Bagaimana Cara Menghindari Kecanduan Internet?
Blog Tips Keren Bagaimana Cara Menghindari Kecanduan Internet?

Bagaimana Cara Menghindari Kecanduan Internet?

Dalam sehari, berapa kali Anda mengecek sosial? 5 kali, 10 kali, atau bahkan setiap waktu? Tanpa disadari, bisa jadi Anda telah mengalami gejala kecanduan internet. Sebagai manusia yang hidup di era digital, peluang mengalami kecanduan internet menjadi sangat besar. Setelah bangun dari tidur, hal yang pertama dilakukan manusia kini adalah mengecek notifikasi di smartphone. Ya, memang tak bisa disangkal lagi bahwa internet sudah menjadi kebutuhan primer keempat. Setelah sandang, pangan, dan papan. Didukung dengan berbagai macam perangkat yang memudahkan orang untuk terhubung ke internet, dunia maya tampak menjadi tempat yang menyenangkan. Penting untuk tahu cara mengatasi kecanduan internet.

Tak sedikit ahli psikologi yang membandingkan kecanduan internet dengan kecanduan narkoba. Mengapa? Ya, karena kecanduan internet juga memiliki dampak pada kesehatan, performa kerja, dan untuk kehidupan sehari-hari. Mirip dengan apa yang dinamakan kecanduan narkotika. 

Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang bagaimana cara mengatasi kecanduan internet. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Tren Pengguna Internet di Indonesia

Saat ini, jumlah penduduk Indonesia tercatat sebanyak 272 juta jiwa. Jumlah yang menjadikan Indonesia sebagai negara berpenduduk terbanyak keempat di dunia itu sejalan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet di negeri ini yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

Berdasarkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2019 pengguna internet di Indonesia mencapai 171 juta jiwa. Lebih dari separuh jumlah populasi. Dan tak hanya banyak, pengguna internet di Indonesia juga termasuk aktif. Hal ini juga dibuktikan oleh APJII. Dalam rilisannya pada tahun 2018, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 8 jam 36 menit di internet. 2 jam diantaranya digunakan untuk mengakses konten. 

Baca Juga : Panduan Ubersuggest Untuk Riset Keyword

Video menjadi konten yang paling banyak diakses dengan 98%. Sedangkan untuk streaming dan gaming masing-masing 50% dan 46%. Bisa dibilang, lamanya menghabiskan waktu di internet bisa menjadi awal gejala kecanduan internet. Dan ironisnya, tak banyak yang menyadari bahwa dirinya sedang kecanduan internet. 

Tanda-Tanda Anda Kecanduan Internet

Sebuah pusat penelitian yang berbasis di Seattle Amerika Serikat, ReSTART merilis 11 tanda seseorang sedang mengalami yang namanya kecanduan internet. Berikut ini adalah 11 indikator bahwa seseorang telah mengalami kecanduan internet:

  • Merasa lebih baik ketika membuka website favorit. Semakin besar kesenangan Anda ketika membuka sebuah website ketika membuka website favorit, bisa menjadi pertanda kalau Anda mulai kecanduan internet. Website ini bisa saja menjadi media sosial atau game. 
  • Merasa gelisah saat berjarak dengan internet. Dan sama seperti kecanduan yang lain, akan ada perasaan cemas ketika Anda tidak bisa menemukan cara untuk mengakses internet. 
  • Berusaha mengontrol diri untuk tidak menggunakan internet sesering mungkin, namun akhirnya selalu gagal. 
  • Mengabaikan orang-orang di sekitar untuk menghabiskan waktu lebih banyak di internet. 
  • Kehilangan ketertarikan pada aktivitas di dunia nyata dan sibuk menenggelamkan diri pada kegiatan di dunia maya. 
  • Mulai berbohong dan bertindak tidak jujur pada orang-orang disekitar Anda tentang apa yang Anda dilakukan. 
  • Internet telah mengganggu pekerjaan dan tanggung jawab Anda di dunia nyata. 
  •  Selalu memikirkan tentang internet saat tidak bisa mengakses/menggunakannya. 
  • Berbohong pada orang-orang terdekat hanya bisa melakukan aktivitas online. 
  • Ritme tidur rusak dan tidak kenal waktu untuk menggunakan internet. 
  • Mengalami perubahan berat badan, kemudian mengalami penurunan kondisi fisik. 

Internet bisa dibilang untuk membuat orang kecanduan. Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran dari masing-masing individu untuk mendapatkan manfaat positif dari penggunaan internet. 

Cara Mengatasi Kecanduan Internet

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keseharian manusia, internet memang telah membawa banyak manfaat. Tak hanya jadi tempat yang memudahkan untuk mendapatkan informasi. Anda bisa belajar dan membuka wawasan yang lebih luas dengan internet. Hanya saja penggunaan yang tidak bijak, ini bisa membuat manusia menjadi kecanduan. 

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kecanduan internet: 

1. Mengakui Potensi Kecanduan Internet Ada di Setiap Diri Manusia

Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah kecanduan adalah keluar dari fase denial dan menerima setiap orang memiliki potensi untuk kecanduan internet. Maka dari itu, janganlah malu dan mulailah mencari bantuan orang lain untuk mengatasi kecanduan ini. 

2. Lakukan Detoksifikasi Internet Secara Berkala

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan internet adalah melakukan detoksifikasi secara berkala. Misalnya, sehari dalam seminggu, cobalah untuk meninggalkan gadget dan segala hal yang berhubungan dengan internet. 

Pada masa detoksifikasi ini, Anda bisa menggantinya dengan melakukan hal lain yang bermanfaat. Mulai dari berkumpul dengan keluarga, berolahraga, membaca buku, atau bahkan sambil bersih-bersih rumah. Selain sebagai sarana penyegaran dari paparan internet, jiwa dan badan Anda akan lebih segar nantinya. 

3. Berinteraksi Dengan Lingkungan Sosial

Berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sosial banyak menjadi cara yang dipilih orang untuk menghindari dari kecanduan media sosial. Anda misalnya, bisa berinteraksi dengan tetangga terdekat, atau orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Semakin cair pembicaraan, akan semakin kecil hasrat Anda untuk menjangkau internet. 

4. Menggunakan Timer 

Tentukan batas waktu penggunaan internet setiap harinya. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan alarm. Misalnya dengan memberikan waktu 30 menit setiap menggunakan komputer atau smartphone. Bulatkan tekad untuk mematikan komputer atau meletakkan handphone ketika waktu telah habis. 

Jika Anda menggunakan komputer, ada banyak aplikasi shutdown timer yang dapat membuat shortcut timer di desktop untuk mematikan komputer. Anda bisa memprogram untuk mematikan komputer dalam waktu yang telah ditentukan setelah komputer dinyalakan. 

5. Menemukan Hobi Baru yang Tidak Melibatkan Internet

Untuk mengatasi kecanduan internet, menemukan hobi baru yang tidak berhubungan dengan internet. Bergabunglah dengan komunitas keagamaan, klub olahraga, hingga klub membaca. Kemudian, tidurlah tepat waktu dan pastikan tidur dengan nyenyak. Carilah aktivitas yang tidak memerlukan internet dan buat Anda konsentrasi dengan aktivitas tersebut. 

6. Lakukan Aktivitas Bersama Teman 

Ajak teman Anda untuk melakukan aktivitas menyenangkan. Mulai dari hiking ke gunung, liburan ke pantai, atau sekedar nonton film di bioskop. 

7. Selesaikan Kewajiban Anda Terlebih Dulu 

Menyelesaikan kewajiban bisa menjadi cara mengatasi kecanduan internet. Jika Anda adalah seorang pekerja, selesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Buatlah daftar tugas yang harus Anda selesaikan setiap harinya. Silahkan bersenang-senang di internet setelah menyelesaikan semua pekerjaan. 

Penutup

Kecanduan internet, jika sudah sampai pada tahap yang sangat parah, bisa berakibat fatal. Maka dari itu, penting untuk tahu cara mengatasi kecanduan internet.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis