Artikel Adalah: Ketahui Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Jenis-Jenisnya

9 Feb 2024
Artikel Adalah: Ketahui Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Jenis-Jenisnya campaign-unlimited

Artikel adalah medium teks yang kini bisa diakses dengan mudah di internet. Seperti yang sedang kamu baca saat ini, tulisan ini juga merupakan artikel lho. Bukan hanya dalam konteks atau bidang pekerjaan tertentu saja, artikel bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah, seperti artikel berita, artikel ilmiah, atau artikel SEO? Nah, itu adalah beberapa contoh artikel yang saat ini bisa kamu temukan dengan mudah. Jadi, apa sih yang dimaksud dengan artikel itu? Bagaimana struktur menulisnya? Apakah semua orang bisa membuat artikel?

Dapatkan jawabannya dengan menyimak ulasan kami, ya. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja menuju ke pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Artikel?

Artikel adalah sebuah karangan berdasarkan fakta dan opini, yang dibuat dengan tujuan untuk dipublikasikan di media online, media sosial, maupun media cetak. Pembuatan artikel dimaksudkan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan, yang berdasarkan fakta dan data.

Ide atau gagasan inilah yang pada akhirnya ditujukan untuk menginformasikan, membujuk, maupun menghibur pembacanya. Namun tidak melulu mengacu pada fakta saja, artikel juga dapat dibuat berdasarkan opini, untuk menanggapi suatu permasalahan dan memberikan solusinya.

Meskipun begitu, tidak berarti jenis artikel demikian mengesampingkan data dan fakta. Artikel opini tetap harus berangkat dari fakta, yang dapat dibuktikan kebenarannya. Di samping itu, penyampaian opini juga perlu diikuti dengan dukungan data yang akurat. Dengan begitu artikel dapat memenuhi tujuannya.

Tujuan Artikel

Tujuan artikel tidak selalu berasal dari penulis artikel. Pada dasarnya, tujuan artikel dibedakan atas dua sudut pandang, yaitu: tujuan penulis dan tujuan pembaca. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tujuan dari Penulis Artikel

Sebagai pembuat atau pengarang, penulis artikel dapat menentukan tujuan yang ingin dicapai dari hasil tulisannya. Adapun tujuan dilihat dari sudut pandang penulis artikel adalah sebagai berikut:

  • Membahas topik atau permasalahan yang menarik perhatian.
  • Memberikan informasi terkait suatu topik yang spesifik.
  • Menawarkan saran atau nasihat pada pembaca.
  • Membujuk atau mempengaruhi pembaca untuk berpikir.
  • Mempublikasikan hasil pemikiran secara ilmiah.

2. Tujuan dari Pembaca

Sementara, jika dilihat dari sudut pandang pembaca, tujuan artikel juga bisa berbeda-beda. Terkadang, kamu mungkin ingin membaca sebuah artikel untuk mendapatkan wawasan baru. Namun, ada kalanya kamu hanya ingin mendapatkan hiburan dari bacaanmu saja. Jadi, menurut sudut pandang pembaca, tujuan artikel bisa;

  • Sebagai sarana mendapatkan pengetahuan.
  • Menjadi medium pembelajaran.
  • Menjadi sarana hiburan.

Ciri-ciri Artikel

Untuk membedakan artikel dengan karya tulis lainnya, kamu bisa melihat dari ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri artikel adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Gaya Penulisan yang Ringkas dan Jelas

Sebab setiap artikel mempunyai tujuan yang ingin disampaikan, gaya penulisan artikel haruslah ringkas dan jelas. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat mudah memahami isi dari artikel tersebut. Penulis artikel perlu mempertimbangkan gaya penulisan yang tidak bertele-tele, sehingga bisa menyampaikan inti tulisan dengan efektif.

2. Mengandung Fakta dan Opini

Penulisan artikel harus didasarkan pada fakta bukan dari karangan imajinatif. Jadi, apa saja yang tertulis dalam sebuah artikel haruslah berdasarkan fenomena atau peristiwa nyata yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Untuk menyampaikannya pun, penulis tidak dapat menyudutkan salah satu pihak dan perlu memberikan data pendukung yang teruji kebenarannya. Dengan begitu artinya penyampaian opini maupun saran dalam artikel perlu didasarkan pada sudut pandang objektif.

3. Penulisannya Sistematis

Artikel ditulis secara sistematis. Penulisan artikel melibatkan pemilihan bahasa yang tepat dan penggunaan struktur artikel. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca untuk mengerti isi dari artikel.

4. Menggunakan Bahasa yang Formal dan Efektif

Ciri lain artikel adalah menggunakan bahasa yang formal dan efektif. Artikel menggunakan bahasa formal agar mudah dipahami dan tidak membatasi pada istilah-istilah kedaerahan tertentu. Penggunaan gaya bahasa ini dinilai dapat membuat artikel lebih padat dan efektif dalam menyampaikan isinya.

5. Bersifat Faktual dan Informatif

Artikel pasti bersifat faktual dan informatif. Faktual berarti berdasarkan kenyataan dan memuat kebenaran. Sementara, sifat informatif berarti memberikan informasi yang memiliki landasan teori atau hasil penelitian, sehingga bisa dipastikan kebenarannya.

Jenis-jenis Artikel

Nah, selanjutnya, kamu tentu juga perlu mengetahui jenis-jenis artikel. Ada empat jenis artikel yang dibedakan atas cara penyampaian dan tingkat kesulitannya. Adapun jenis-jenis artikel adalah sebagai berikut:

  • Artikel praktis – merupakan jenis artikel yang berfokus untuk meningkatkan keterampilan pada bidang tertentu. Biasanya, artikel ini disusun berdasarkan urutan waktu, tahapan, atau peristiwa, dalam bentuk narasi. Contohnya seperti artikel prosedur: Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads.
  • Artikel ringan – merupakan jenis artikel yang membahas masalah ringan dan tidak memerlukan pemikiran yang mendalam. Cara menulisnya biasanya cukup unik, sebab kerap diselipi dengan lelucon yang menghibur. Contoh artikel ini, antara lain seperti Derita Naik Angkot Bareng Ibu-ibu dari Pasar di rubrik Uneg-uneg, Modjok.co.
  • Artikel opini – merupakan jenis artikel yang membahas suatu permasalahan berdasarkan opini atau pendapat dari penulis. Meskipun terdengar cukup subjektif, jenis artikel ini biasanya tetap menyajikan data sebagai pendukung opininya. Contoh artikel opini adalah Ada Apa dengan Tata Kelola BUMN di media online Kompas.id.
  • Artikel analisis ahli – merupakan artikel yang memuat laporan sistematis tentang hasil penelitian suatu hal. Artikel ini juga sering disebut dengan istilah artikel ilmiah. Sebagai contoh seperti artikel ilmiah, Artificial Intelligence and the Implementation Challenge, yang dipublikasikan The Journal of Medical Internet Research.

Struktur Artikel

Semua orang bisa menulis artikel. Namun perlu digaris bawahi, bahwa penulisan artikel yang sistematis, melibatkan penerapan struktur artikel. Struktur artikel dibuat untuk menyusun kerangka atau outline, sehingga artikel bisa dipahami dengan mudah.

Umumnya sebuah artikel memiliki tiga bagian utama, yang meliputi: Pendapat atau tesis, argumentasi, dan pernyataan ulang atau reiterasi. Bagian awal artikel adalah pengenalan isi. Pada bagian ini juga biasanya penulis memberikan penjelasan aktual sebagai pondasi penjelasan isi artikel.

Berikutnya, pada bagian argumentasi, penulis akan menjelaskan pokok gagasan yang akan dibahas, secara faktual dan informatif. Terakhir, untuk memastikan isi artikel tersampaikan dengan baik, artikel perlu ditutup dengan pernyataan ulang.

Pernyataan ulang ini memuat kalimat kunci yang menjadi kesimpulan pembahasan isi artikel. Dengan menutup artikel dengan reiterasi, harapannya pesan atau isi dari artikel bisa tersampaikan kepada pembaca secara efektif.

Itulah penjelasan mengenai artikel, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis, dan strukturnya. Bisa disimpulkan bahwa artikel adalah sebuah medium tulisan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini, untuk dipublikasikan di media online maupun cetak dengan tujuan tertentu.

Jika kamu ingin mengetahui contoh artikel lainnya, kunjungi blog IDwebhost dan dapatkan berbagai wawasan baru seputar teknologi, trend, dan info hosting terjangkau, secara gratis! Kita juga sering update artikel tutorial buat bantu kamu mengembangkan usaha lho. Ayo, baca sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022