10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Plugin

19 Des 2018
10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Plugin campaign-unlimited

Mungkin istilah kata nulled theme dan nulled plugin masih asing bagi kita. Namun, istilah tersebut perlu diketahui oleh para pengguna WordPress, bukan nulled theme dan plugin bukan digunakan, tetapi untuk anda hindari. Mengapa Anda harus menghindari nulled theme dan plugin? Sebelum kami menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu definisi keduanya.

Nulled theme merupakan versi bajakan dari theme WordPress premium. Nulled plugin juga merupakan versi bajakan dari plugin WordPress premium. Bajakan Tema dan plugin WordPress tersebut tersebar di internet dan bisa anda digunakan secara gratis.

Mungkin Anda senang bisa mendapatkan tema dan plugin bajakan gratis WP, tetapi ada berbagai konsekuensi yang harus Anda terima jika telah menggunakan tema dan plugin bajakan tersebut. Bisa jadi Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaiki efek samping yang disebabkan oleh penggunaan nulled theme dan plugin.

10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Plugin

1. Bahaya untuk Keamanan Website

 

software bajakan menyebabkan website rusak
IDwebhost

 

Tema dan plugin WordPress nulled atau bajakan merupakan ancaman serius bagi keamanan website Anda. Nulled theme dan plugin kemungkinan besar mengandung malware. Pembuat tema dan plugin bajakan bisa juga lho menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file berbeda untuk menyembunyikan diri sehingga sulit dideteksi serta diperbaiki ketika website Anda terserang hack. Akibatnya Anda bisa jadi kehilangan data-data penting website. Selain itu, yang lebih parah lagi bahwa website Anda bisa dihapus dari index Google yang bisa menyebabkan website Anda tidak bisa muncul di hasil pencarian google.

2. Privasi Terancam

Tidak hanya dapat menyebabkan website Anda terkena serangan hacker, nulled theme dan plugin juga berpotensi untuk mencuri data privasi Anda.Dari username, alamat email, dan password bisa dengan mudah dicuri melalui kode-kode berbahaya yang bersembunyi di file-file tema atau plugin bajakan. Jika Anda mengelola sebuah situs toko online, data privasi konsumen Anda juga akan terancam.

Lebih parahnya lagi, proses pencurian data privasi ini sulit terdeteksi karena seolah-olah website anda berjalan dengan normal menggunakan tema dan plugin WordPress bajakan tersebut. Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Konsumen kini lebih waspada tentang pentingnya keamanan data privasi. Apalagi setelah kejadian kasus penggunaan data privasi Facebook untuk kepentingan politik di Negara paman sam atau Amerika Serikat.

Mungkin dengan menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan menghemat uang anda di awal. Namun, jika pencurian data privasi konsumen anda sudah terjadi, bisa jadi biaya yang akan Anda keluarkan untuk membayar denda serta ganti rugi lebih besar. Dan tentu saja, reputasi website Anda menjadi buruk, bukan?

3. Efek Buruk untuk SEO

SEO website Anda juga akan menjadi sasaran dari nulled theme dan plugin WordPress. Tema dan plugin bajakan bisa dengan mudah untuk menghancurkan kualitas SEO Anda, misalnya dengan mengarahkan pengunjung ke situs berbahaya atau membanjiri situs anda dengan spam link.

Sayangnya, aktivitas-aktivitas merugikan tersebut sulit dideteksi oleh pemilik situs karena tersembunyi rapi di dalam file-file tema dan plugin bajakan. Berbeda dengan mesin pencari seperti google yang dapat dengan mudah mendeteksi spam link yang bisa menyebabkan situs Anda terkena penalti atau lebih buruknya lagi terhapus dari indeks (de-index) pencarian google.

Baca Juga : Cara Mencegah Pembajak Pada Nama Domain Anda

4. Tidak Bisa Update

 

software ilegal merugikan pengguna dan developer
IDwebhost

 

Tema dan plugin WordPress selalu merilis versi terbaru untuk memperbaiki bugs, menambah fitur baru, serta menyelesaikan masalah keamanan. Dan, tentu saja, tema dan plugin WordPress bajakan tidak dapat melakukan update karena itu adalah software ilegal.

Hal ini menyebabkan situs Anda tetap menggunakan tema dan plugin versi lama yang bisa jadi penuh dengan bug serta tidak aman. Di sisi lain, Anda harus rutin melakukan update WordPress ke versi terbaru. Itulah masalahnya. Seringkali tema dan plugin harus selalu update dengan mengikuti update WordPress supaya tetap kompatibel atau berfungsi. Jika tidak bisa melakukan update tema dan plugin bisa menyebabkan munculnya error di situs Anda.

5. Tidak Bisa Akses Fitur Baru

Dengan melakukan update tema dan plugin juga termasuk mendapatkan fitur-fitur baru. Jika Anda menggunakan tema dan plugin bajakan maka otomatis Anda tidak bisa mengakses fitur baru dari tema atau plugin tersebut. Padahal fitur-fitur tersebut bisa meningkatkan performa situs secara signifikan. Sekali lagi, kerugian akan didapatkan pada pengguna tema dan plugin WordPress bajakan.

6. Tidak Bisa Mendapatkan Support

Salah satu alasan kenapa tidak merugikan untuk membeli tema dan plugin WordPress berbayar adalah untuk mendapatkan fitur support. Kebanyakan tema dan plugin gratis tidak menyediakan fitur support untuk para penggunanya.

Berbeda dengan versi premium atau berbayar, pengembang menyediakan fitur support untuk membantu para pelanggannya supaya dapat menggunakan tema atau plugin secara maksimal. Bagi pengguna nulled theme dan plugin, apakah mereka bisa juga mengakses fitur support? Tentu saja tidak. Buat apa pengembang membantu para pengguna software bajakan mereka?

7. Bahaya Spam

Di poin ketiga sudah disebutkan bahwa nulled theme dan plugin berbahaya untuk SEO situs anda. Salah satunya dikarenakan kemungkinan adanya spam link ke situs Anda yang bisa menyebabkan Google menjatuhkan penalti atau de-index ke situs anda. Jika sudah terkena penalti atau de-index google, Anda hanya punya dua pilihan yaitu memperbaiki situs anda tetapi akan memakan banyak waktu anda atau anda membuat situs baru.

8. Bajakan itu Ilegal

 

nulled software ilegal
IDwebhost

 

Nulled theme dan plugin worpress adalah software bajakan, jadi anda telah memakai software yang ilegal. Konsekuensi paling berat jika Anda tertangkap memakai software bajakan adalah dengan membayar denda dan ganti rugi berupa uang kepada developer sebagai pemilik tema dan plugin legal. Denda dan biaya ganti ruginya juga tidak sedikit loh, tetapi yang pasti lebih murah membeli tema dan plugin legal.

9. Tidak Menghargai Developer

Dengan menggunakan software ilegal, maka Anda tidak menghargai perjuangan developer yang membuatnya. Para developer sudah mencurahkan tenaga, waktu, uang, dan pikiran untuk bisa menghasilkan sebuah karya yang berkualitas. Jika anda menggunakan versi bajakannya berarti anda mencuri penghasilan para developer.

Para developer tidak hanya cuma menulis kode untuk menghasilkan sebuah tema atau plugin, mereka juga harus menyewa jasa staf support, membuat situs, dan lainnya untuk bisa membuat bisnis mereka hidup. Dengan menggunakan nulled theme dan plugin, Anda sama saja mematikan bisnis tersebut.

10. Mengabaikan Tema-Tema Gratis Berkualitas

Terakhir, jika Anda tidak mempunyai cukup uang untuk membeli tema atau plugin premium, Anda masih bisa menggunakan versi gratisnya. Anda juga bisa menggunakan tema atau plugin yang memang benar-benar gratis. Terdapat puluhan ribu tema dan plugin WordPress gratis yang dapat Anda gunakan. Jangan korbankan situs Anda hanya hanya untuk nulled theme atau plugin yang dapat membahayakan situs yang Anda kelola.

Kesimpulan

Jangan pernah menggunakan nulled theme dan plugin! Ketika Anda menggunakan tema atau plugin bajakan, seolah-olah situs Anda baik-baik saja, padahal software bajakan tersebut sedang merusak situs Anda. Di sisi lain, penggunaan nulled theme dan plugin sudah pasti melanggar etika. Ketika Anda menggunakan tema dan plugin bajakan, bukan Anda saja yang dirugikan, tetapi juga para developer. Developer kehilangan penghasilan yang harusnya ia dapatkan serta hak cipta atas karya yang telah mereka hasilkan.

Jadi, sahabat IDwebhost, jangan pernah sekali-kali mencoba menggunakan nulled theme dan plugin ya! Lebih baik gunakan tema dan plugin WordPress gratis. Walaupun tidak powerfull karena bersifat gratis akan tetapi anda sudah merawat website anda dan menghargai karya para developer.