Begini Cara Install Laravel, Framework PHP Populer 2020
Blog Tips Keren Begini Cara Install Laravel, Framework PHP Populer 2020

Begini Cara Install Laravel, Framework PHP Populer 2020

Laravel merupakan sebuah framework PHP yang sangat populer pada masa sekarang. Sama halnya dengan codeigniter adalah sebuah framework atau kerangka kerja PHP yang memang dibuat untuk mempermudah developer atau programmer dalam membangun sebuah sistem atau aplikasi yang mempunyai ukuran yang kecil, atau bisa sampai skala besar. Sampai ada yang belum mengetahui bagaimana cara install laravel. Laravel yang dibuat oleh Taylor Otwell. Laravel ini menjadi salah satu framework PHP yang banyak digunakan di dunia. Tentunya, karena dengan adanya kemudahan penggunaan, adanya banyaknya dukungan contohnya dokumentasi yang tentunya baik dan dukungan library yang pastinya lengkap. Sehingga nantinya Anda dapat jika “laravel seperti memanjakan penggunanya”.

cara install laravel

Tentang Laravel

Laravel ini menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). MVC adalah sebuah metode yang digunakan untuk memisahkan bagian pada web aplikasi. Jika dijabarkan model biasanya adalah bagian yang nantinya berurusan dengan database. Sedangkan untuk view adalah sebuah bagian antarmuka atau bagian depan pada sebuah aplikasi, atau segala sesuatu yang diproses dalam sebuah sistem yang nanti akan ditampilkan pada view. Untuk controller merupakan sebuah bagian yang bisa menangani atau menengai antar model dan view, jadi controller yang mempunyai peran sebagai pengendali dari sebuah sistem. Ini sama halnya dengan semua framework yang ada di PHP.

Tutorial Cara Install Laravel di Windonws

cara install laravel

Sebagai framework yang nantinya akan membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. Atau secara lebih lengkapnya, sebuah package yang dimiliki oleh Laravel nantinya akan membuat PHP menjadi powerfull, cepat, aman dan juga mudah untuk digunakan. Jika Anda sudah menginstall XAMPP dan Composer, Anda bisa langsung memulai proses instalasi laravel di Windows. Berikut langkah-langkah yang harus Anda perhatikan:

  1. Cara Install Laravel, dengan Masuk ke Command Prompt

Langkah awal dalam menginstall larael adalah dengan masuk ke dalam Command Prompt. Anda bisa melakukannya dengan cara klik Win+R kemudian klik cmd, selanjutnya bisa langsung klik OK.

  1. Cara Install Laravel, Masuk ke Dalam Folder XAMPP

Sebelum Anda melakukan instalasi Laravel, Anda harus mengarahkan Command Prompt atau terminal menuju direktori file server. Titik lokasi file server terletak pada XAMPP yang secara default ada pada direktori xampp/htdocs. Masukkan perintah berikut ini ke dalam jendela Command Prompt agar bisa masuk ke dalam direktori htdocs.

“cd \xampp\htdocs”

  1. Memulai Proses Install Laravel

Kemudian, jika Anda sudah masuk ke dalam direktori htdocs, Anda juga harus membuat sebuah request yang digunakan untuk mengambil dan juga menginstall file laravel yang sudah disediakan dalam repository Github. Anda bisa menggunakan perintah berikut agar bisa melakukan sebuah request:

“composer create-project –prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu”

Jika perintah tersebut sudah berhasil diketemukan, composer nantinya akan memulai untuk menjalankan sebuah proses pengambilan data dan juga melakukan instalasi laravel ke dalam direktori yang sudah Anda tentukan. Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet Anda dalam keadaan yang stabil agar nantinya tidak terjadi gangguan ketika proses pengambilan data Laravel berlangsung.

  1. Melakukan Check pada Instalasi Laravel di Web Browser

Setelah proses download file laravel berhasil dan selesai dilakukan, nantinya aka nada sebuah folder baru yang terdapat di direktori file server. Tentunya dengan nama yang disesuaikan dengan project yang sudah Anda tentukan sebelumnya di dalam folder /xampp/htdocs. Agar bisa memastikan jika Laravel sudah sukses terinstall dan juga siap digunakan, Anda dapat mengarahkan Command Prompt atau terminal menuju ke direktori yang sudah Anda buat sebelumnya. Kemudian masukkan perintah berikut ke dalam Command Prompt atau Terminal:

“Php artisan serve”

Jika nantinya muncul sebuah pesan seperti : “Laravel development server started” pada Command Prompt atau Terminal. Maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka sebuah link yang sudah disediakan oleh Laravel. Nantinya, secara default, Anda akan diarahkan ke alamat server yang tertuju, yaitu 127.0.0.1:8000. Setelahnya, akan muncul sebuah tampilan homepage yang lengkap dengan tulisan laravel pada bagian tengah. Itu artinya proses installasi laravel Anda sudah berhasil.

Cara Install Laravel Menggunakan Laravel Installer

cara install laravel

Agar dapat melakukan instalasi dan menjalankan laravel dengan sempurna, maka Anda disarankan untuk memperhatikan kebutuhan server yang disesuaikan dengan versi laravel yang Anda pakai, diantaranya: Versi PHP >= 7.1.3, OpenSSL PHP Extension, PDO PHP Extension, Mbstring PHP Extension, Tokenizer PHP Extension, XML PHP Extension. Setelah semua kebutuhan spesifikasi server terpenuhi, maka sekarang Anda sudah siap untuk memulai proses instalasi laraval. Yang harus Anda lakukan dalam melakukan instalasi menggunakan laravel, Anda dapat membuka CMD atau terminal jika Anda memang menggunakan sistem informasi linux, kemudian ketikan perintah sebagai berikut: “composer global require “laravel/installer””. Pada proses ini Anda akan membutuhkan koneksi internet yang mendukung dan stabil, sehingga Anda hanya perlu menunggu sampai proses instalasi selesai. Jika sudah, agar dapat membuat sebuah project laravel, Anda bisa mengetikkan perintah berikut ini: “laravel new aplikasi_pertama”. Perintah tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah proyek laravel terbaru dengan nama aplikasi_pertama.

Cara Install Laravel dengan Menggunakan Composer

Cara lain adalah dengan menggunakan composer agar bisa menginstall laravel. Anda bisa membuka CMD dan ketikkan perintah berikut:

“composer create-project –prefer-dist laravel/laravel aplikasi_kedua”. Tetapi sebenarnya, menginstall laravel juga bisa dilakukan dengan cara lain, apalagi untuk versi tertentu. Bisa dengan menggunakan perintah berikut ini:

“composer create-project –prefer-dist laravel/laravel blog “5.5.*” dan “php artisan serve”. http://localhost:8000/ pada address bar. Jika semua proses yang anda lakukan sudah benar maka sekarang seharusnya muncul tampilan tulisan laravel di tengah. Jika ada, maka proses instalasi yang Anda lakukan sudah berhasil.

Cara Install Laravel 5 pada Windows

cara install laravel

Cara install laravel menggunakan composer yang digunakan untuk mengelola dependensinya. Sehingga Anda harus menginstall composer terlebih dahulu. Caranya adalah:

  1. Download dulu composernya.
  2. Jalankan composer.exe tersebut yang sudah berhasil di download.
  3. Selanjutnya, install seperti biasa hingga masuk proses dimana harus browse php.exe. C:\php\php.exe atau disesuaikan dengan direktori milik Anda. Kemudian, next.
  4. Restart terlebih dahulu untuk windowsnya.
  5. Agar bisa memastikan compoer sudah terinstall atau belum, Anda bisa mengeceknya dengan cara menulis (composer –v) tanpa menggunakan tanda kurung, pada command prompt.

Selanjutnya, Anda mulai menginstall laravel melalui composer Anda:

  1. Masuklah ke dalam direktori mana saja tempat Anda akan menyimpan project tersebut.
  2. Buka CMD, atau bisa juga dengan menekan shift + klik kanan, kemudian open command window here. Atau bisa juga dengan menuliskan “cmd” pada kolom url dan selanjutnya tekan enter.
  3. Setelah terbuka, nantinya Anda harus mengetikkan perintah berikut ini: composer create-project –prefer-dist laravel/laravel latihan-laravel. –prefer-dist artinya versi laravel yang direferesinkan atau stabil.
  4. Kemudian, tunggu hingga proses selesai. Dan pada direktori nantinya akan muncul folder dengan nama project yang sudah Anda buat.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.