Aspek Penting Marketing Mix Untuk Website Toko Online
Blog Digital Marketing Aspek Penting Marketing Mix Untuk Website Toko Online

Aspek Penting Marketing Mix Untuk Website Toko Online

Website memiliki peranan penting dalam melakukan pemasaran online. Anda tidak akan cukup hanya mengandalkan berbagai layanan jual beli seperti marketplace. Mengapa? Karena pelanggan terus berkembang dan berubah. Maka Anda perlu memulai pengembangan website marketing mix secara serius.

Apa saja yang menjadi aspek penting dalam mengembangkan sebuah website untuk pemasaran digital? Dasar dari semua ini adalah apa yang disebut marketing mix. Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan teknik Marketing Mix, karena memang bukan sebuah konsep yang sangat rumit.

Akan tetapi walau terkesan mudah dipahami, namun dalam penerapannya tidak selalu berjalan dengan baik, ini yang kemudian membuat perencanaan pemasaran dengan marketing mix menjadi tidak maksimal. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada Anda, khususnya pada website toko online Anda.

Dalam  era serba digital seperti saat ini menjadi  satu kebutuhan akan kepemilikan website, baik untuk bisnis atau pun portofolio. Karena ada tujuan ‘promosi’ dalam website maka sejak awal Anda membangun website hendaknya memperhatikan bauran pemasaran apa saja yang bisa Anda terapkan di dalam website Anda.

Apa Itu Marketing Mix dan Marketing Mix Website ?

Aspek penting dalam marketing mix

Sebelum melanjutkan pada tahap memahami aspek penting dalam website marketing mix, mari mengetahu apa itu marketing mix secara umum. Pengertian marketing mix adalah bagian taktik, cara atau operasional dari rencana pemasaran. Secara umum marketing mix terdiri atas dua konsep yang berbeda yang biasa disebut 4Ps dan 7Ps.

Pada konsep 4Ps mencakup price (harga), place (tempat), product (produk), dan promotion (promosi). Sedangkan konsep 7Ps mencakup beberapa tambahan aspek yaitu process (proses), people (orang), dan physical evidence (bukti fisik).

Baik dalam konsep 4Ps atau 7Ps, poin kunci dalam melakukan perencanaan dengan marketing mix untuk website adalah bagaimana Anda bisa memadukan setiap aspek menjadi satu kesatuan dalam tujuan pemasaran digital.

Kaitannya dengan website, maka marketing mix  adalah bagaimana upaya atau perencanaan Anda dalam membangun sebuah website bisnis atau website toko online dengan menerapkan aspek-aspek yang ada. Seperti apa aspek penting marketing mix bagi website toko online? Apa saja aspek penting marketing mix untuk website? Ikuti pembahasan berikut ini.

Aspek Produk

Aspek Promosi

Dalam membuat website toko online, tentu Anda akan membicarakan produk yang akan Anda jual dan promosikan melalui website Anda tersebut. Produk dapat berupa barang atau jasa yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Apa yang akan menjadi produk dari website Anda?

Apakah Anda akan menjual produk berupa barang? Atau jasa? Jika barang, maka barang seperti apa yang akan Anda jual? Apa kesan utama yang akan Anda berikan kepada pasar terkait produk Anda baik itu berupa barang atau pun jasa?

Dalam memasarkan produk atau layanan secara efektif menggunakan website bisnis. Maka pelaku bisnis perlu mengidentifikasi sejak awal apa yang membedakan website toko online mereka dalam hal ini produk atau jasa mereka dengan milik orang lain.

Sebagai Contoh:

Youtube: orang akan langsung memahami bahwa ini adalah media berbagi video.
– Jejualan.com: Orang akan langsung paham bahwa ini adalah layanan pembuatan website toko online. Yang mana bisa membuka toko online dalam 20 detik.
– IDwebhost: Orang akan paham bahwa IDwebhos adalah penyedia domain dan hosting terbaik di Indonesia yang memberikan layanan domain murah berkualitas.

Jika Anda perhatikan setiap website memiliki produk yang berbeda. Dari perbedaan produk satu dengan yang lain ini, kita dapat memahami atau menarik kesimpulan apa yang menjadi citra utama perusahaan tersebut. Maka, apa produk Anda? Apa ciri Anda? Apa beda Anda dengan orang lain? Anda harus bisa menemukan ini.

Aspek Promosi

Promosi marketing mix website

Dalam mengembangkan website toko online, aspek promosi menjadi bagian penting. Jika Anda tidak melakukan promosi dengan baik dan benar, maka website Anda akan tetap pada posisi yang sama, tidak akan menghasilkan apa pun untuk bisnis Anda. Maka menjadi penting kemampuan Anda dalam merancang strategi promosi untuk website toko online Anda.

Promosi adalah semua hal yang mencakup alat dan cara yang tersedia bagi pelaku bisnis untuk melakukan komunikasi pemasaran. Jadi inti dari pada promosi tidak harus ‘pesan jualan’ namun bagaimana menjalin komunikasi agar produk dapat dilihat atau diketahui oleh calon pembeli atau pasar.

Dalam perkembangan saat ini kita mengenal yang namanya promosi melalui internet atau internet marketing atau digital marketing. Banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari Optimasi SEO, strategi SEM, email marketing, sampai pada sosial media marketing dan pemasangan iklan di internet.

Secara umum dalam ilmu marketing mix, elemen promosi yang sering dimasukkan dalam teknik komunikasi pemasaran seperti penjualan, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, komunikasi online, dan penjualan pribadi.

Sebagai contoh:

– Anda melakukan promosi dengan memanfaatkan Instagram
– Mendorong pelanggan melakukan ulasan produk / pengalaman pembelian mereka
– Mengadakan lomba blogger untuk mengulas website toko online Anda
– Melakukan strategi content placement / iklan konten

Aspek Harga

Aspek Harga

Ketika Anda membuat website toko online, maka Anda perlu untuk memosisikan diri dalam hal harga. Seperti apa profil harga yang Anda tawarkan untuk produk-produk yang ada di website Anda. Penetapan harga ini tentu tidak terlepas dari produk apa yang Anda tawarkan dan siapa target pasar produk Anda tersebut.

Penetapan harga dan target pasar ini akan memudahkan juga ketika Anda melakukan promosi atau komunikasi pemasaran kepada masyarakat di internet. Jika Anda salah dalam menentukan produk, harga dan pasar. Maka promosi pun akan tidak berjalan dengan baik.

Sebagai sebuah perusahaan Anda harus memiliki tujuan dalam hal harga! Secara umum perihal harga biasanya adalah bagaimana cara mengurangi biaya melalui peningkatan produksi dan efisiensi. Namun Anda patut melihat apakah ada nilai lain dari penetapan harga dari produk yang di jual melalui website toko online Anda.

Dalam era digital seperti saat ini, harga menjadi begitu cepat berubah. Karena konsumen bisa dengan mudah melakukan perbandingan hara dari satu toko online dengan toko online lain. Oleh sebab itu Anda juga perlu memiliki standar atau nilai lebih dalam menetapkan harga Anda.

Jika harga Anda berada di atas rata-rata harga pesaing misalnya, maka Anda harus bisa memberikan alasan paling tepat dan masuk akal. Contohnya, Anda menerapkan harga lebih tinggi karena kualitas dan jaminan produk Anda adalah asli.

Aspek Tempat

Dalam konsep pemasaran tempat menjadi bagian penting! Secara konvensional, tempat masih menjadi bagian utama sebuah usaha. Dengan tempat yang strategis maka produk Anda akan lebih mudah diakses oleh calon pembeli.

Tempat juga dikenal sebagai saluran distribusi, atau perantara. Tempat dalam marketing mix dapat diartikan sebagai bagaimana cara produk bisa sampai dari produsen ke konsumen. Bagi banyak produk mungkin bisa Anda jual di banyak tempat, namun untuk beberapa produk yang lain tidak.

Nah, dalam model pemasaran digital seperti saat ini Anda sangat terbantu dengan keberadaan website toko online dan internet. Melalui website inilah Anda bisa meletakkan produk Anda, konsumen bisa menemukan dan membeli secara langsung layaknya toko fisik Anda.

Website toko online adalah perwujudan dari keberadaan toko fisik di internet, oleh sebab itu Anda harus bisa mencari posisi tempat terbaik untuk website Anda. Jika bicara internet, bisa pencarian, maka tempat terbaik adalah muncul dalam halaman pertama pencarian mesin pencari seperti Google.

Untuk bisa mendapatkan posisi puncak pencarian, maka Anda perlu melakukan serangkaian strategi termasuk dengan melakukan optimasi SEO dan menggunakan layanan untuk kebutuhan infrastruktur website yang terbaik. Mulai dari domain yang tepat, dan hosting super kencang.

Tenang Anda bisa mendapatkan domain murah dan juga hosting murah dari layanan terbaik di Indonesia. benar, Anda bisa mendapatkan layanan domain dan hosting terbaik hanya di IDwebhost, penyedia layanan yang senantiasa hadir untuk membantu pelaku usaha Go Digital seperti Anda.

Kesimpulan Aspek Penting Marketing Mix Untuk Website Toko Online

Marketing mix menjadi penting untuk bisa Anda aplikasikan dalam ranah digital. Jika kita bicara hari ini, maka bisa diaplikasikan pada website Anda. Baik sebagai seorang profesional, pengusaha, apa pun kebutuhan Anda di dunia internet hari ini, Anda memerlukan kepemilikan sebuah website.

Namun, website yang bagus secara tampilan saja tidaklah cukup. Anda harus membuat website Anda berfungsi dan menghasilkan, salah satu caranya adalah dengan menerapkan aspek penting marketing mix dalam website Anda.

Di atas kita baru membahas pada konsep 4Ps mencakup price (harga), place (tempat), product (produk), dan promotion (promosi). Masih ada 3P lainnya yang menjadi bagian dari konsep marketing mix 7Ps. Dengan menerapkan aspek 4Ps pada website Anda secara maksimal. Sudah sangat membantu dalam mengembangkan website Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Marketing Mix Website. Semoga pembahasan ini bermanfaat, dan bisa menjadi panduan Anda dalam membuat website toko online yang lebih baik. Untuk membaca berbagai artikel seputar digital marketing, silakan kunjungi Blog IDwebhost. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.