Bagaimana Mendapatkan Uang dari Blog dan Adsense? Begini Caranya
Blog Tutorial Bagaimana Mendapatkan Uang dari Blog dan Adsense? Begini Caranya

Bagaimana Mendapatkan Uang dari Blog dan Adsense? Begini Caranya

Saat ini kita tahu semua serba digital yang memudahkan orang untuk memenuhi kebutuhan mereka dari kebutuhan pokok, bisnis dan masih banyak lagi. Dengan smartphone dan koneksi internet tahukah kalian bahwa dalam genggaman kalian bisa menghasilkan peluang yang besar salah satunya mendapatkan uang melalui internet. Bahkan kalian bisa Menghasilkan atau mendapatkan uang dari mana saja kapan saja, yang salah satunya dari blog. Jika kalian sudah mengetahui sekilas tentang blog yang terpikirkan adalah tempat untuk menulis artikel. Namun tahukah kalian dari blog kalian bisa mendapatkan uang loh.

Cara mendapatkan uang dari blog bagaimana? Untuk bisa menghasilkan uang dari blog itu sangat mungkin bagi para blogger asalkan tahu cara memulainya. Kalian bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara mulai dari jualan produk, endorsement, article placement, Google AdSense dan masih banyak lagi. Tentunya blog ini bisa kalian manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Dari artikel ini saya akan berfokus memandu kalian untuk mendapatkan uang dari blog dan AdSense seperti pengalaman yang telah saya tekuni sebelumnya.

6 Langkah Mendapatkan Uang dari Blog 2021

Dari artikel ini selain kalian mendapatkan panduan dan langkah untuk memulainya, kalian juga akan belajar bagaimana membangun blog yang berkualitas yang bisa menghasilkan uang. Nah untuk lebih detailnya berikut ini kalian bisa baca 6 langkah bisa mendapatkan uang dari blog dan segera memulainya.

1. Buat website Blogger/Wordpress
2. Beli lah domain dan hosting
3. Mengisi konten/artikel blog
4. Mendaftarkan blog ke Google AdSense
5. Tingkatkan pengunjung blog
6. Buat banyak blog

Di atas sudah saya singgung mengenai blog yang berkualitas sebagai catatan penting kalian. Kenapa saya katakan blog berkualitas ini akan sangat penting untuk kelangsungan blog kalian kedepannya. Alasanya karena dengan kalian membangun blog yang berkualitas kalian akan bisa mendapatkan uang dari blog tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi intinya kalian berfokus dulu untuk membangun blog yang berkualitas sehingga mendapatkan uang dari blog berkelanjutan. Perlu diketahui membuat blog asal-asalan tidak akan bisa meraup keuntungan malah justru bisa merugikan kalian dari segi biaya, waktu maupun energi kalian. Sudah capek-capek ternyata hasilnya malah zonk. Langsung saja berikut ini langkah membuat blog hingga bisa menghasilkan uang.

Buat Website Blogger atau WordPress untuk Mendapatkan Uang

1. Untuk Mendapatkan Uang Buat Website Blogger/Wordpress

Untuk membuat blog sendiri kita bisa menggunakan platform yang sudah tersedia gratis mulai dari Blogger, WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Pilihlah platform terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Hingga saat ini platform yang paling populer adalah Blogger dan WordPress namun sara disini menyarankan untuk memulai menggunakan WordPress. Banyak kelebihan yang dimiliki WordPress ini untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca artikel berikut: Website Terkenal yang Menggunakan WordPress.

Beli lah domain dan hosting

2. Beli lah Domain dan Hosting

Setelah kita mempertimbangkan platform mana yang akn digunakan selanjutnya kita perlu membeli domain dan hosting dulu. Apa itu domai? Apa itu hosting? Lebih singkatnya domain adalah alamat website kita seperti .com .id .net .biz dan lain sebagainya. Sedangkan hosting sendiri adalah tempat untuk menyimpan file, gambar, video dan data lain untuk kebutuhan website kita. Nantinya kita akan menginstal WordPress pada hosting tersebut. Dari domain sendiri harga yang termurah adalah Rp11.000,- /tahun (.xyz) sedangkan dari hosting harga paling murah di IDwebhost Rp10.900,-/bulan.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa cek sendiri di website IDwebhost.com disitu banyak pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan kalian dan dari segi performa dan fitur IDwebhost masih yang terbaik di Indonesia selain harganya murah juga sih. Kalian kalau mau buat website sekalian akan dipandu sampai memiliki website dengan platform WordPress gratis.

mengisi konten artikel blog

3. Mengisi Konten/Artikel Blog

Kan kita sudah beli domain dan hosting kemudian menginstal WordPress dan berhasil memiliki website sendiri kan? Nah selanjutnya adalah mengisi konten blog kita. Yang pertama tentukan niche atau topik yang akan kalian buat harus relevan ya misal otomotif maka konten-konten yang disediakan juga seputar otomotif jangan sampai malah masuk ke kuliner. Konten satu niche ini sangat direkomendasikan namun jika terpaksa kehabisan ide buat konten campur tidak masalah namun lebih signifikan di nice yang sejenis atau sama.

Ketika menulis artikel pun juga harus berkualitas dan memberikan nilai manfaat pada pembaca. Ingat saat seorang mencari informasi di mesin pencari mereka membutuhkan informasi yang bisa menyelesaikan masalah dan memberikan jawaban atas pertanyaan mereka. Saat menulis artikel perhatikan juga judul yang unik dan menarik karena ketika seorang mencari di mesin pencari yang paling pertama ditampilkan adalah judul artikelnya. Jangan lupa tambahkan gambar, video atau media pendukung lainnya.

Kemudian kalian juga perlu mempelajari tentang SEO (Search engine optimization) karena ini juga sangat penting loh bahkan harus diterapkan pada artikel atau konten sebuah website. SEO ini akan berdampak pada peringkat pencarian di mesin pencari.

Mendaftarkan blog ke Google Adsense untuk Mendapatkan Uang

4. Mendapatkan Uang dengan Mendaftarkan Blog ke Google AdSense

Setelah mengisi banyak artikel pada blog kita selanjutnya bisa mendaftarkan blog ke Google AdSense. Apa itu Google AdSense? Adalah program periklanan CPC (cost-per-click) yang bisa kita gunakan untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Cara yang paling mudah dan gratis untuk bisa menghasilkan uang melalui internet saat ini. Cara mendaftarkan website atau blog kita ke AdSense sangat mudah yaitu mendaftar terlebih dahulu caranya kunjungi website Google AdSense kemudian “Daftar Sekarang” isikan form yang ada sesuai dengan email dan website kalian dan simpan disni akun AdSense kalian sudah aktif namun belum bisa langsung digunakan.

Selanjutnya masuk dalam dashboard Google AdSense dan mengisi data seperti alamat pembayaran dan sebagainya. Kalian akan diminta memasukkan beberapa basis kode ke dalam website atau blog kalian untuk memferifikasi website yang didaftarkan. Jika sudah centang pada bagian ‘I’ve pasted the code into my site’ klik Done. Nah jika sudah kalian aka diminta menunggu kurang lebih 3 hari namun ada juga beberapa kasus yang lebih lama. Tunggu email balasan jika sudah diterima maka siap untuk menjalankan iklan.

Jika ada penolakan pihak Google akan mengirimkan email penolakan beserta alasannya untuk diperbaiki dan mengajukan kembali. Selanjutnya jika sudah diterima saatnya membuat unit iklan AdSense, memilih tipe iklan, memilih gaya teks dan lain-lain. Salin kode iklan dan tempelkan pada website atau blog untuk menampilkan iklan. Ada dua cara untuk menerapkan dengan menyalin kode iklan dan memasukkan pada html atau bisa menggunakan plugin yang disediakan WordPress.

Tingkatkan pengunjung Blog dan Mendapatkan Uang

5. Tingkatkan Pengunjung Blog

Website kita sudah bisa menampilkan iklan nih, selanjutnya kita perlu meningkatkan pengunjung website kita dengan semakin banyak pengunjung yang datang maka potensi klik iklan juga akan semakin banyak juga kan. Dengan demikian kalian akan mendapatkan uang dari blog pun semakin meningkat. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan pengunjung blog dari penerapan SEO kualitas artikel, promosi, lewat media sosial dan masih banyak lagi tentunya.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website

Buat banyak blog untuk Mendapatkan Uang

6. Buat Banyak Blog

Wah penghasilan kita masih kurang nih dari satu blog, kalian juga bisa membuat beberapa blog untuk bisa mendapatkan uang tambahan dan meningkatkan penghasilan dari blog yang lain. AdSense ini bisa di gunakan untuk banyak blog atau website loh asalakan tidak melanggar podoman Google AdSense.

Yuk Mulai Dapatkan Uang dari Blog Sekarang Juga!

Demikian langkah untung kalian bisa menghasilkan atau mendapatkan uang dari blog. Dengan memiliki blog atau website sendiri kalian bisa mengembangkan lebih jauh lagi mulai dari jualan produk atau jasa dan masih banyak lagi. Dari poin diatas lebih singkatnya kita mulai dari membeli domain dan hosting kemudian menginstal WordPress, isi konten berkualitas, dan daftarkan Google AdSense. Bagi sobat yang ingin segera mulai dari sekarang langsung cek di IDwebhost.com kalian pasti akan dibantu sampai punya blog WordPress dengan cepat, mudah dan gratis. Tunggu apa lagi cek di IDwebhost.com. Terimakasih semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi teman-teman salam sukses.