Mengintip Asiknya Kerja Jadi System Administrator dan Peluang Kerjanya di Era Digital
Blog Podcast Mengintip Asiknya Kerja Jadi System Administrator dan Peluang Kerjanya di Era Digital

Mengintip Asiknya Kerja Jadi System Administrator dan Peluang Kerjanya di Era Digital

Tanggung Jawab Sys Admin

System administrator adalah profesi yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan jaringan komputer perusahaan

Profesi yang satu ini memang cukup mirip dengan network administrator. Bahkan, di beberapa perusahaan kedua profesi ini ada yang sampai menjalankan tanggung jawab yang sama Oleh karena itu untuk menjalankan profesi ini dibutuhkan sejumlah kualifikasi khusus yang harus dimiliki System administrator adalah salah satu profesi yang cukup populer bagi lulusan IT

Persyaratan Menjadi System Administrator

Seperti yang dijelaskan di atas, system administrator adalah profesi yang memegang peranan penting dalam menjaga sistem komputer di perusahaan. Oleh karena itu untuk menjalankan profesi ini dibutuhkan sejumlah kualifikasi khusus yang harus dimiliki.

Berikut ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang system administrator mulai dari pendidikan, training, dan sertifikasi.

1. Pendidikan

Menjadi seorang system administrator setidaknya dibutuhkan gelar sarjana di bidang teknologi informasi, ilmu komputer, dan bidang terkait lainnya. Sebagian besar perusahaan memang menginginkan karyawan yang sudah memiliki latar belakang ilmu yang sesuai dengan bidang pekerjaan system administrator.

Selain harus memiliki gelar, tentunya pengalaman kerja dalam bidang ini juga harus dimiliki. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan kerja magang saat masih kuliah. Magang bisa menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan kemampuan di bidang yang satu ini. Kamu juga bisa mencari peluang magang dengan mudah lewat Glints, lho.

2. Training

Bekal ilmu untuk menjadi seorang system administrator tidak hanya bisa didapatkan dari pendidikan formal saja. Kamu juga bisa mengikuti beberapa training untuk memperdalam pengetahuan soal tanggung jawab dari profesi yang satu ini.

Saat ini juga sudah banyak pelatihan dan kursus mengenai sistem jaringan atau bahasa pemrograman yang bisa diikuti dengan mudah. Jadi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan di bidang yang satu ini.

Selain itu, alasan lain mengapa kamu harus mengikuti training yaitu karena teknologi jaringan selalu berubah setiap saat. Supaya kamu bisa menjadi seorang system administrator yang andal tentunya harus selalu mengikuti perkembangan terbaru di dunia IT.

3. Sertifikasi

Sertifikasi juga bisa menjadi nilai plus di mata recruiter saat kamu melamar posisi sebagai system administrator. Memang hal ini tidak selalu menjadi persyaratan utama, tapi ada beberapa perusahaan yang memilih kandidat yang telah memiliki sertifikasi.

Beberapa jenis sertifikasi yang dibutuhkan oleh seorang system administrator, misalnya CompTIA A+. Sertifikasi ini mencakup keterampilan IT dasar di berbagai perangkat serta keterampilan dalam mengoperasikannya.

Kemudian, sertifikasi CompTIA Network+ juga bisa kamu coba dapatkan. Sertifikasi ini digunakan untuk memverifikasi bahwa kandidat memiliki keterampilan untuk merancang, mengelola, dan memecahkan masalah perangkat berkabel dan nirkabel.

Terakhir adalah CompTIA Security+ yaitu sertifikasi yang dikenal sebagai tolak ukur untuk praktik jaringan komputer dan keamanan operasional. Selain yang sudah disebutkan di atas, ada jenis sertifikasi lain yang bisa diambil untuk menunjang profesi yang satu ini.

Misalnya sertifikasi yang berfokus pada bidang cybersecurity atau cloud computing.

Ramadan Syahdu di IDwebhost

Jadi, jika Sahabat ingin menjadikannya sebagai tujuan karier, tentu harus lebih semangat untuk meningkatkan skill yang dibutuhkan Nah, biar makin jelas nih tontonin yuk RASYID “Ramadan Syahdu di IDwebhost” bersama Ardan Ari Tri Wibowo selaku Senior Sys Admin berikut ini

#SysAdmin #RamadanSyahdudiIDwebhost #WebHostingyaIDwebhost