Arti Self Reminder: Motivasi untuk Berfokus pada Impian

1 Feb 2024
Arti Self Reminder: Motivasi untuk Berfokus pada Impian campaign-unlimited

Kamu mungkin tidak asing dengan istilah “self reminder”. Istilah ini bisa ditemukan di berbagai tulisan, poster, maupun konten digital. Layaknya alarm, arti self reminder adalah pengingat diri. Dalam kehidupan sehari-hari, self reminder bisa menjadi salah satu aspek penting, terutama untuk berfokus pada impian.

Bagi kamu yang baru mengenal istilah ini, kamu mungkin kurang mengerti bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan manfaat apa yang bisa kamu dapatkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimak penjelasan kami di bawah ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu Self Reminder?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, arti self reminder adalah pengingat diri, dalam bahasa Indonesia. Pengingat diri ini dapat digunakan sebagai alarm untuk mengingatkan tujuan atau capaian yang telah ditetapkan seorang individu.

Menerapkan atau memberikan self reminder ke diri sendiri sama saja dengan melakukan evaluasi atau perenungan mengenai sikap maupun pandangan yang kurang baik. Dengan menerapkan self reminder harapannya seseorang dapat mengevaluasi diri dan mendapatkan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Salah satu bentuk self reminder yang bisa diterapkan dengan mudah adalah kalimat afirmasi positif. Pernah dengar sebelumnya? Kalimat afirmasi positif adalah ucapan yang digunakan untuk menciptakan perubahan diri, yang bermanfaat bagi kesehatan mental. Jenis kalimat ini dapat menjadi alat untuk menangkap empati dari pembacanya.

Dengan begitu, kalimat tersebut bisa menjadi pengingat yang baik bagi diri sendiri. Secara tidak langsung, afirmasi positif perlahan akan membentuk perubahan diri yang membawa pengaruh positif.

Manfaat Self Remider

Setelah mengetahui arti self reminder, kamu tentu juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penerapannya. Berikut telah kami rangkum beberapa manfaat dari penerapan self reminder.

1. Menenangkan Diri

Kehidupan seringkali tidak dapat diprediksi. Ada kalanya kamu akan menemukan diri kamu terombang-ambing oleh terpaan berbagai masalah, pikiran, dan situasi yang tidak kondusif. Dalam kondisi demikian, kamu mungkin akan merasa panik, pesimis, dan kesulitan untuk kembali berpikir jernih.

Untuk mengatasinya, kamu tentu memerlukan hal yang bisa menenangkan diri dan membantumu kembali berpikiran terbuka. Self reminder bisa menjadi salah satu hal yang dapat menenangkan diri. Pengingat positif akan tujuan dan cita-cita bisa mengurangi rasa panik dan kegelisahan di tengah kondisi yang pelik.

2. Membantu Menerima Diri

Setiap individu terlahir dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Namun, tidak sedikit orang yang justru berfokus pada kelemahan yang membuatnya membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Hal ini tentu saja akan berakibat buruk pada kemampuan pengembangan diri.

Oleh sebab itu, untuk bertahan dalam kondisi yang sulit adalah dengan menerima diri sendiri. Arti self reminder sebagai pengingat diri bisa membantumu untuk menerima kekurangan dan berdamai dengan dirimu sendiri. Dengan begitu kamu tidak perlu mengkhawatirkan kelemahanmu dan bisa berfokus untuk mencapai tujuan.

3. Memotivasi Diri

Untuk mencapai sebuah tujuan, diperlukan konsistensi, usaha, dan motivasi diri. Tanpa adanya motivasi diri, kamu mungkin akan kesulitan untuk berfokus mencapai cita-citamu. Self reminder dapat membantumu untuk keep on the track, dengan mengingatkanmu kembali bangkit dari keterpurukan.

4. Menjaga Kontrol Diri

Menghadapi berbagai hal tidak terduga dapat membuatmu kesulitan untuk mengendalikan diri. Arti self reminder bukan hanya sebagai pengingat saja, melainkan juga sebagai pembatas diri. Self reminder yang telah kamu tanamkan dalam benakmu bisa menjadi pengontrol diri agar kamu tidak kehilangan kendali saat emosi atau terpuruk.

5. Membantu Pengambilan Keputusan

Self reminder bisa menjadi acuan untuk mengambil suatu keputusan penting. Kamu bisa memutuskan untuk mengambil keputusan yang memang sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Self reminder membantu kamu dalam proses pengambilan keputusan, dengan mempertimbangkan risiko dan dampak dari keputusan yang kamu ambil.

Cara Mulai Menerapkan Self Reminder

Untuk menerapkan self reminder, kamu perlu memulainya dari diri sendiri. Untuk itu, mari ikuti tips dari kami berikut!

1. Mengetahui Tujuan

Sebelum menerapkan self reminder, ketahuilah tujuan yang ingin dicapai. Apa impian yang ingin kamu wujudkan? Uraikan dengan jelas untuk memetakan tujuanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jalan seperti apa yang perlu kamu tempuh dan sikap apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Memantapkan Diri

Usai menentukan tujuan atau target yang ingin capai, yakinkan dirimu akan keinginan tersebut. Dengan keyakinan yang kuat, kamu dapat memotivasi diri untuk mewujudkannya. Keteguhan hatimu ini dapat membantumu mengenali self reminder seperti apa yang kamu perlukan.

3. Memberikan Kalimat Afirmasi Positif

Tuangkan “pengingat” yang sudah kamu tentukan dalam kalimat afirmasi positif. Kamu bisa mencari contoh kalimat afirmasi positif di internet atau berbagai buku pengembangan diri. Temukan kalimat yang sesuai dengan fokus tujuanmu dan terus ulangi kalimat tersebut pada diri sendiri.

Kamu juga bisa mengacu pada figur-figur hebat di dunia. Cari tahu lebih lanjut mengenai kesuksesan, perjalanan, dan cara berpikirnya yang dapat menginspirasimu. Tokoh-tokoh hebat juga memiliki self reminder yang dapat membuatnya berada di posisinya saat ini.

Untuk memudahkanmu, kamu juga bisa menggunakan kalimat afirmasi positif sebagai wallpaper hp atau poster di dinding kamar. Dengan begitu, kamu bisa terus teringat dengan motivasimu setiap kali melihatnya dan lebih fokus dalam mencapai impianmu.

Sudahkah Kamu Berhasil Menerapkannya? Periksa dengan Ciri-ciri Self Reminder!

Seseorang yang telah menerapkan self reminder bisa dikenali dari beberapa ciri-ciri. Apakah kamu memilikinya? Coba cek dari ciri-cirinya berikut:

  • Mampu membuat keputusan secara rasional. Arti self reminder sebagai pengingat diri bisa membantumu untuk membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang. Ini berarti, kamu mampu bersikap rasional dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan.
  • Dapat memotivasi diri saat berada di titik rendah dalam hidup. Jika kamu adalah seseorang yang mawas diri dan memiliki self reminder yang kuat, kamu akan mampu kembali bangkit setiap sedang terpuruk.
  • Memiliki cara berpikir yang terbuka dalam menghadapi masalah. Seseorang dengan self reminder memiliki pikiran yang terbuka, sehingga dapat menemukan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapinya.
  • Dapat menerima kelebihan dan kekurangan diri. Memiliki self reminder membuat seseorang mampu menerima dirinya sendiri. Kamu tidak akan mempertanyakan kemampuanmu dengan adanya self reminder. Alhasil kamu akan berfokus pada hal-hal lain yang lebih berarti.
  • Bersemangat untuk melakukan hal positif. Seseorang dengan self reminder memiliki keyakinan dan kemauan yang teguh untuk mencapai impiannya. Hal ini akan membuatnya terpacu untuk melakukan berbagai hal positif demi mewujudkan cita-citanya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai self reminder yang perlu kamu ketahui. Usai mengetahui arti self reminder dan manfaatnya di atas, semoga kini kamu bisa semakin termotivasi untuk mencapai cita-citamu, ya.

Ingatlah untuk selalu bangkit kembali, sekalipun kamu sedang berada di titik terendah hidupmu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu suka artikel ini? Ayo, baca juga artikel kami lainnya secara gratis di blog IDwebhost! Kami memberikan berbagai informasi, tips bermanfaat, dan penawaran layanan hosting paling murah se-Indonesa! Kami bahkan punya penawaran spesial buat kamu lho. Buruan, cek sekarang ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022