Apa Itu Threads Instagram? Pelajari Cara Membuat Akun Threads!

Apa Itu Threads Instagram? Pelajari Cara Membuat Akun Threads! campaign-unlimited

Apa itu Threads Instagram? Kita tentu paham, beberapa waktu terakhir isu pembatasan scrolling Twitter yang bikin penggunanya bertanya-tanya. Untuk itulah Threads muncul dengan memanfaatkan keriuhan yang terjadi. Threads adalah aplikasi pesaing Twitter.

Elon Musk tak henti-hentinya bikin bikin pengguna Twitter heboh. Ya, lewat cuitan di akun Twitter pribadinya, orang terkaya di dunia versi Forbes ini mengumumkan pembatasan akses konten penggunanya. 

Pemilik Twitter sekaligus raksasa teknologi Tesla dan SpaceX tersebut mengharuskan pengguna login sebelum membaca sebuah tweet dan membatasi jumlah tweet yang bisa dibaca pengguna. 

Dalam postinga tersebut, Musk menulis bahwa pengguna tak terverifikasi, atau pengguna gratisan hanya bisa membaca 600 tweet per hari. Jumlah ini kemudian bertambah jadi 800 tweet. 

Tak hanya pengguna gratisan, pengguna berbayar pun kena dampaknya. Pengguna berbayar atau pengguna terverifikasi hanya bisa membaca 6000 tweet per hari. Jumlah yang kemudian bertambah hingga 8000 tweet. Kebijakan yang bikin banyak pengguna, apapun jenis keanggotaannya meradang. 

Elon Musk menyebut langkah ini diambil karena besarnya data yang diambil dari Twitter, atau yang biasa disebut data scrapping. Juga karena tingginya manipulasi sistem yang terjadi. 

Langkah yang Bikin Netizen Ngamuk

Langkah membatasi jumlah cuitan yang bisa diakses ini kontan saja bikin pengguna Twitter ngamuk. Banyak netizen yang mengeluh karena tidak bisa memperbarui linimasanya karena sudah mencapai batas. 

Dan bukan Elon Muks namanya  jika tidak mengeluarkan jawaba yang bikin orang bengong. Ia menulis “Rate limited due to reading all the posts about rate limits”. 

Sebuah kalimat yang menyindir netizen terkena pembatasan karena membahas kebijakan baru Twitter. 

Platform Alternatif Twitter, Emang Ada? 

Dalam jagat sosial media, Twitter kerap diadu dengan beberapa plalform lain yang jadi rivalnya. Dua yang terbesar tentu saja Facebook dan Instagram yang berkibar di bawah bendera Meta. 

Dan seakan memanfaatkan momen, bos Meta, Mark Zuckerberg mengumumka peluncuran Threads. Bagi netizen, langkah Meta ini menarik. Sejauh manakah Thread mampu menjadi alternatif Twitter. 

Apa Itu Threads?

Threads Instagram adalah sebuah platform buatan Grup Meta atau Facebook. Platform ini memungkinkan pengguna membuat postingan dengan keterangan pendek sepanjang 500 karakter. 

Di setiap status atau thread, pengguna bisa menyertakan tautan, foto, atau video berdurasi hingga 5 menit. 

Aplikasi Threads Instagram ini harus bertaut dengan akun Instagram milikmu. Karena itu untuk registrasi, kamu butuh akun Instagram aktif. Setelah akun Threads aktif, kamu bisa membagikan ulang thread ke story Instagram atau bahkan di feed.

Tampilan antarmuka Threads secara umum tak jauh beda dengan Twitter. Pada halaman timeline atau linimasa, ada kumpulan thread dari pengguna yang sudah kamu ikuti atau rekomendasi akun yang cocok dengan profilmu. 

Serupa dengan Twitter, kamu juga bisa memfiliter kata-kata tertentu agar tidak muncul di linimasa. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store atau App Store. 

Cara Membuat Akun Threads Instagram

Buat kamu yang penasaran, gimana sih, cara membuat Threads Instagram, yuk ikuti langkah mudahnya berikut ini: 

  • Download Threads Instagram dari Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi
  • Scara otomatis, aplikasi Threads akan tersambung dengan Instagram
  • Registrasi dengan akun Instagram milikmu. 

Catatan: Untuk menyesuaikan profil Instagram yang ingin kamu gunakan di Threads, jika kamu punya lebih dari satu akun Instagram, klik Switch Account

  • Klik opsi Import from Instagram. Secara otomatis profil Instagram akan tersalin ke bio Threads. 
  • Klik Continue
  • Pilih tipe akun Threads milikmu. Pilihan yang tersedia adalah Publik atau Privat. 
  • Kamu bisa mengikuti semua akun yang diikuti di Instagram atau mengkurasi satu per satu dan akun baru, tentu saja. 
  • Klik Join Threads atau Gabung dengan Threads. 
  • Selesai! Akun Threads Instagram milikmu sudah aktif dan bisa digunakan untuk update seperti di Twitter. 
Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019