Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority Website?
Blog SEO Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority Website?

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority Website?

Saat Anda sudah terbiasa berkutat di dunia Search Engine Optimization (SEO) dan website tentu tidak asing lagi yang namanya Domain Authority website (DA). Bagi Anda yang belum mengetahui tentang apa itu DA secara singkat adalah ukuran popularitas dan kepercayaan dari sebuah website. Semakin baik tingkat kepercayaan website maka pada mesin pencari pun akan menjadikan website tersebut di prioritaskan. Sebenarnya salah satu faktor dalam menentukan ranking website pada mesin pencari ada banyak dari kualitas SEO, umur website, kecepatan, dan salah satunya adalah Domain Authority ini. Nah untuk lebih jelasnya berikut pembahasan terkait Domain Authority lengkap dengan cara meningkatkannya.

Pengertian Domain Authority

Diatas tadi sudah dijelaskan secara singkat tentang Domain Authority (DA) penjelasan lengkapnya seperti ini:

Domain Authority adalah sebuah matrik website atau ukuran kepercayaan yang bisa dihitung dengan skor algoritma dari nilai 1 sampai 100 yang di kembangkan oleh Moz

Jika nilai skor (DA) semakin tinggi maka tingkat kepercayaan pengguna maupun mesin pencari juga semakin meningkat. Tak sedikit pula para pakar SEO mengungkapkan bahwa Domain Authority ini juga menjadi salah satu penentu ranking di mesin pencari sehingga akan lebih mudah dalam mendapatkan peringkat satu di hasil pencarian.

Jika Anda cek DA pada website-website yang besar maka mereka sudah memiliki tingkat kepercayaan yang baik minimal di atas 20 skor Domain Authority yang dimiliki. Bandingkan dengan website yang baru maka skornya pun masih jauh dan untuk mendapatkan peringkat satu hasil pencarian akan lebih sulit. Namun demikian Domain Authority bukanlah penentu hasil pencarian namun hanya salah satu dari berbagai faktor website.

Bagaimana Meningkatkan Domain Authority?

Apakah website Anda belum mendapatkan DA yang tinggi? Tenang saja jangan terlalu dipikirkan jika memang Anda baru saja memiliki website tersebut karena hal itu wajar. Nah untuk meningkatkan DA website tidak bisa langsung jadi begitu saja ada proses panjang dan waktu yang dibutuhkan, semakin berumur website Anda maka DA website tersebut juga akan naik dengan sendirinya. Nah untuk meningkatkan Domain Authority sebuah website berikut yang bisa Anda lakukan:

Menciptakan banyak konten berkualitas “linkable”

1. Membuat Banyak Konten Berkualitas

Konten adalah bagian paling penting pada sebuah website, tanpa konten website tersebut tidaklah berarti apa-apa bahkan tidak akan ada pengunjung sama sekali. Konten berkualitas biasanya akan berkaitan dengan optimasi SEO,dengan demikian saat optimasi berhasil pengunjung pun akan semakin banyak. Untuk itu semakin banyak konten yang berkualitas maka website Anda akan semakin dipercaya baik dari segi mesin pencari maupun dari pembaca atau pengguna. Buatlah konten secara rutin, baik, bermanfaat, informatif sehingga pengunjung akan menilai website Anda dapat dipercaya dan mereka pun akan kembali lagi pada website Anda.

Memaksimalkan seluruh aspek SEO

2. Mengoptimasi Seluruh Aspek Seo

Jika Anda membuka situs Moz maka Anda akan menemukan sebuah artikel yang menyatakan bahwa, “cara terbaik untuk mempengaruhi metrik Domain Authority adalah dengan meningkatkan kesehatan SEO situs Anda”. Bagi pemilik website selalu belajar tentang SEO adalah keharusan karena memang tanpa SEO konten yang dibuat akan sulit bersaing dengan website yang lainnya. Konten dan SEO sendiri tidak akan bisa dipisahkan karena memang keduanya bagian penting dari website itu sendiri. Oleh karena itu memastikan seluruh aspek SEO terpenuhi adalah strategi yang baik untuk meningkatkan DA website Anda.

Membangun internal linking yang kuat

3. Membangun Internal Link Yang Kuat

Dari poin diatas Anda telah membuat konten yang berkualitas dengan optimasi SEO yang baik, nah internal link ini bagian dari optimasi SEO. Pada sebuah artikel internal link tidak boleh dilewatkan karena memang bertujuan untuk menciptakan konten yang saling terhubung dengan konten yang lainnya. Internal link ini pada umumnya berbentuk hyperlink aktif sehingga menciptakan jaringan yang semakin kuat pada website Anda.

Menciptakan konten yang saling terhubung juga penting misalnya Anda membuat artikel tentang hosting murah berkualitas, maka pada artikel tersebut juga ada link yang relevan dengan isi artikel misalnya link yang mengarah pada konten dengan judul pembahasan domain murah dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat artikel satu dengan yang lain akan terkoneksi. Dan konten domain murah memiliki internal link yang mengarah pada konten-konten yang relevan yang lainnya.

Membangun BacklinK Berkualitas

4. Membangun BacklinK Berkualitas

Tidak hanya internal link backlink juga penting untuk meningkatkan SEO website sehingga popularitas website Anda akan meningkat. Apa itu backlink? Backlink adalah suatu link atau tautan yang diletakan pada website orang lain dengan peringkat website yang baik. Backlink ini sering disebut juga dengan link building yang artinya membangun link dari website orang lain. Google akan memberikan reputasi baik untuk website ketika Anda berhasil membangun backlink dengan baik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca juga: Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website.

Tingkatkan page speed halaman website

5. Meningkatkan Page Speed Atau Kecepatan Website

Page speed sendiri adalah kecepatan akses saat halaman website dikunjungi oleh pengunjung. Saat website diakses oleh pengunjung dan ternyata memiliki loading yang lambat maka pengunjung akan segera menutup halaman tersebut sehingga bounce rate website akan dinilai buruk. Selain itu Google sendiri menyatakan akan memprioritaskan website yang memiliki kecepatan loading yang baik. Dengan demikian untuk bisa mendapatkan peringkat atas Google website harus memiliki kecepatan loading yang baik.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website dari hosting yang digunakan hingga website yang belum dioptimalkan dan lain sebagainya. Anda bisa cek kecepatan website dengan berbagai tool yang tersedia seperti Google PageSpeed, GTmetrix, dan lain sebagainya. Hal ini untuk memastikan seberapa cepat website Anda saat diakses jika masih lambat Anda bisa segera mengatasinya.

Pastikan website Anda sudah mobile-friendly

6. Membuat Website Yang Mobile-friendly

Selain kecepatan website harus sudah kompatibel dengan semua perangkat baik smartphone, laptop, desktop, dan tablet. Nah Google sendiri juga memprioritaskan website-website yang sudah mobile-friendly, mengingat pengguna terbesar internet berasal dari perangkat smartphone. Website yang tidak mobile-friendly akan sulit untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Hingga pengunjung pun akan sedikit yang mengakses website Anda nantinya.

Rutin posting konten secara berkala

7. Rutin Posting Konten Secara Berkala

Nah yang terakhir adalah membuat konten secara rutin karena konten disini menjadi bagian penting dari website Anda. Semakin kaya banyak artikel konten berkualitas yang Anda miliki maka website And juga akan semakin besar dengan pengunjung yang terus meningkat. Kemudian dengan Anda melakukan posting konten secara berkala maka keyword yang Anda miliki akan semakin kaya pada mesin pencari seperti Google.

Untuk meningkatkan Domain Authority tidaklah langsung jadi begitu saja namun butuh waktu untuk bisa mendapatkan skor nilai yang tinggi. Website dengan usia yang lebih lama biasanya akan memiliki sekor DA yang tinggi juga. Karena memang dari segi konten, backlink, SEO dan lain sebagainya sudah mulai berkembang. Jika Anda baru saja memiliki website jangan khawatir karena memang kesuksesan website membutuhkan waktu. Semakin berumur website Anda maka baik dari pengunjung dan mesin pencari pun memberikan kepercayaan pada website Anda.