Bahaya Menggunakan Themes WordPress Bajakan
Blog Tips Keren Bahaya Menggunakan Themes WordPress Bajakan

Bahaya Menggunakan Themes WordPress Bajakan

Apakah anda pengguna wordpress? Sedang mencari themes atau template wordpress untuk website Anda? Menginginkan themes dan plugin premium, tetapi yang gratisan? Hati-hati, ada bayaha yang mengintai. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas 10 bahaya menggunakan themes dan plugin wordpress bajakan. Perkembangan dunia website begitu pesat, saat ini kesadaran orang untuk memiliki websit tidak hanya untuk kebutuhan bisnis, namun juga kebutuhan personal. Bukan lagi sekedar untuk kegiatan ngeblog, namun juga membuat landing page berisi portofolio diri. Setiap orang kini bisa membuat website, bukan lagi sekedar blog dengan domain yang ‘gratisan’. Namun menggunakan domain khusus, ini juga didukung dengan adanya penyedia domain murah berkualitas seperti halnya IDwebhost.

Mengapa Ada Yang Menggunakan Themes dan Plugin Nulled?

Mengapa Ada Yang Menggunakan Themes dan Plugin Nulled

Tidak salah jika anda menginginkan untuk menggunakan themes premium wordpress, karena berbagai manfaat yang ditawarkan oleh themes premium. Tentu berbagai fitur yang ada akan memudahkan anda membangun  website idaman. Akan tetapi ketika anda memilih untuk menggunakan themes premium dari situs penyedia themes ‘bajakan’, menggunakan themes tidak resmi? Atau disebut sebagai versi nulled. Anda sedang dalam kegiatan yang membahayakan diri anda dan website anda.

Apa itu Versi Nulled? Versi nulled dapat diartikan sebagai versi bajakan. Kaitannya dengan themes dan plugin. Maka themes nulled dan plugin nulled adalah versi bajakan dari themes dan plugin premium. Berbagai alasan orang tetap memaksakan menggunakan themes premium bajakan dan plugin bajakan dari situs penyedia themes dan plugin nulled adalah;

  1. Banyaknya situs yang membagikan themes premium berbayar secara gratis; tidak dapat dipungkiri terdapat banyak website yang membagikan plugin premium secara gratis, begitu juga dengan themes premium. Kebanyakan dari website-website ini tidak menginformasikan bahwa themes atau plugin yang mereka bagikan adalah nulled. Sehingga pengunduh merasa itu adalah premium yang sama dengan aslinya.
  2. Harga themes premium yang oleh sebagian pengguna dirasa mahal; alasan kedua ini sering kali menjadi alasan pengguna nulled, padahal jika mereka menginginkan themes yang powerfull dari versi premium banyak yang menyediakan versi freenya secara resmi. Hanya saja beberapa fitur atau layanan dibatasi.
  3. Kurangnya pengetahuan tentang cara membuat website yang baik dan benar; tidak sedikit orang yang tidak memahami bahwa mereka menggunakan themes bajakan. Ini karena mereka hanya mengikuti tutorial yang tidak dapat menjelaskan secara detail cara membuat webiste.
  4. Tidak mengetahui jika themes nulled atau plugin nulled berbahaya; banyak dari pengguna plugin nulled dan themes bajakan yang benar-benar tidak mengetahui bahwa themes dan plugin yang mereka gunakan dapat berbahaya. Sehingga mereka tetap menggunakan untuk website mereka, tanpa menyadari sedang ada bahaya yang mengintai.

Apa Saja Bahaya Menggunakan Plugin dan Themes WordPress Bajakan

Apa Saja Bahaya Menggunakan Plugin dan Themes WordPress Bajakan

CMS WordPress memang menjadi CMS yang paling umum digunakan, berbagai pengembang untuk WordPress pun bermunculan dan menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat website melalui penyediaan plugin wordpress. Tidak heran jika kemudian WordPress menjadi salah satu CMS terbesar dan terbayak penggunanya.  Mudah dalam penggunaan, dan tersedia berbagai pilihan fitur  yang terpisah melalui plugin wordpress.

Nah, bagi Anda yang sedang membuat website berbasis CMS WordPress, dan sedang mencari-cari themes serta plugin. Sedang berpikir untuk menggunakan plugin dan themes wordpress bajakan. Sebaiknya anda membaca bahaya yang akan ditimbulkan sebagai berikut;

1. Ancaman Terhadap Privasi Anda

Hal pertama yang harus anda pikirkan ketika menggunakan themes wordpress bajakan adalah keamanan terhadap privasi anda. Terlebih bagi anda yang akan menggunakan website tersebut untuk kegiatan bisnis.

Ketika anda membuat website bisnis, atau website toko online, akan terdapat berbagai layanan yang anda tawarkan. Salah satunya adalah layanan regristrasi member, kemudian transaksi jual beli, kemudian metode pembayaran.

Dari ketiga hal tersebut, tentu berurusan dengan data yang sifatnya privat. Baik dari pengunjung atau pun dari diri anda sendiri. Registrasi membutuhkan email dan pasword, pembayaran membutuhkan kartu kredit, atau pun nomor rekening bank.

Nah pertanyaanya apakah anda merasa yakin jika segala informasi personal dari email, pasword, nomor telepho kartu kredit, nomor rekening dan privasi lainnya akan aman?  Sedangkan anda menggunakan plugin bajakan?

Sehingga jelas bukan, bahwa penggunaan plugin nulled dan themes wordpress bajakan akan sangat membahayakan website Anda, dan juga segala informasi pribadi yang tersimpan di website Anda. Jangan sampai Anda mengalami kerugian besar  nantinya.

2. Plugin dan Themes WordPress Bajakan Mengancam Keamanan Website

Masih banyak orang yang belum menyadari jika plugin nulled dan themes wordpress bajakan bisa jadi sudah dilakukan modifikasi untuk tujuan tertentu. Modifikasi yang dimaksud adalah dengan menyisipkan atau menambah kode-kode berbahaya di dalam plugin nulled dan themes wordpress nulled yang anda gunakan.

Banyak yang merasa bahwa sudah melakukan pengecekan terhadap themes wordpress bajakan yang mereka unduh, dan aman dari malware. Pernyataan demikian sangat berbahaya, karena kode-kode atau malware yang disisipkan  akan disamarkan sehingga sangat sulit dalam mendekteksi.

Kemungkinan terburuk ketika kode malware themes wordpress bajakan atau pun plugin nulled sudah bekerja adalah hilangnya data dari website anda. Selain itu website akan menjadi eror, bahkan bisa saja anda kehilangan akses dari website anda.

3. Nulled Version Berisi Spam

Bahaya menggunakan plugin dan themes wordpress bajakan adalah adanya spam. Keberadaan spam dalam sebuah website akan berujung pada bahaya serius bagi website dan juga pengujung website.

Sama halnya dengan malware yang disisipkan pada themes worpdress bajakan atau pun plugin nulled. Keberadaan spam ini juga untuk kepentingan ‘orang yang tidak bertanggung jawab’ misalnya untuk membuat berbagai backlink ilegal di website anda.

Dalam berbagai kasus juga terdapat themes website bajakan yang kemudian berisi spam untuk mengarahkan pengunjuk ke situs web lain tanpa sepengatahuan atau persetujuan pengguna.

4. Plugin dan Themes WordPress Bajakan Menyebabkan Website Lemot

Bahaya Menggunakan Plugin Bajakan

Kecepatan sebuah website saat ini menjadi poin penting, karena pengguna akan menutup website yang berjalan lambat. Membuat website dapat berjalan cepat tidak mudah, dan anda akan terbebani lebih berat ketika menggunakan themes wordpress bajakan.

Semua orang menginginkan website yang ringan, cepat menyajikan data untuk pengunjung. Jangan sampai karena themes wordpress yang anda gunakan bajakan dan telah berisi banyak kode jahat, justru akan menjadikan website anda semakin lemot.

Begitu juga ketika anda mencoba memilih plugin nulled yang mana fungsinya untuk mempercepat website, seperti plugin penghapus cache dan penambah kecepatan performa website. Alih-alih mendapatkan performa premium, jutru makin lemot karena malware dan spam yang terkadnung di dalamnya.

5. Merusak SEO Website Anda

Dari semua bahaya yang telah kita bahas di atas, pada akhirnya akan merusak kerja keras anda dalam membangun website. Terutama anda yang telah menjalankan strategi SEO untuk website anda.

Keputusan menggunakan themes wordpress bajakan justru akan menjadikan website anda lemot, muncul banyak error, ditinggalkan pengunjung, sumber spam dan malaware.  Jika sudah demikian, apa yang bisa diharapkan dari peringkat SEO website anda? Sudah pasti akan turun dan paling parah website anda akan terkena deindex Google. Jika sudah demikian, semua menjadi sia-saia.

Kesimpulan

Berbagai risiko dapat anda alami ketika anda memutuskan menggunakan plugin nulled dan juga themes wordpress bajakan. Apakah anda masih punya keinginan untuk tetap menggunakan themes dan plugin nulled? Semua kembali kepada diri anda.

Hanya saja, jangan anda mengorbankan kerja keras anda dalam membuat website dengan ancaman yang berbahaya dari tindakan menggunakan themes wordpress bajakan. Terlalu mahal harga yang akan anda bayar nantinya.

Lebih baik anda menggunakan berbagai pilihan themes dan plugin gratisan yang telah tersedia. Atau jika memang membutuhkan fitur premium, ada baiknya anda mengalokasikan dana khusus untuk website anda.

Saat ini kebutuhan dalam membuat website sudah sangat terjangkau. Anda bisa memiliki hosting unlimited berkualitas tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam. Berbagai paket hosting murah sudah tersedia melalui layanan hosting unlimited IDwebhost.

Selain itu, kebutuhan akan  domain dengan berbagai ektensi juga tersedia untuk anda. Apa kebutuhan ektensi domain anda? Untuk personal, untuk bisnis, atau untuk toko online? Semua tersedia, dan anda bisa mendapatkan berbagai promo menarik domain murah IDwebhost setiap harinya.

Demikian pembahsan kita kali ini mengenai 5 Bahaya Menggunakan Plugin dan Themes WordPress Bajakan, semoga bisa menjadi referensi dan tambahan pengetahun mengenai bahaya yang akan timbul dari penggunaan ‘produk’ bajakan. Terima kasih. Salam. Ari IDwebhost.