Bandwidth adalah: Begini Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengoptimalkannya

18 Jul 2023
Bandwidth adalah: Begini Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengoptimalkannya campaign-unlimited

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu harus tahu pentingnya bandwidth, terutama dalam menyediakan akses website belanja yang mudah dijangkau oleh calon pembeli. Bandwidth adalah besarnya kapasitas yang dapat ditampung dari suatu kegiatan komunikasi antara server dan client.

Bandwidth yang terbatas bisa membuat websitemu loading lama dan bahkan gagal diakses. Kalau terjadi hal seperti ini, pengunjung pasti kabur dan enggan berkunjung lagi. Kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Nah, oleh sebab itu mari pelajari dulu pembahasan tentang bandwidth di bawah ini, yuk!

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah kapasitas jumlah maksimal besar data yang bisa ditukarkan dalam satu waktu. Kapasitas ini diterapka pada kabel Ethernet yang biasa dilewati oleh traffic paket data. Besar kapasitas bandwidth dihitung dalam satuan waktu bit per second atau bps.

Untuk memudahkanmu memahami bandwidth, kamu bisa menganalogikan bandwidth sebagai jalan raya. Semakin besar jalan tersebut, maka semakin banyak kendaraan yang bisa melintasinya. Begitu pula dengan bandwidth, semakin besar kapasitasnya maka semakin banyak pertukaran data yang terjadi.

Namun, perlu diketahui bahwa banyaknya kendaraan yang melintasi sebuah jalan dalam satu waktu juga bisa menimbulka macet. Hal ini tentu akan membuat pengguna jalan lain kesulitan untuk melalui jalan tersebut. Begitu juga kira-kira bandwidth apabila digunakan melampaui kapasitasnya.

Fungsi Bandwidth

bandwidth adalah

Menurut penerapannya, bandwidth memiliki beberapa fungsi. Adapun beberapa fungsi bandwidth adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Jalur Pengiriman Data

Seperti analogi yang sudah disebutkan di atas, bandwidth berfungsi sebagai jalur pengiriman data yang digunakan oleh suatu komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini cukup umum sehingga berlaku di  berbagai komputer dan lokasi dengan jaringan komputer.

Melengkapi perannya sebagai jalur pengiriman data, bandwidth juga digunakan sebagai patokan ukuran media pengiriman data. Oleh sebab itu, ukuran pada bandwidth umumnya digunakan sebagai pedoman untuk user memilih provider layanan internet.

2. Mengatur Besar Data

Pernahkah kamu mengalami pembatasan besar data internet? Biasanya, pembatasan besar data diatur untuk mengurangi traffic yang tinggi dalam jangka waktu panjang. Pembatasan yang dilakukan oleh administrator ini biasanya bertujuan untuk menjaga traffic sesuai dengan kapasitas bandwidth sehingga jaringan tetap stabil.

3. Membagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi lain dari bandwidth adalah membagi kecepatan transfer data. Pada sebuah jalan yang lebar, pengguna tentu bisa bebas untuk menggunakannya. Mungkin ada pengguna jalan yang menggunakan jalan dengan boros dan bahkan ada pengguna jalan yang terbatas sehingga tidak bisa belewati jalan tersebut.

Nah, kira-kira begitu juga fungsi dari bandwidth. Agar semua user mendapatkan kecepatan transfer data yang adil, bandwidth membagi kecepatannya. Jadi, jaringan tidak akan dialokasikan ke satu pengguna saja dan membuat pengguna lainnya tidak kebagian.

Jenis-jenis Bandwidth

Bandwidth pada komputer dibagi menjadi dua jenis. Meskipun memiliki tugas yang sama, kedua jenis ini mempunyai satuan hitung yang berbeda. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya berikut:

1. Bandwidth Analog

Jenis yang pertama ialah bandwidth analog. Bandwidth ini menggunakan satuan ukur dengan Hertz (Hz). Jadi, untuk menentukan berapa banyaknya informasi yang bisa ditransfer dalam satu waktu, kamu akan memperoleh hitungan dalam satuan Hz.

2. Bandwidth Digital

bandwidth adalah

Seperti namanya, bandwidth digital adalah jenis bandwidth yang dapat mengirimkan informasi secara digital. Artinya, pengiriman data dilakukan melalui saluran kabel atau nirkabel dengan satuan hitung bit per second atau bps.

Cara Kerja Bandwidth

Jadi, bagaimana sih cara bandwidth bekerja? Pada dasarnya, bandwidth bekerja dengan menjalankan ketiga fungsinya sebagaimana sudah dijelaskan di atas. Bandwidth adalah sebuah jalur atau saluran yang digunakan untuk melakukan aktivitas pertukaran data dengan ukuran tertentu.

Dalam melakukan tugasnya, bandwidth mengatur besar data dan kecepatan pertukaran data. Hal ini dimaksudkan untuk membagi alokasi kapasitas secara adil pada semua pengguna. Dengan begitu, tidak ada ketimpangan jumlah pemakaian data antar user dan jaringan bisa tetap stabil.

Akan tetapi, dalam sebuah bandwidth juga dapat terjadi berbagai gangguan. Beberapa gangguan yang dimaksud antara lain seperti latency, packet loss, atau bandwidth yang bermasalah. Oleh sebab itu, kapasitas bandwidth menjadi aspek penting yang harus diperhatikan demi kelancaran proses pengiriman data.

Contoh Bandwidth

Pada komputer, kamu bisa menemukan contoh bandwidth analog dan digital. Namun, di luar itu kamu juga masih bisa menemukan bandwidth. Adapun contoh bandwidth adalah sebagai berikut:

1. Bandwidth Biasa

Secara umum, bandwidth dapat ditemukan di berbagai teknologi jaringan. Salah satunya seperti pada jaringan telepon seluler. Jaringan telepon seluler memiliki bandwidth yang berbeda-beda, misalnya seperti pada jaringan 3G, 4G, atau 5G.

Pada jaringan 4G kamu bisa menemukan kapasitas bandwidth yang lebih besar dibandingkan pada bandwidth jaringan 3G. Begitu pula pada jaringan 5G. Di jaringan 5G kamu bisa mendapatkan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar dari 3G sehingga kecepatan akses internetmu juga akan lebih tinggi.

2. Bandwidth VPS

Contoh lainnya bisa kamu temukan di Virtual Private Server atau VPS. Kamu bisa menemukan bandwidth dengan kapasitas yang berbeda-beda pada. Misalnya dengan kapasitas 100 Mbps dengan total 1 TB pengiriman data.

Artinya, kamu bisa mengakses server VPS dengan kecepatan 100 Megabit per second atau setara degan 12,5 Mbps. Semakin bagus paket yang kamu beli maka akan semakin besar kapasitas bandwidth yang bisa kamu dapatkan.

3. Bandwidth Hosting

Bandwidth hosting adalah bandwidth yang digunakan untuk mengatur volume pengiriman data setiap unit dalam satu waktu. Kamu bisa menyesuaikan besarnya bandwidth hosting sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu memilih bandwidth hosting dengan kecepatan tinggi, maka kamu bisa mengunggah website dengan lebih cepat. Di IDwebhost, kamu bahkan bisa menggunakan unmetered bandwidth untuk mendapatkan pengalaman bandwidth tidak terbatas. Tertarik untuk mencoba?

Cara Mengoptimalkan Bandwidth

Sebagai pemilik toko online, kamu wajib mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bandwidth. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan Cloud

bandwidth adalah

Kamu dapat mengoptimalkan bandwidth dengan menggunakan cloud. Cloud bisa membantu kamu untuk mengurangi tekanan pada jaringan. Caranya yaitu dengan mengalihkan sebagian dari traffic menuju jaringan pribadi. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan performa aplikasi yang sering kamu gunakan.

2. Gunakan QoS

QoS adalah Quality of Service, yaitu teknologi yang mengelola traffic untuk mengurangi packet loss, latency, atau gangguan lain pada jaringan. Penggunaan QoS dapat membantu kamu untuk menginstruksikan traffic agar memprioritaskan aplikasi atau layanan tertentu. Dengan begitu, aplikasi lain yang tidak digunakan bisa ditutup sementara.

3. Update Backup

Berikutnya, lakukan pembaruan backup untuk mengurangi kerja jaringan. Akan tetapi, ketahuilah bahwa update backup disarankan untuk dilakukan di luar jam kerja. Bukannya tanpa alasan, hal ini dikarenakan melakukan update backup dapat mengganggu jalannya traffic.

4. Hapus Aktivitas Internet yang Tidak Diperlukan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghentikan aktivitas internet yang tidak diperlukan. Kamu bisa memblokir traffic jaringan untuk mengunjungi situs tertentu. Hal ini biasanya dilakukan oleh instutusi pendidikan, perusahaan, atau perkantoran untuk membuat bandwidth lebih efisien.

Nah itulah ulasan tentang bandwidth. Sekarang kamu sudah paham kan apa itu bandwidth? Bandwidth adalah jalur yang digunakan untuk lalu lintas jaringan dengan besar atau kapasitas tertentu.

Kalau kamu ingin website jadi lebih ringan, kamu dapat menggunakan bandwidth dengan kapasitas yang sesuai dan melakukan cara-cara mengoptimalkan bandwidth yang sudah dibahas di atas. Untuk membantumu kebih mudah mengoperasikan website, kamu bisa mengandalkan layanan hosting website dari IDwebhost.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022