Ternyata, AI Sudah Mengendalikan Hidupmu! Kok Bisa?

7 Mar 2024
Ternyata, AI Sudah Mengendalikan Hidupmu! Kok Bisa? campaign-unlimited

Artificial intelligence adalah salah satu topik pembicaraan di bidang teknologi yang terus diperbincangkan. Tidak sedikit orang yang mempercayai bahwa AI memiliki potensi besar untuk menciptakan transformasi yang revolusioner di berbagai bidang. Apakah benar demikian? Bagaimana AI digunakan dalam kehidupan sehati-hari?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan arti artificial intelligence dan contohnya dalam kehidupan setiap hari. Untuk penjelasan selengkapnya, mari menuju ke pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Artificial Intelligence?

artificial intelligence adalah

Artificial intelligence adalah bidang ilmu komputer yang dirancang secara khusus untuk membantu memecahkan berbagai masalah. Teknologi AI dirancang untuk mengidentifikasi pola dan membuat keputusan, layaknya kinerja dari kemampuan kognitif manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, AI dapat dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas manusia secara cepat dan efisien. Terlebih lagi dalam kemampuan analisis, AI dapat membantu menganalisis data, baik dalam jumlah yang kecil atau besar secara akurat dan cepat.

Namun, sebab kemampuannya didasarkan dari pengalaman, teknologi ini sangat bergantung pada ketersediaan data. Teknologi kecerdasan buatan ini hanya dapat melakukan pemrosesan terkait data yang sudah pernah digunakan dalam pelatihannya.

Bagi beberapa orang, teknologi AI sering kali dianggap sebagai ancaman, sebab pasalnya dapat menggantikan manusia. Faktanya, kemampuan AI masih jauh untuk dapat menyaingi manusia. AI memiliki sejumlah keterbatasan, yang salah satunya dalam hal pemahaman konteks.

Jadi, kini kamu boleh tenang ya, karena AI bukanlah sebuah ancaman. Dewasa ini, AI bahkan tanpa disadari sudah kita gunakan dalam pekerjaan kita sehari-hari. Kamu dapat menjumpai peran teknologi kecerdasan buatan dalam berbagai aspek kehidupan saat ini.

Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Artificial intelligence adalah teknologi yang dapat memberikan banyak manfaat, asalkan pengguna memahami cara menggunakannya. Berikut ini kami jelaskan beberapa contoh pemanfaatan teknologi AI yang ada dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mesin Pencari

AI adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk memutakhirkan mesin pencari, seperti Google. Kini, siapa yang tidak menggunakan mesin pencari dalam kehidupan sehari-hari? Hampir semua pengguna internet telah terbiasa untuk menggunakan mesin pencari.

Pada mesin pencari, AI digunakan untuk mengindeks dan mengurutkan halaman web di seluruh dunia. Ini bertujuan untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan dengan instruksi dari pengguna.

2. Aplikasi Belanja Online

Kemampuan AI dalam melakukan analisis berdasarkan pengalaman dan mengidentifikasi pola, membuatnya memiliki peranan penting dalam aplikasi belanja online. Saat berbelanja online, kamu akan ditampilkan berbagai pilihan produk dan layanan. Rekomendasi atau iklan ini tidaklah diberikan secara acak, lho.

Aplikasi belanja online memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk memberikan rekomendasi produk atau layanan berdasarkan data riwayat pembelian pengguna. Inilah yang membuat rekomendasi dari aplikasi terasa cocok dan dipersonalisasi bagi pengguna.

Nyatanya, rekomendasi ini memang telah disesuaikan melalui proses analisis data pola pembelian pengguna. Jadi, jika kamu cukup sering melakukan pembelian produk kecantikan, wajar-wajar saja jika aplikasi akan merekomendasikannya kembali atau memberikan update produk relevan padamu.

3. Asisten Virtual

artificial intelligence adalah

Artificial intelligence adalah teknologi yang berperan penting dibalik kecanggihan berbagai program asisten virtual saat ini. Program-program asisten virtual memungkinkan kamu, sebagai pengguna, untuk memiliki asisten online yang dapat membantu berbagai pekerjaanmu.

Misalnya dalam membantu menyusun jadwal meeting, melakukan pencarian informasi, memberikan reminder tugas, dan lainnya. Salah satu program AI yang paling populer digunakan sebagai asisten virtual adalah ChatGPT.

Program ini dapat membantumu melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu melalui instruksi yang diberikan layaknya sedang melakukan percakapan biasa. Teknologi AI dalam program ini menggunakan algoritma Natural Language Processing (NLP), yang memungkinkan AI untuk memahami konteks percakapan dan memberikan jawaban secara natural.

Selain ChatGPT, peran AI sebagai asisten virtual juga dapat ditemukan pada teknologi Google Assistant, Alexa, dan Siri. Ini merupakan teknologi AI yang memungkinkan pengguna untuk memberikan instruksi menggunakan suara.

4. Aplikasi Streaming

Suka streaming series? Atau suka membuat playlist lagu? Rupanya, aplikasi streaming film dan musik juga mengandalkan teknologi AI, lho. Aplikasi streaming seperti Disney+ Hotstar, Netflix, Spotify, Apple Music, dan lain sebagainya menggunakan AI untuk menyediakan rekomendasi konten hiburan yang paling relevan dengan pengguna.

Setiap kali pengguna mengoperasikan aplikasi dan memutar konten hiburan, aplikasi akan secara otomatis menyimpan riwayat akses tersebut. Riwayat inilah yang selanjutnya diidentifikasi polanya oleh AI untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dengan minat pengguna.

5. Aplikasi Transportasi Online

Contoh berikutnya dari aplikasi artificial intelligence adalah aplikasi transportasi online. Ini merupakan salah satu aplikasi yang mengandalkan teknologi AI. Tanpa disadari, kita sudah sangat terbiasa menggunakan teknologi AI, yang salah satunya digunakan melalui aplikasi transportasi online.

Di aplikasi ini, AI dimanfaatkan untuk mengelola interaksi pengguna. Teknologi kecerdasan buatan memiliki peranan penting mulai dari saat pengguna memberikan instruksi untuk melakukan pemesanan, menampilkan informasi lokasi driver, hingga memberikan estimasi waktu driver tiba.

6. Platform Mobile Banking

AI memiliki peranan penting dalam industri perbankan. Salah satu manfaat utama AI adalah kemampuannya untuk meningkatkan keamanan transaksi keuangan. AI digunakan untuk menganalisis pola-pola transaksi dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, sehingga dapat mengidentifikasi potensi penipuan dan mengambil tindakan pencegahan yang cepat.

AI juga meningkatkan pengalaman pengguna dalam aplikasi mobile banking. Dengan bantuan chatbot dan asisten virtual yang ditenagai AI, pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang saldo, transaksi terbaru, atau bahkan melakukan transfer uang tanpa harus menghubungi customer service.

Selain dapat menghemat waktu, ini tentu juga membantu bank meningkatkan efisiensi dalam pelayanannya. Dengan demikian, AI mampu membawa perubahan positif untuk memastikan layanan yang lebih aman dan personal bagi para nasabah.

7. Media Sosial

AI berperan dalam identifikasi gambar dan pemrosesan visual di media sosial. Di Instagram, misalnya, AI digunakan untuk mengidentifikasi objek, orang, dan konten dalam foto, sehingga memungkinkan fitur seperti tagging dan rekomendasi konten yang relevan.

Sementara itu, di Facebook, AI digunakan untuk mendeteksi dan membatasi konten yang melanggar kebijakan, seperti konten kekerasan atau spam. Hal ini tentu saja membantu pengguna untuk tetap aman dari konten-konten negatif.

Di samping itu, AI juga digunakan untuk personalisasi iklan di media sosial. Di Facebook, misalnya, AI digunakan untuk menentukan iklan yang paling relevan bagi setiap pengguna berdasarkan minatnya. Dalam hal ini, teknologi AI jelas bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Itulah sedikit ulasan tentang artificial intelligence dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Artificial intelligence adalah teknologi hasil pengolahan ilmu komputer yang menyerupai kemampuan kognitif manusia. Walaupun AI dapat memecahkan masalah secara efektif dan akurat, AI tetap membutuhkan pendampingan manusia.

Dengan mengetahui potensi dan cara penggunaannya, AI dapat memberikan banyak manfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tidak terasa, rupanya kita telah begitu dekat dengan teknologi satu ini, ya?

Nah, untuk beradaptasi dengan perkembangan saat ini, pastikan untuk menggunakan layanan hosting berteknologi paling update. Bersama IDwebhost, kamu bisa mewujudkan website canggih yang berkecepatan tinggi dengan harga super murah. Nggak percaya? Ayo, cek pilihan paketnya di sini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022