Awas, Google Hapus Akun Gmail Akhir 2023!

Awas, Google Hapus Akun Gmail Akhir 2023! campaign-unlimited

Tak ada angin tak ada hujan, Google mengumumkan akan menghapus sejumlah akun Gmail di akhir tahun 2023 mendatang. Sontak saja, pengumuman Google hapus akun Gmail ini sempat mengagetkan banyak orang. Tapi tenang, kebijakan ini hanya berlaku untuk akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun. 

Dalam keterangan resminya, raksasa internet asal Amerika Serikat mengumumkan jika ada akun Google yang tidak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, akan dihapus akun beserta konten yang ada di dalamnya. 

Masih dari keterangan Google, hal ini juga berlaku untuk semua platform di Google Workspace. Mulai dari Google Docs, Meet, dan Calendar. Begitu juga dengan YouTube dan Google Photos, yang tidak aktif selama dua tahun, juga akan kena garuk oleh si empunya platform. 

Namun demikian, Google akan mengirimkan pemberitahuan sebelumnya. Kebijakan ini tentu saja bisa membuat data pengguna menghilang. Berikut adalah 4 hal yang hilang saat akun Gmail dihapus: 

1. Google Photo

Banyak pengguna smartphone yang mengandalkan Google Photo untuk menyimpan foto di cloud. Karena platform ini bisa menyimpan foto dan video secara otomatis dari smartphone Android. 

Kebijakan baru ini akan menghilangkan seluruh data yang ada di dalamnya. Untuk menghindari hal ini, silakan login ke akun Google lama dan download seluruh isinya. 

2. File Google Drive 

Sejumlah file Google Drive yang dihosting dari akun Google yang tidak digunakan, juga dapat hilang selamanya. Nah, kalau kamu tidak ingin kehilangan data tersebut, download file unggah ke akun Google yang sedang kamu gunakan saat ini.

Kamu juga bisa membagikannya dengan orang lain. Jadi, kamu masih bisa mengakses data ini di masa depan. 

3. Tidak Bisa Mengirim Email ke Akun yang Lama

Dampak lain yang akan terasa adalah tidak dapat mengirim email ke akun email yang lama. Pun jika meneruskan email dari alamat email lama ke akun baru ada risiko kehilangan email penting. 

4. Kehilangan Akses ke Akun Layanan Lain

Penghapusan akun Gmail ini juga akan berdampak pada layanan yang menggunakan Single Sign-on. Misalnya, jika kamu berlangganan layanan Over The Air (OTA) seperti Spotify atau Netflix menggunakan akun Gmail lama. Maka besar kemungkinan kamu akan kehilangan akses ke layanan-layanan tersebut. 

Akun Gmail Dihapus Google, Apakah Email Akan Lenyap? 

Nah, untuk menghindari email lenyap, Google memberikan enam tips agar terus aktif dan tidak terhapus di akhir tahun 2023. 

Syarat Agar Akun Gmail Tidak Dihapus Google

Sahabat, cara termudah untuk menjaga agar akun Gmail tetap aktif adalah dengan login paling tidak setiap dua tahun sekali. Hal yang cukup mudah, bukan? 

Memeriksa dan memperbarui keamanan dan privasi akun Gmail secara teratur dapat menyelamatkan akun Gmailmu. 

Berikut adalah tips agar akun Gmail tidak dihapus Google: 

  • Gunakan akun Google untuk membaca atau mengirim email
  • Gunakan Google Drive
  • Gunakan untuk nonton video YouTube
  • Download aplikasi di Google Play 
  • Browsing menggunakan Google Search
  • Registrasi ke aplikasi menggunakan Google-mu

Agar akun Gmailmu tidak dihapus oleh Google, pastikan untuk beraktivitas di internet menggunakan akun tersebut. 

Ingin mendapatkan fitur lebih dari Google? Bisa banget lho join Google Workspace IDwebhost. 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019