Bagaimana Cara Membuat Website Fotografi?
Blog Tips Keren

Bagaimana Cara Membuat Website Fotografi?

Di masa sekarang ini pendapatan bisa anda dapatkan dari mana saja, bisa dari bekerja membuat bisnis sendiri, jualan di online hingga di internet pun bisa. Hobi yang anda miliki juga bisa loh dijadikan sumber penghasilan di dunia online. Yup salah satunya adalah jika hobi anda fotografi. Jika anda saat ini sangat senang berprofesi sebagai seorang fotografer atau sekadar menyalurkan hobi memotret dengan mengabadikan pemandangan, gedung, atau orang-orang di sekeliling. Jika anda yakin kualitas jepretan anda bagus, kenapa tidak mencoba membuat website fotografi? Untuk mewujudkannya anda cuma butuh brainstorming konsep website nya seperti apa, dan membuat rencana untuk langkah – langkah selanjutnya.

Salah satu tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh hampir semua proyek atau bisnis baru adalah membangun image dan mendapatkan calon pelanggan. Dengan membuat website foto, Anda bisa mengembangkan image serta brand untuk mampu mendatangkan trafik dan calon pelanggan dengan jumlah banyak. Gampanganya seperti ini:

 

Website Fotografi
idwebhost.com

 

  • Tanpa website fotografi, hanya orang-orang di lingkaran pertemanan, pelanggan yang bertemu secara langsung, atau pengikut di media sosial yang tahu seperti apa sepak terjang Anda sebagai seorang fotografer atau yang punya hobi menjepret.
  • Dengan website fotografi, karya Anda akan dikenal hingga ke seluruh dunia. Anda bisa menyediakan layanan serta menjual hasil jepretan ke semua user yang menggunakan atau mengakses internet secara online. Jadi yang membeli hasil jepretan anda bukan hanya orang – orang di sekeliling anda saja.

Oleh karena itu di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara membuat website fotografi dengan baik dan benar agar hobi anda bisa tersalurkan dengan baik dan sukses menghasilkan pendapatan lebih. Namun sebelumnya, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu apa itu website.

Apa Itu Website?

Ada sebagian orang yang bilang website atau lazim disingkat web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama memiliki koneksi dengan jaringan internet. Ada pula Website lain menuliskan web adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet untuk pendistribusiannya.

Apapun bahasanya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing – masing dihubungkan dengan jaringan – jaringan halaman (hyperlink).

Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau sering kita sebut WWW di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik.

Halaman – halaman sebuah situs web  (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang selanjutnya disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”). URL ini berfungsi untuk mengatur web page menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut. Fungsinya adalah untuk mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

 

Mahasiswa membuat website
idwebhost

 

Sebuah Web page merupakan dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), dan hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan ke para pemakai lewat web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Web page layaknya sebagai sebuah buku yang bisa menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang bisa memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia. Nah itu dia sedikit pengertian tentang website, setelah anda mengerti hal ini berikut kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat website fotografi dengan bagus.

Cara Membuat Website Fotografi Dengan Bagus!

1. Menentukan nama domain

Nama website identik dengan nama domain, dan Anda harus membelinya agar bisa secepat mungkin meng-online-kan situs fotografi. Proses pembelian nama domain di provider mana pun, umumnya, tidak terlalu sulit. Meskipun memang, pada akhirnya beberapa nama domain yang jadi incaran Anda sudah dibeli dan digunakan oleh user lain sehingga anda  harus memikirkan nama domain baru.

Untuk mempermudah proses pembelian domain, coba tulis beberapa nama domain yang menurut Anda paling pas menggambarkan calon website fotografi yang nantinya ingin dibuat. Anda bisa menuliskannya di spreadsheet atau mungkin di kertas. Setelah itu, gunakan fitur cek domain yang biasanya disediakan oleh provider untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak.

2. Membeli layanan Web Hosting

Selanjutnya, anda bisa memilih layanan hosting untuk bisa meng-online-kan web fotografi anda. Karena saat ini Anda sedang membaca salah satu artikel di blog Idwebhost, mengapa tidak mencoba layanan kami? Hosting di tempat dijamin kualitas baik ditambah harga yang murah.

Jika ini pertama kalinya Anda membuat website fotografi, anda bisa menggunakan paket shared hosting yang sudah lebih dari cukup. Dan jika suatu saat website fotgografi yang  anda miliki sudah tidak sanggup lagi menampung trafik dan performanya semakin lambat, maka segeralah upgrade ke paket cloud hosting.

3. Pilih Platform untuk Membuat Website Fotografi

Untuk langkah ini, cukup aman untuk mengatakan bahwa ada banyak platform atau tool yang bisa anda gunakan untuk membuat suatu website, tapi tidak jika anda pemula sangat disarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Ya, platform ini merupakan salah satu CMS terbaik dan paling populer  untuk membangun berbagai jenis website.

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membuat website, tapi tidak ada yang dapat mengalahkan WordPress. Platform ini merupakan salah satu CMS terbaik untuk membuat berbagai jenis website, termasuk website fotografi yang anda impikan sangat bisa di build di CMS WordPress.

 

Website Fotografi
idwebhost.com

4. Memilih tema dengan cermat agar sesuai

Salah satu alasan kenapa WordPress adalah CMS terbaik karena memiliki ribuan tema, yang pastinya akan sangat sulit bagi Anda untuk menemukan yang sesuai untuk menggambaran website anda. Namun untungnya, platform CMS ini sudah mengklasifikasikan tema berdasarkan kategorinya. Ada beberapa tema tentang fotografi yang cukup sesuai untuk anda install bagi website fotografi anda seperti Seos Photography, VW photography, hingga Bard. Semuanya gratis  dan sangat cocok untuk website fotografi anda.

5. Install Plugin

Jika ingin menambahkan fitur dasar, yang harus dilakukan terlebih dulu adalah menginstall plugin WordPress. Berikut beberapa plugin yang menurut kami wajib ada di website:

  • Yoast SEO. Dengan mengaktifkan plugin ini, Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan untuk membuat situs menjadi SEO-friendly.
  • Envira Gallery.  Dengan plugin ini, Anda bisa menampilkan berbagai foto agar dapat dilihat oleh para pengunjung situs.
  • Contact Form 7 atau WPForms. Membangun komunikasi dengan pengunjung situs atau pelanggan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan setelah berhasil membuat website. Dengan memasang fitur formulir kontak, pelanggan bisa langsung berkomunikasi dengan Anda melalui halaman situs.
  • TinyPNG. Kualitas gambar atau foto memang tidak bisa diabaikan, terlebih Anda membangun web fotografi. Sayangnya, ukuran foto yang terlampau besar hanya akan memengaruhi kecepatan dan performa website. Untuk itu, Anda harus mengaktifkan image compression yang akan memperkecil ukuran gambar tanpa memengaruhi kualitasnya.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.