengan akses langsung atau dibatasi firewall.

3. User Melakukan Pertukaran File dengan FTP Client

Saat kedua FTP sudah saling terhubung, FTP server akan secara otomatis memberikan akses untuk FTP client. Selanjutnya, pengguna bisa langsung menggunakan FTP untuk melakukan pertukaran data. Pengguna yang sudah memiliki akses ke FTP server dapat memberikan request untuk mengunduh maupun mengunggah file.

Pertukaran file tersebut merupakan kondisi pertukaran file dalam mode koneksi aktif. Jika dalam mode koneksi pasif, server hanya akan melakukan pemantauan koneksi. Hal ini dikarenakan sambungan yang terhalang oleh firewall. Oleh sebab itu, server pada mode ini tidak bekerja layaknya server pada mode aktif.

Cara Menggunakan FTP dengan FileZilla

cara kerja FTP

Sudah paham bagaimana cara kerja FTP? Jika sudah, tentu kamu juga ingin tahu tentang cara menggunakan FTP. Untuk menggunakan FTP kamu dapat memanfaatkan berbagai aplikasi FTP client pihak ketiga yang tersedia di internet. Salah satunya adalah FileZilla. Berikut kami rangkumkan tahapannya:

  • Pertama-tama, kamu perlu menghubungkan komputermu dengan FTP server terlebih dahulu. Buka web browser dan kunjungi ftp://ftp.alamatdomain.com, dengan bagian alamat domain diisi menggunakan URL website yang akan digunakan.
  • Unduhlah FileZilla dan lakukan proses instalasi.
  • Sambil menunggu proses instalasi FileZilla, bukalah cPanel hosting.
  • Lalu, buka menu FTP Account.
  • Buatlah akun baru atau lakukan login dengan akun yang sudah ada.
  • Pastikan kamu mencatat host name, username, dan kata sandi yang terdapat pada halaman tersebut.
  • Terakhir, buka FileZilla dan masukkan hostname, username, serta kata sandimu.
  • Kemudian, klik Quick connect.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung melihat status koneksi yang sudah tersambung ke server FTP. Selesai deh, kamu bisa upload file atau melakukan unduh data dari server ke komputermu.

Demikian ulasan tentang pengertian, fungsi, kelebihan & kekurangan, hingga cara kerja FTP. Jika sudah terhubung dengan FTP server, kamu dapat mengunduh maupun mengunggah berbagai file. Sebagai pengelola website, kamu bahkan dapat memanfaatkan FTP untuk keperluan akses data-data situsmu, lho.

Apabila kamu menggunakan FTP untuk mengelola website, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat. Di antaranya seperti kemudahan untuk membaca file berukuran besar, menghapus direktori file, hingga membuat direktori file baru.

Agar kegiatanmu bertukar data secara online lebih aman dan efektif, kamu dapat menggunakan layanan hosting IDwebhost. Bukan hanya bisa mendapatkan paket lengkap denga domain gratis, kamu juga bisa dapat sertifikat SSL sekaligus untuk proteksi  website milikmu!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022